Pantai Pulo Manuk – Sejarah, Aktivitas, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Wisata Pantai Pulo Manuk Sawarna merupakan salah destinasi yang ada di Desa Sawarna Lebak. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang elok dengan. Deburan ombak yang gululn-gulung jguamendajiad daya tarki tersendiri di laut selatan ini. Lebih menarik lagi, ombak tersebut menabrak karang.

Pantai Pulo Manuk
instagram.com/lebaknow

Selain bisa bermain di pasir atau bersantai di tepi laut, pengunjung juga melakukan aktivitas memancing. Lebih asik lagi, pengunjung bakal bisa menyebrang ke Pulau Manuk saat air laut surut.

Sejarah Pantai Pulo Manuk Sawarna

Nama pulau manuk sendiri terinisiasi dari adanya pulau yang berada di tengah lautnya layaknya di Karang Bokor. Pulau yang berada di tengah ini membentuk paruh burung, yang dalam bahasa sunda ‘manuk’. Maka tak heran kalau tempat ini disebut dengan ‘Pantai Pulo Manuk’ yang arti lengkapnya Pantai Pulau Burung.

Aktivitas wisata Pulo Manuk

Dengan bentang alam yang unik, pantai Pulo ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan aktivitas wisata yang bisa saja tidak bisa dilakukan di tempat lain, kurang lebih sebagai berikut:

Bermain pasir

Salah satu pantai di Lebak ini memiliki pasir putih, dimana pengunjung masih memungkinkan bermain di pasir. Pasirnya pun tergolong lembut seperti Pantai Ciantir plus dengan garis pantai yang panjang.

Berenang

Meski berada di laut selatan, namun pengunjung masih memungkinkan main air dan berenang. Ombak di sana pun tidak terlalu besar. Mungkin saja terhatan Pulau Manuk yang ada ditengah laut.

Ke Pulo Manuk

Pulau yang disebut dengan Pulo Manuk ini ternyata bisa sambangi lho geng. Namun dengan catatan saat air laut surut saja. Kalau sedang pasang, sangat tidak direkomendasikan.

Burung Camar

Diluar kisah asal muasal nama pantai ini ternyata memang kawasan ini menjadi salah satu tempat singgah migrasi burung camar. Fenomena ini mengakibatkan burung paling kerap terlihat di tempat wisata ini.

Tiket masuk Pantai Pulo Manuk

Seperti halnya wisata pantai lainya, pengunjung yang mau datang ke tempat ini hanya dibebani HTM yang murah. Harga tiket masuk Pantai Pulo Manuk saat ini hanya sebesar 5k saja. Dengan tarif semurah itu, tentu gak bikin kantong bolong kan geng.

  • HTM: Rp. 5.000,-

Lokasi Pantai Pulo Manuk

Wisata pantai ini berada di sebelah ujung barat Desa Sawarna, yang mana terletak tak jauh dari Karang Bokor Sawarna bahkan hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan dan sekitar 40 km dari Pelabuhan Ratu. Letaknya pun tidak jauh dari jalan utama Jl. Raya Sawarna Bayah, jadi mudah dijangkau ketimbang destinasi lain.

  • Alamat: Jl. Raya Sawarna Bayah, Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten

Selain dihuni oleh burung-burung, ternyata kawanan monyet pun juga kerap terlihat di kawasan ini, yang mana bermain dengan berbagai satwa lainya.

Pantai Pulo Manuk Sawarna
instagram.com/explore_lebak

Tak salah apabila kamu memilih wisata Pantai Pulo Manuk Sawarna Bayah Lebak ini menjadi destinasi utama ketika menyambangi kawasan pantai selatan di Banten. Ada beberapa hal unik dan menarik untuk mengisi aktivitas liburan kamu disana bersama keluarga dan sahabat.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *