Solo Safari
Instagram skyscrapercitysolo

Liburan ke Solo Safari Zoo, Ternyata Seperti Ini Dalamnya

Diposting pada

Solo Safari Zoo sebelumnya memiliki nama Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (TSTJ) dimana Taman Jurug ini merupakan pindahan Kebun Binatang Sriwedari atau Kebun Rojo yang didirikan oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X pada tanggal 20 Dal 1381 atau tanggal 17 Juli 1901.

Pemindahan Kebun Binatang Sriwedari dilakukan pada tahun 1983 ke Taman Jurug yang saat ini sudah berubah nama menjadi Solo Safari Zoo dan kini, kebun binatang Solo menjadi kebun binatang tertua di Jawa Tengah.

Diharapkan dengan adanya pemugaran Taman Jurug menjadikan magnet sendiri bagi para wisatawan nantinya. Kini taman yang hampir selesai dilakukan pemugaran tersebut telah menjadi salah satu ikon wisata di kota Solo.

Pada tanggal 27 Januari 2023 kemarin ikon wisata Solo ini menggelar soft launching dan telah di buka untuk umum.

Walaupun pembukaan kebun binatang di Solo ini tergolong mepet, namun Gibran selaku Walikota Solo menjanjikan jika koleksi hewan akan di tambahkan sebelum Lebaran tahun 2023 dan kebun binatang akan menjadi lebih upgrade setelah dua bulan pembukaan

Kebun Binatang Solo semakin mendapat attention lebih setelah Presiden RI mengajak cucu dan keluarganya untuk mengunjungi wisata ini pada 23 Januari 2023 lalu.

Baca juga:  4 Travel Jakarta Lampung, Inilah Rekomendasi yang Bisa Kamu Coba

Daya tarik Solo Safari Zoo

Di wisata ini pengunjung dapat mengelus-elus hewan yang ada di lokasi kebun binatang tentunya di bawah pengawasan keeper hewan.

Tidak perlu khawatir, karena rata-rata hewan yang berada di kebun hewan ini tergolong jinak dan ramah dengan manusia, namun memang ada beberapa hewan tertentu yang juga tidak boleh di sentuh.

Pengunjung dapat bermain bersama satwa yang lucu dan menggemaskan seperti kelinci dan kuda poni di area Petting Zoo.

Selain bermain bersama satwa, pengunjung juga dapat mengenal jenis-jenis hewan lainnya seperti komodo, Binturong atau “bearcat” yang merupakan satwa endemik Pulau Jawa, atau dapat melihat Walabi hewan kanguru khas Papua yang hidupnya di padang rumput.

Kebun binatang solo ini juga menampilkan bermacam koleksi hewan yang dimiliki tentunya satwa yang ada di sana diberikan habitat seperti habitat asli dimana mereka tinggal.

Ada juga pertunjukan hewan seperti atraksi Elephant Show pada pukul 10.30 WIB dan 15.30 WIB, Animal Show, dan Otter Show.

Baca juga:  Harga Tiket Masuk Air Terjun Jagir

Harga tiket masuk ke wisata Taman Jurug Solo

Bagi pengunjung yang memiliki tiket presale yang di beli pada saat kasus Covid 19 tinggi, maka dapat di gunakan untuk masuk ke Kebun Taman Satwa Taru Jurug.

Penggunaan tiket presale ini di mulai terhitung pada tanggal 30 Januari 2023 sampai dengan 19 April 2023 dan tiket presale tidak bisa digunakan pada hari weekend yaitu hari Jumat, Sabtu, Minggu atau tanggal merah dan hari libur nasional.

Untuk tiket presale yang tidak digunakan hingga masa akhir di tanggal 19 April 2023 dianggap hangus dan tidak mendapat pengembalian dana.

Bagi pengunjung yang tidak memiliki tiket masuk bisa datang langsung ke lokasi Kebun Taman Satwa Taru Jurug dan mencari loket untuk melakukan pembelian tiket.

Harga tiket untuk wisata ini ada beberapa macam pilihan, simak berikut infonya

Jenis Tiket Weekday Weekend
Reguler dewasa Rp 45.000 Rp 60.000
Reguler anak Rp 30.000 Rp 45.000
Premium dewasa Rp 65.000 Rp 75.000
Premium anak Rp 50.000 Rp 60.000
Baca juga:  Wisata Kuliner Semarang Hits yang Wajib untuk Dicicipi

Lokasi dan jam operasional tempat wisata Taman Jurug Solo

Jika tertarik untuk berwisata ke sini, wisatawan dapat datang langsung ke alamat Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57126.

Jaraknya jika dari Pasar Triwindu Solo hanya sekitar 18 menit perjalanan dan sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Solo.

Taman Wisata Jurug Solo buka pada pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya serta terbuka untuk umum baik wisatwan domestic maupun wisatawan mancanegara.

Fasilitas di wisata Taman Jurug Solo

Pembukaan Taman Jurug Solo ini memang tergolong baru. Walaupun begitu wisata ini telah memiliki fasilitas yang memadai dan mumpuni, di antarannya fasilitas building dan fasilitas umum.

Fasilitas Building Taman Jurug Solo terdiri dari Drop Off area, Main lobby, Souvenir Shop, Open stage, dan Makunde Restaurant.

Fasilitas umum yang di miliki wisata Taman Jurug Solo tergolong cukup lengkap dan dapat mendukung aktivitas wisatawan, fasilitas umum yang tersedia antara lain lost and found area, toilet umum, First aid, dan food stall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *