Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara

Diposting pada

Jepara, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini memang begitu lekat dengan pahlawan RA Kartini. Makanya nama kota ini dikenal luas oleh masyarakat. Tidak hanya menyimpan cerita sejarahnya aja, Jepara juga memiliki tempat wisata bersejarah. Tempat tersebut tak lain adalah Benteng Portugis, sebuah bangunan yang didirikan pada masa kolonial Belanda. Hingga saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh. Lokasinya berada di tepi pantai dan disebelah utaranya ada sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Mandalika. Penasaran seperti apa keindahan destinasi wisata tersebut? Sebelum meluncur kesana, yuk simak dulu informasi Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara dibawah ini.

Sekilas Benteng Portugis Jepara

Wisata satu ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Benteng Portugis Jepara, karena lokasinya yang berada di sisi pantai. Benteng ini dibangun di atas bukit yang mengarah ke Pulau Mandalika. Ketika berkunjung kesana kita tidak hanya mendapatkan informasi sejarah aja, namun kita juga bisa sekalian menikmati keindahan pemandangan pantai pasir putih. Bangunan tersebut dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat, makanya hingga sekarang masih terjaga dan terawat. Dengan tujuan agar masyarakat bisa mempelajari tentang sejarah pada masa penjajahan dulu. Benteng yang didirikan di atas bukit tersebut dulunya digunakan sebagai tembok penjagaan dari serangan bangsa Portugis. Di sisi lain juga terdapat tembok – tembok pengintai bekas peninggalan Jepang.

Selain ada beberapa benda historikal, disana juga tersedia bangku dan kapal – kapalan kayu yang bisa dijadikan background foto. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa melihat pulau Mandalika yang unik dari lokasi ini. Jika beruntung saat berkunjung kesana cuacanya cerah dan ombak tidak besar, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Mandalika. Biasanya harga untuk sewa perahu sekitar Rp 250.000. Di pulau kecil tersebut kalian bisa menikmati pesona keindahan pantai pasir putih yang berwarna hijau kebiruan ini.

Peta Lokasi Benteng Portugis Jepara

Tempat wisata ini berada di Jl. Benteng Portugis – Tayu Km. 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo. Akses menuju ke lokasi cukup mudah, bisa dilewati kendaraan sepeda motor, mobil, ataupun bus. Peta lokasinya sudah tersedia di Google Maps, bisa kalian manfaatkan untuk memandu perjalanan kalian.

  • Alamat lengkap: Jl. Benteng Portugis – Tayu Km. 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454
  • Maps: klik disini

Jarak tempuh dari pusat kota Jepara sekitar 45 km dan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Buat kalian yang mau kesana direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena menurut beberapa informasi belum ada transportasi umum menuju ke lokasi tersebut.

Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara

Destinasi wisata di bumi Kartini ini bisa menjadi referensi untuk liburan akhir pekan kalian. Nah untuk bisa memasuki kawasan wisata kalian diwajibkan membayar Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara Rp 5.000/ orang untuk weekdays dan Rp 10.000/ orang untuk weekend. Harga tersebut sudah include dengan parkir kendaraan. Wisata sejarah ini dibuka mulai dari pukul 6 pagi sampai pukul 6 sore.

  • HTM: Rp 5.000 (weekdays/ hari biasa), Rp 10.000 (akhir pekan)
  • Buka: 06.00 – 18.00

Baca juga: Wisata Papringan Sawangan Magelang

Tidak hanya bisa belajar tentang sejarah, di tempat wisata ini kalian juga bisa menikmati pesona keindahan pantai. Dari sana pengunjung juga bisa memandang Pulau Mandalika yang letaknya di sebelah utara benteng ini. View tersebut bisa kalian jadikan spot foto yang kece dan instagenic banget. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga sudah lengkap mulai dari area parkir, toilet, mushola, gazebo, taman bermain, dan ada juga penginapan buat yang ingin bermalam disana.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *