Pasar Menoreh Loano – Fasilitas, Menu, Jadwal, Lokasi

Diposting pada

Pasar Menoreh Loano merupakan pasar wisata Purworejo. Obyek ini menyuguhkan berbagai makanan tradisional yang di konsep pada sebuah pasar berornamen tempo dulu. Tak hanya menu-menu yang tradisional, para penjual makanan pun mengenakan kebaya yang semakin menambah atmosfer kuno di tempat ini.

Pasar Menoreh
instagram.com/pasarmenoreh

Wisata kuliner yang baru diresmikan beberapa bulan lalu berada di lereng bukit menoreh, mungkin atas alasan itu pula disebut dengan Pasar Menoreh. Selain suasana perbukitan yang asri, hamparan sawah dan perbukitan juga menjadi nilai tambah tersendiri. Apalagi dengan harga yang murah, kayaknya gak segan dech wisatawan datang kemari.

Fasilitas Pasar Menoreh Purworejo

Pasar Digital Purworejo yang satu ini memiliki banyak fasilitas dan suguhan yang bakal memudahkan bahkan memanjakan pengunjung untuk menikmati kuliner disana.

Stand makanan

Ada sejumlah stand layaknya pasar tempo dulu. Pengunjung bisa menyambangi satu persatu kepada penjual disana untuk memilih makanan yang disukai. Selain makanan yang tempo dulu, orangnya juga tempo dulu nhi, yakni dengan pakaian tradisional “mantul”.

Penukaran uang

Uang rupiah kamu bakal gak laku disini geng. Jadi kamu harus menukarkan uang dulu di tempat penukaran uang di sebelah pintu masuk. Nah mata uangnya berupa batang bambu, dengan nominal 1 batang bambu adalah 2k.

Pertunjukan

Selain adanya sejumlah stand pasar, di pasar wisata ini jgua menyuguhkan peforma kesenianan tradional. Dengan demikian, pengunjung bisa jajan dan sekaligus mendapatkan hiburan.

Meski tak banyak, namun ada sejumlah gazebo yang bisa buat bersantai atau makan. Namun gantian ya geng “yang lain juga pengen duduk tu”.

Menu makanan Pasar Menoreh

Wisata kuliner yang juga dikenal dengan Pasar Digital Menoreh Purworejo ini menyajikan berbagai jenis makanan. Menariknya pengunjung bakal bisa ber noltiga ria. Pasalnya menu yang dijajakan bukanlah menu zaman now, melainkan menu zaman old, tidak lain dan tidak bukan untuk memperkenalkan kearifan lokal disana.

Menu makanan

pengunjung bisa mencicipi aneka makan tradisional seperti klepon, tiwul, jadah, sate,  kare, lutis, getuk, soto, gudeg, welut, dan lain – lain

Menu minuman

Minuman yang disediakan juga tak kalah menarik. Salah satu yang harus kamu cicipi adalah kopi menoreh. Selain itu, masih ada es teh, es degan, es dawet, dan lain sebagianya.

Tiket masuk Pasar Menoreh

Pengunjung yang mau menyambangi salah satu pasar wisata Purworejo ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Pengunjung yang datang kesana, cukup dengan mengeluarkan budget 2k sebagai retribusi parkir.

  • HTM: tidak ada
  • Parkir: Rp. 2.000

Jadwal Pasar Menoreh Loano

Pasar Digital Menoreh ini tidak buka setiap hari seperti pasar biasa, namun hanya buka satu minggu sekali sama halnya di Pasar Inis Brondongrejo. Jadwal buka pasar adalah setiap hari ahad pukul 13:00 (jam 1 siang) sampai dengan sore hari.

  • Hari: Ahad
  • Pukul: 13.00 – 17.00

Lokasi Pasar Menoreh Loano

Destinasi digital Genpi yang recommended untuk dikunjungi ini berada di Desa Sedayu. Lokasinya pun berada di kawasan bukit Menoreh yang berdekatan dengan DeLoano Glamping dan dan Nomadic Attraction yang dikelola Badan Otoritas Pariwisata Borobudur (BOB). Lokasinya juga mudah dijangkau dan bisa dicari di Google Maps dengan mudah.

  • Alamat: Jl. Loano – Samigaluh, Dusun Sejati, Desa Sedayu, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Pasar Menoreh Sejati Sedayu Loano Purworejo ini cocok banget untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Dengan sajian tempo dulu nan unik serta kearifan lokal yang diangkat menjadikan objek ini memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan bisa dibilang sebagai wisata Purworejo 2020 yang wajib kamu kunjungi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *