Kaliurang
Tlogo Putri/Instagram infoyogya

Kaliurang Wisata Popular di Jogja, Asik Buat Hunting Foto Apik

Diposting pada

Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan suatu wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Wisata di daerah tersebut sudah banyak macamnya dan sangat di rekomendasikan bagi Anda yang memilki hobi traveling dan suka hunting foto apik.

Dulunya tempat wisata ini merupakan tempat liburan bagi keluarga Belanda, keluarga Tiongha dan keluarga ningrat Jawa.

Tempat ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dimana kala itu orang-orang Belanda kesulitan menyesuaikan diri dengan iklim tropis yang ada di Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut mereka mencari tempat yang sedikit lembab dan dingin untuk menyesuaikan suhu tubuh dan membangun Kawasan ini menjadi salah satu station hill yang ada di Jawa.

Seiring pergantian waktu, Kawasan di station hill berkembang sangat pesat termasuk untuk area wisatanya.

Maka, di tahun 1908 pemerintah Hindia Belanda membuat lembaga Voor Toeristen-Verkerker (VTV) dengan tujuan memperkenalkan destinasi wisata ke mancanegara.

Lalu di tahun 1938, Kesultanan Yogyakarta meminta masukan dari arsitek sekaligus ahli tata kota, Thomas Karsten, untuk membantu penataan Kawasan wisata tersebut.

Kawasan wisata ini akhirnya mampu bertahan dan makin menjadi popuker hingga hari ini. Saat ini kawasan wisata ini sudah memiliki ragam tempat wisata yang menghibur.

Baca juga:  Jangan Minum Madu dengan Cara yang Salah Agar Ginjal Tidak Jebol, Diungkap dr. Zaidul Akbar

Berikut rekomendasi tempat wisata seru yang ada di kawasan wisata popular ini.

1. Agrowisata Bhumi Merapi

Beralamat di Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman wisata ini menawarkan wisata edukasi budidaya ternak dan perkebunan.

Harga tiket masuk di wisata ini dikenakan sebesar Rp 30.000, selain HTM Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor atau roda dua.

Sedangkan untuk biaya parkir mobil dikenakan tarif sebesar Rp 5.000, khusus Elf long/medium bus dan Big bus biaya yang dikenakan sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000

Jam operasional Agrowisata Bhumi Merapi di mulai pada pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari baik di weekdays ataupun weekend.

2. Tlogo Putri

Lokasinya berada di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta dengan merupakan kawasan wisata yang sejuk dan segar.

Selain itu di tempat wisata ini Anda dapat menjumpai banyak monyet yang sudah ramah dengan kehadiran manusia.

Untuk tiket masuk biasanya pengunjung akan di kenakan biaya sebesar Rp 6.000/orang dengan biaya parkir khusus motor sebesar Rp 2.000 sedangkan untuk mobil dan buas tarif yang dikenakan sekitar Rp 10.000-20.000.

Baca juga:  Candi Jolotundo Mojokerto, Segini Harga Tiket dan Lokasi Wisatanya

Jam operasional Tlogo Putri dimulai dari pukul 07.00-16.00 WIB setiap harinya dan akan sangat ramai pada saat weekend.

3. Suraloka Zoo

Lokasinya berada di Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55585.

Tempat wisata ini merupakan wisata kebun binatang yang terbaru di kawasan wisata ini. Di tempat wisata ini Anda akan menjumpai banyak hewan lucu, terdapat taman bermain, hingga wisata khusus uji adrenalin.

Biaya tiket masuk khusus hari kerja (weekday) tarifnya sebesar Rp 30.000 sedangkan untuk hari weekend sebesar Rp 40.000.

Jam operasional Suraloka Zoo dibuka setiap hari baik di hari kerja (weekday) mapun hari libur (weekend) dari pukul 09.00-16.00 WIB.

4. Taman Wisata

Berada di Jalan Boyong Jl. Siaga, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat wisata ini merupakan wisata alam. Disini Anda dapat menjumpai Telogo Putih yang merupakan daya tarik destinasi wisata di lokasi ini.

Biaya tiket masuk biasanya akan ditarik sebesar Rp 8.000 dan untuk layanan wahanan biasanya Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.00-Rp 25.000

Jam operasional Taman Wisata ini dibuka setiap hari baik di hari kerja (weekday) mapun hari libur (weekend) dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Baca juga:  Travel Surabaya Bondowoso - Order Online

5. Ledok Sambi

Lokasinya berada di No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Tempat wisata ini merupakan tempat ngopi enak dan unik karena anda dapat bermain air di sepanjang sungai, aktivitas yang ditawarkan juga seru-seru dan menantang.

Biaya tiket masuk adalah gratis namun Anda akan dikenakan biaya saat ingin menaiki sebuah wahana seperti Flaying Fox

Jam operasional  Ledok Sambi Jogja dibuka setiap hari i hari kerja (weekday) mapun hari libur (weekend)  dari mulai pukul 09.00-16.30 WIB.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang terkenal dan popular di Kaliurang Jogja selain Museum Ullen Sentalu dan Museum Gunung Merapi, tentunya wisata tersebut asik buat hunting foto apik dan cantik.

Jalan-jalan tanpa repot, sewa mobil aja ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *