Shoka Bukit Senja Gunung Kidul

Diposting pada

Jogja memang selalu menjadi rujukan bagi para wisatawan untuk menikmati waktu libur. Di salah satu Kabupaten di DIY ada tempat wisata baru yang dikenal dengan nama Shoka Bukit Senja Gunung Kidul. Wisata ini menawarkan spot baru untuk menikmati senja dari atas bukit.

Shoka Bukit Senja Gunung Kidul
instagram.com/shoka_bukit_senja

Pesona Shoka Bukit Senja

Akhir – akhir ini Gunung Kidul menghadirkan banyak destinasi wisata baru yang kekinian. Shoka Bukit Senja baru dibuka pada tahun 2018 dan langsung populer di media sosial. Dari atas bukit pengunjung bisa menikmati pemandangan Pantai Selatan dan senja kala sore hari. Dari atas kalian bisa menyaksikan momen matahari terbenam dengan sangat jelas karena tidak terhalang oleh apapun. Sudah disediakan beberapa bangku dan gazebo untuk bersantai, jadi pengunjung bisa berlama – lama berada di lokasi ini.

Spot sunset

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memang asyik untuk menikmati senja sambil bersantai – santai di atas bukit. Waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata Shoka Bukit Senja ini sekitar pukul setengah 6 atau menjelang maghrib. Jika cuacanya sedang bagus kalian bisa menyaksikan keindahan sunset. Dari atas sini kalian juga bisa menikmati pemandangan pesisir pantai selatan yang berada tidak jauh dari Bukit Senja.

Fasilitas

Wisata ini dikembangkan oleh pemilik lahan Bukit Senja tersebut. Awalnya tempat ini hanyalah sebuah lahan yang terabaikan. Melihat adanya potensi wisata, maka pemilik tanah tersebut mulai membersihkan dan membukanya sebagai tempat wisata. Fasilitas di tempat wisata ini memang belum lengkap. Beberapa fasilitas umum yang tersedia diantaranya

  • Lahan parkir
  • Bangku
  • Gazebo
  • Warung

Walaupun masih minim fasilitas, namun tidak mengurangi keindahan view yang akan kita nikmati.

Lokasi dan jam buka

Spot untuk menikmati sunset ini berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Lokasi ini berada di perbatasan Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul. Jarak dari jalan raya menuju Bukit Senja sekitar 500 meter dengan jalan cor semen. Pengunjung bisa memanfaatkan Google Map untuk melihat rute perjalanan secara detail.

  • Lokasi: Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY
  • Buka: 07.00 – 21.00

Biasanya wisata ini buka sejak pagi jam 7 dan tutup sampai jam 9 malam. Setelah menikmati sunset, masih banyak pengunjung yang bersantai – santai di atas bukit tersebut. Hembusan angin sejuk dan kelap kelip lampu kapal nelayan membuat para wisatawan nyaman dan betah berlama – lama disini.

Harga tiket

Shoka Bukit Senja
instagram.com/shoka_bukit_senja

Tempat wisata ini masih dikelola secara pribadi dan belum ada tiket masuknya. Pengunjung hanya diwajibkan membayar parkir sebesar RP 3.000.

  • Tiket: Gratis
  • Parkir: Rp 3.000

Liburan gak perlu mahal kan? Kalian cukup ke Shoka Bukit Senja Gunung Kidul aja. Mumpung tiketnya masih gratis lho, sama nih kayak wisata Lembah Desa Pulutan yang juga belum menetapkan tarif masuk. Apalagi buat kalian muda mudi kekinian, tempat wisata ini cocok banget untuk kalian. Selain menawarkan pesona keindahan alam dari atas perbukitan, disini kalian juga bisa berselfie selfie ria dengan spot sunset dan pantai. Pastinya kece badai banget deh..

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *