Yang Belum Tau, Inilah Isi Embung Giriroto Ngemplak Boyolali

Diposting pada

Ada banyak waduk yang terkenal di Boyolali Namun ternyata tak hanya Waduk Kedung Ombo saja, namun ada kok jumlah waduk atau bisa dikatakan Waduk buatan yang ada di Boyolali. Bisa dikatakan jumlah Waduk liberal ada banyak sehingga semakin menambah kabupaten yang memang sudah terkenal dengan Waduk Kedung Ombo, Waduk Bade dan Waduk Cengklik tersebut.

Embung Giriroto Ngemplak Boyolali
@dolanboyolali

Beberapa viral adanya waduk Manajar yang ada di sono dimana tempat tersebut menawarkan keindahan alam yang luar biasa Karena posisinya yang berada di gunung. Berpadu dengan luasnya air yang tertampung dalam untung barang tersebut maka banyak sekali orang yang berbondong-bondong ke sana untuk membuktikan keindahan sembari mengambil gambar atau video.

Namun sebelum terkenal nya waduk Embung Manajar Selo tersebut sebenarnya sudah ada waktu yang lebih dulu dibangun dan juga Memang dibuka sebagai tempat wisata. Yang artinya bukan hanya sekedar dijadikan tempat penampungan air namun juga menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat. Wadah tersebut adalah Embung Giri Roto yang berada di kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.

Lokasi Madu ini tidak berada di daerah pegunungan namun di dataran rendah bahkan bisa dikatakan diantara pemukiman warga. Bukan berarti tidak indah namun lokasinya yang berdekatan dengan sawah menjadikan Waduk ini memiliki pesona yang tetap indah. Apalagi berpadu dengan konsep waduk yang sudah sedemikian rupa Rasanya apa sekali apabila Waduk ini juga layak untuk diperhitungkan.

Mungkin Tirta sebenarnya sudah viral beberapa waktu yang lalu namun saat ini memang Mengalami penurunan mungkin karena efek pandemi atau efek yang lainnya. Padahal Jika dilihat secara kasat mata bahwa Waduk ini sudah dibangun sedemikian rupa dengan fasilitas yang lengkap bahkan bisa dikatakan dengan konsep yang sangat matang.

Jalan menuju ke waduk Embung Giri Roto

Dikatakan perjalanan menuju ke Embung yang satu ini ini tidak ada kesulitan sama sekali lokasinya sangat mudah dijangkau tidak berada pada lokasi yang terpencil namun berada di pemukiman warga yang Bahkan dapat dikatakan tergolong ramai. Mencari di Google Map maka lokasi Madu ini bisa terdeteksi dengan mudah.

Apabila tidak menggunakan Google Map pun menuju ke lokasi pun juga mudah karena tinggal menuju ke desa giriroto Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Ancer-ancernya adalah ketika sudah menemukan lapangan giriroto yang berada di sebelah barat Jalan maka tinggal belok ke arah Timur menuju ke arah Waduk tersebut.

Selang beberapa menit melewati jalan yang sudah beraspal tersebut maka waduk yang berada di sebelah selatan pun sudah terlihat dari jalan sehingga dengan jelas kita dapat menuju ke salah satu bank yang ada di pemukiman warga tersebut ukuran bank tersebut dapat dikatakan cukup besar bahkan kendaraan roda empat pun dapat dengan mudah masuk ke area tersebut.

Setibanya di area tersebut maka sudah ada tempat parkir yang luas dimana bisa memuat kendaraan dengan jumlah cukup banyak apalagi untuk roda dua di area parkir tersebut juga sudah ada semacam penjajah makanan yang tertata dengan rapi sehingga kita dapat parkir dengan nyaman sekali menitipkan kendaraan kepada petugas yang berjaga di sana kendaraan pun akan terjaga dengan baik karena sudah ada tukang parkir yang bertugas.

Tiket Embung Giri Roto

Pada tahun 2021 ini harga tiket masuk ke Embung giriroto bisa dikatakan sangat murah hanya cukup dengan Rp2.000 saja per 1 orang maka sudah mendapatkan satu buah tiket dan kita diizinkan masuk ke area untung tersebut. Tidak ada penjaga tiket dibalik pintu gerbang di mana petugas tersebut duduk di depan sebuah pos.

Terlepas kita membayar tiket maka kita diperkenankan untuk masuk dan di situ kita akan disambut dengan tulisan Embung giriroto yang berada di di panggung permanen di kawasan tersebut. Terlihat secara jelas bahwa berbagai fasilitas Ya ampun ini sangat luar biasa baik bangunannya pun baru dan tertata dengan sangat rapi.

Jalan menuju ke bagian Embung itu berada di sebelah kiri panggung tersebut jadi bisa dikatakan Mbung dibalik panggung terbuka tadi. Menariknya tak hanya ada angka saja namun ada semacam jalan yang landai yang mungkin saja memang diperuntukkan untuk penyandang disabilitas. Kalau disimpulkan kursi roda pun dapat masuk ke area Embung dengan adanya jalan yang lantai tadi.

Apa saja yang ada di Waduk Embung Giri Roto Ngemplak

Masuk ke area Embung maka kita akan melihat luasnya Embung giriroto. Meskipun tidak seluruh Waduk Namun ternyata bisa dikatakan Waduk ini terbilang luas.  Aduh itupun sudah dipagari dengan pagar besi dan tiang-tiang beton yang di desain sedemikian rupa sehingga tidak cuman aman buat anak-anak karena tertutup pagar dengan rapat namun juga terkesan estetis.

Pada bagian Sisi Embung terdapat jalan paving yang terbilang luas tak hanya nyaman digunakan untuk jalan-jalan mengitari Waduk namun bisa dimanfaatkan pula untuk bersepeda dan itupun dengan kondisi masih lega. Lihat di tatanan paving jalan sekitar Waduk tersebut sebuah corak paving yang berbeda dengan yang lain Yakni dengan corak warna kuning yang tentu saja paving ini dapat digunakan oleh penyandang disabilitas untuk mengitari Waduk tersebut.

Pada bagian Sisi model tersebut dapat ditemui sejumlah tempat duduk dengan jumlah yang lumayan. Ada tempat duduk yang terbuka dan ada pula tempat duduk dengan penutup. Sehingga dapat digunakan oleh para pengunjung juga capek mengelilingi waduk untuk duduk bersantai melepas lelah atau sekedar menikmati keindahan Waduk tersebut.

Pada area Waduk ini Tentunya ada sarana hiburan yang paling menonjol yaitu adalah bebek air. Air ini berjumlah sekitar 4 buah dengan ukuran yang cukup besar yang dapat menampung 2 orang penumpang untuk setiap bebek. Bebek Kayu tersebut disewakan sehingga para pengunjung bisa menyewa cewek tersebut untuk keliling-keliling bagian waktu.

Harga penyewaan bebek tersebut adalah 10000 untuk 1 bebek untuk satu kali putaran. Harga ini terbilang murah bukan cuman soal harganya saja namun area yang akan dikelilingi pun terbilang luas. Sekitar 500 meter. Dengan area seluas itu maka kita dapat mengayuh Cukup puas bahkan bisa berputar  dari ujung-ke-ujung.

Oleh karena itu pertama bagi yang mau keliling-keliling Waduk nggak enggak tak perlu ragu harga kamera Harga murah. Kedua pengguna juga nggak perlu ragu karena untuk untuk mengayuh di bagian tepi secara berkeliling karena durasinya pun juga enggak terlalu lama kok meskipun 500 meter tapi ternyata jika sudah dikayuh tidak terasa cukup.

Nah itulah ulasan mengenai Embung giriroto yang berada di Ngemplak Boyolali. Bagi yang ingin menikmati pesona alam yang indah dengan lokasi yang mudah dijangkau serta dengan harga tiket yang murah Wah bisa mencoba untuk datang ke Embung giriroto ini.

Kalau boleh disimpulkan giriroto ini cocok digunakan untuk jalan-jalan sore, ambil gambar, ambil video, bersepeda, ada lari-lari, dan berekreasi Yakni dengan naik bebek air. Sebenarnya kalau dilihat di Embung ini ada sejumlah ikan yang tampak berenang ke sana ke mari namun tidak tahu pasti apakah pengunjung boleh mancing di sana atau tidak Oleh sebab itu secara kesimpulan tidak dapat disimpulkan Apakah boleh mancing atau tidaknya.

Gambar Gravatar
Not available

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *