Green Canyon Socokangsi, Pesona Klaten yang Terlupakan

Diposting pada

Di Jatinom ternyata ada tempat wisata alam yang asik, namanya Green Canyon Socokangsi. Meski dengan areal yang tidak terlalu luas namun tebing – tebing yang berada di sisi sungai ini memang layak disebut Canyon (ngarai). Selain asik buat swafoto, tempat dengan aliran kali yang bersih ini juga cocok buat kecehan (bermain air).

Green Canyon Klaten
instagram.com/makbar_r

Namun sayang, tempat wisata yang pernah hits di Klaten ini sudah terpulakan. Tidak terkontrolnya areal menjadinya menjadi sedia kala dan tentu pengujungpun akhirnya juga enggan datang. Namun, apalagi kamu ingin dapat swafoto instagenic, pesona masih terasa.

Potensi Green Canyon Klaten

Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah aliran sungai, meski tidak terlalu besar, namun yang unik ada semacam grojogan dan ngarai di sekelilingnya. Praktis ada potensi yang nampak dari sini. Ada apa saja, yuk kita cek.

Canyon

Ngarai atau lebih dikenal dengan canyon adalah potensi andalan disini. Dimana kamu bisa melihat ngarai yang cukup panjang diantara aliran kali. Untuk menikmatinya, kamu harus turun kebawah. Namun hati- hati, kareana arelanya lembab dan licin. Gunakan alas kaki/ sandal dengan tekstur yang cukup mencengkram.

Sungai

Aliran sungai disini terbilang jernih, meski debit airnya tidak terlalu besar namun asik buat kecehan (bermain air), terutama buat anak – anak.

Air terjun

Ada air terjun di aliran sungai ini. Keberadaanya diantara dua tebing menjadikanya cukup indah buat foto – foto

Kedung

Kedung (kolam alami) ini berada di depan air terjun. Lokasi ini juga kerap digunakan untuk berendam.

Ada berabgai fasilitas seperti mushola dan kamar mandi. Sayangnya sudah terurus alias terbengkalai.

Lokasi Green Canyon Klaten

Green Canyon Socokangsi
instagram.com/wonderfulsoloraya

Tempat wisata yang sebenarnya sudah terkelola ini berada di Kecamatan Jatinom. Kamu bisa datang. Kamu bisa datang ke Desa Socokangsi. Titik lokasinya mudah dijangkau yakni dengan akses jalan mudah dilalui dan memadai.

  • Alamat: Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Map: Klik Peta

Jalan menuju ke titik lokasi juga sudah dipaving dan ada gerbang masuknya.

Tiket masuk Green Canyon Socokangsi Klaten

Mengingat sekarang ini sudah tidak terkelola lagi, kamu tidak perlu mengelurakan rupiah sebagai harga tiket masuk Green Canyon Socokangsi Jatinom Klaten ini. Kecuali, ternyata sekarang sudah dikelola lagi. ‘

  • HTM: –

Meski kamu bisa turun kebawah, namun saat cuaca kurang baik pengunjung dilarang masuk sungai. Tidak lain dan tidak bukan demi keselamatan bersama.

Baca juga: Batu Putih Gajah Rejo, Bayat, Klaten

Sebenarnya Green Canyon Socokangsi Jatinom Klaten ini tidak kalah dengan yang ada di Jabar, namun terkesan tidak terawat. Dimana tidak ada petugas parkir dan petugas loket disana. Kendaraan bisa dititipkan diareal warung terdekat dan jalan kesana.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *