pantai dewa ruci purworejo
instagram.com/fajar.adinugraha

Pantai Dewaruci Purworejo, Mudah Banget Dijangkau

Diposting pada

Pantai Dewaruci Purworejo bukanlah pantai baru. Kalau memang mendengar namanya mungkin masih terasa asing ditelinga kita. Namun sebenarnya pantai lawas ini bernama Pantai Jatimalang.

Namun dengan adanya penambahan ikon Dewa Ruci yang bertarung melawan ular bak aquaman menjadikan destinasi di Kecamatan Purwodadi ini memiliki nama baru yaitu Pantai Dewaruci.

Selain bisa menikmati pantai dengan angin yang cukup kencang pengunjung juga bisa dapat moment Matahari terbenam di horson. Di sekitar pantai pun juga terdapat sejumlah pohon cemara yang asik buat berteduh atau sembari jajan es kelapa muda.

Isi Pantai Dewaruci Purworejo

Setelah direnovasi Pantai Jatimalang ini memang secara fisik terlihat jelas perbedaanya. Bukan lagi bersifat tradisional pada seperti sebelumnya, namun terkesan modern. Bahkan sejak dari pintu masuknya sudah terlihat.

Patung Dewa Ruci

Patung Dewaruci dengan ukuran yang gede ini memang banyak menarik perhatian netizen. Apalagi dengan lahan yang luas serta tambahan tulisan “Dewa Ruci” menjadi nilai tambah tersendiri. Tak sedikit pengunjung yang mengabadikan moment ditempat ini sebelum mantai.

Saung-saung

Ada sejumlah saung-saung kecil yang berada di tepi pantai, kamu boleh duduk sih, tapi nanti ada yang datang buat narik iuran, alias gak gratis.

Baca juga:  Miniatur 7 keajaiban Dunia di Boyolali, Ternyata Ada di 2 Lokasi yang Berbeda Lur

Pantai Jatimalang

Pengunjung bisa leluasa jalan – jalan di tepi pantai. Apalagi dengan garis pantai yang begitu panjang baik arah kiri maupun kanan.

Namun pengunjung dilarang berenang, karena tidak seperti Pantai di Gunung Kidul yang lebih landai, disini ombaknya seperti Pantai Selatan pada umumnya.

Warung

Ada banyak warung-warung yang menjajakan makanan ringan. Warung-warung ini berada di kios permanen yang ada di sebelah kanan patung tersebut.

Selain itu, di dekat pantai pun juga ada penjaja es kelapa muda dengan harga terjangkau.

Selain itu ada pula sejumlah tempat makan yang menyediakan seafood. Namun sayangnya untuk tempat makan tidak ada harga yang ditampilkan dan terkesan kurang teringrasi dengan manajement pantai.

Lokasi Pantai Dewa Ruci Jatimalang

Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Desa Jatimalang. Dengan akses yang mudah pengunjung tak perlu bingung mencarinya.

Namun jangan pernah gunakan kata kunci “Pantai Dewaruci” di Google, karena kamu akan ditunjukan pantai di Bantul, bukan di Purworejo.

Baca juga:  Taman Watu Lawang Purbalingga

Nah kamu bisa gunakan kata kunci “Tugu Pantai Jatimalang” di Google map untuk lokasi paling tepatnya.

  • Alamat: Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Rute Pantai Dewaruci Purworejo

Pantai Jatimalang dapat diakses baik dari Purworejo Kota, Jogja, maupun dari arah Kebumen.

Lokasinya pun berdekatan dengan Pantai Glagah, Pantai Congot, Wisata Mangrove Jembatan Api-api, Wisata Mangrove Demang Gedi dari sisi Timur, dekat dengan Pantai Jetis dan Pantai Ketawang dari sisi barat dan Gunung Ijo Bagelan dari sisi utara.

Dari Jogja: Dari arah Yogya atau Kulonprogo silahkan menuju ke arah NYIA lalu lanjut ke arah Temon tembus jalan Deandles.

Lanjut lurus arah barat lalu melewati jembatan yang searah dengan Mangrove Jembatan Api-Api dan Magrove Demang Gede. Setibanya perempatan lampu merah silahkan ambil kiri (selatan) arah Jatimalang.

Dari Kebumen: Silahan menuju ke Jl. Deandles arah ke timur. Dari perempatan lampu merah (kiri arah pantai Jetis) tetap lurus. Setelah ada lampu merah lagi, silahkan belok kanan (selatan) arah Jatimalang.

Dari Purworejo kota: Ambil arah selatan menuju ke Purworejo. Setibanya di pertigaan Pendowo yang ada patung dan pos polisi berbentu manggis silahkan ambil kanan arah Purwodadi.

Baca juga:  Harga Tiket The Ranch Bogor

Setibanya di perempatan Purwodadi tetap lurus, lalu nanti ada pertigaan ambil kanan. Lalu setelah ketemu perempatan (lampu merah) sehabis jalan berkelok lanjut lurus arah Jatimalang.

Tiket masuk Pantai Dewaruci Purworejo

Meski sudah direnovasi, namun tiket masuknya tetap murah. Pengunjung hanya dikenakan tiket 5k saja perorang.

Namun itu belum termasuk parkir. Pengunjung bisa parkir diareal mana saja yang penting dirasa aman.

  • Tiket: Rp. 5.000,-

Oh iya, harga tiketnya standar pada umumnya, waktu itu cuma 2k untuk roda dua. Dengan lokasi parkir dekat kios-kios warna hijua belok kanan sebelum Patung Dewa Ruci “biar aman dititpkan ke yang punya warung sekalian”.

Wisata Pantai Dewaruci Purworejo seolah menjadi wisata baru terutama setelah direnovasi.

Kehadiran icon ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selian bisa mantai, cukup cantik buat swafoto seperti trend destinasi kekinian.

Kamu sudah kesana? share pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *