HTM Kura – Kura Ocean Park Jepara

Diposting pada
Mendengar kata Jepara yang ada di benak kalian pasti ukiran dari kayu jatinya. Ya kabupaten tersebut memang sangat terkenal dengan ukir – ukiran yang khas dan melegenda. Namun dibalik itu tempat kelahiran R A Kartini ini ternyata menyimpan begitu banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, pantai, museum, dan salah satu wisata yang bisa dijadikan referensi untuk rekreasi yaitu Kura – kura Ocean Park.

Tempat wisata ini memiliki bangunan dengan bentuk kura – kura raksasa. Konsep dari wisata ini menitikberatkan pada wahana edukasi untuk mengenal tentang biota laut, misalnya saja pengenalan tentang jenis – jenis ikan. Buat yang lagi nyari info tentang HTM Kura – kura Ocean Park Jepara, yuk simak pemaparannya dibawah ini.

Sekilas tentang Kura – kura Ocean Park

Wisata ini merupakan salah satu icon kota Jepara yang mengusung konsep keindahan dan kekayaan laut. Bangunan berbentuk kura – kura raksasa menjadi salah satu keunikan tersendiri wisata yang diresmikan februari 2011 ini. Dan bertujuan untuk menegaskan bahwa di lokasi tersebut terdapat budidaya penyu sisik. Ocean Park memiliki 2 lantai, lantai pertama berisi akuarium yang menyimpan beberapa jenis ikan seperti dotty black, hiu, kerapu, kakap, buntal, jenaha, pari, angel fish , dan giant trafelly. Beberapa penyu sisik dan terumbu karang juga ada di lantai bawah.

Dan lantai kedua dimanfaatkan sebagai wahana permainan edukatif anak, seperti air mancur melayang, papan kreatif, simulator pesawat terbang, kipas angin tanpa bolang – baling, dan sebagainya. Nah untuk lantai bawah bagian depan digunakan untuk loket penjualan tiket, stand penjual souvenir, kantor pengelola, dan toilet umum. Disana juga disediakan kolam sentuh (touch pool) untuk kita bisa berinteraksi dengan ikan dengan cara menyentuhnya.

Fasilitas Kura – Kura Ocean Park Jepara

Sebuah tempat wisata biasanya akan ditunjang dengan fasilitas umum yang diperuntukkan bagi para pengunjung. Dengan tujuan untuk menambah kenyamanan ketika berkunjung ke wisata tersebut. Seperti di Kura – kura Ocean Park yang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum diantaranya

  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Toilet/ kamar mandi
  • Gazebo
  • Rumah makan
  • Kolam renang
  • Pusat oleh – oleh dan souvenir
  • Penginapan
  • Terapi ikan
  • Mini theater

Area parkir kendaraan sangat luas, jadi gak usah khawatir tidak akan kebagian tempat parkir. Nah buat para wisatawan yang ingin bermalam disana, di lokasi wisata tersebut sudah disediakan beberapa penginapan. Dan untuk yang pengen pulang membawa oleh – oleh dan souvenir khas, tenang aja disana banyak penjual atau toko oleh – oleh.

HTM Kura – Kura Ocean Park Jepara

Destinasi wisata ini merupakan salah satu wisata edukatif yang cocok untuk anak – anak. Bangunannya yang unik dan beragam jenis fauna yang dimiliki membuat anak – anak betah berada disana. Ditambah lagi dengan adanya wahana permainan yang sengaja disediakan  untuk anak – anak. Nah berikut daftar HTM Kura – Kura Ocean Park Jepara

  • Harga tiket masuk: Senin – Jumat (Anak – anak Rp 7.500, Dewasa Rp 12.500)
  • Harga tiket masuk: Sabtu – minggu/ libur nasional (Anak – anak Rp 12.500, Dewasa Rp 17.500)
  • Parkir motor: Rp 2.000
  • Parkir mobil: Rp 5.000
  • Parkir bus: Rp 10.000

Harga tersebut cukup terjangkau bukan? Dengan harga segitu kita sudah bisa memasuki kawasan ocean park, mempelajari jenis – jenis biota laut, dan menikmati segala wahana yang ada disana. Bagi yang ingin menyaksikan pertunjukkan 3D ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Lokasi Kura – Kura Ocean Park Jepara

Jika kalian sedang berekreasi di Pantai Kartini, sayang banget kalau gak mampir di Kura – kura Ocean Park karena wisata ini berada di dalam area pantai tersebut. Tepatnya di Desa Bulu, Kecamatan Jepara. Dari pusat kota berjarak kurang lebih sekitar 3 km. Kalau kalian mau cek lokasinya di Google Map juga sudah ada kok.

  • Alamat: Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Map: klik disini

Baca: Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara

Lokasi wisata ini sangat strategis dan bisa dijangkau dari arah mana saja karena jalur menuju Pantai Kartini banyak dilalui oleh kendaraan. Dari pusat kota Jepara memakan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Kura – kura Ocean Park salah satu wisata edukatif yang recommended banget buat mengisi waktu liburan akhir pekan atau libur nasional. Terutama buat para orang tua yang ingin memberikan pengetahuan kepada anaknya khususnya tentang fauna. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Kartini yang berada di sebelah lokasi bangunan kura – kura raksasa ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *