32 Wisata Purworejo 2020

Diposting pada
 

Tak disangka ada lebih dari 32 tempat wisata Purworejo 2020 ini. Ada sejumlah wisata yang memang baru ada tahun 2019 lalu, namun ada yang memang sudah lama, namun masih eksis hingga saat ini dan layak untuk tetap dikunjungi. Dengan gambaran seperti itu, cocok untuk disebut sebagai wisata Purworejo 2020 baru atau lama.

Jenis destinasi yang dikenal dengan Tanah Bagelen ini pun juga bermacam-macam, ada wisata alam hingga wisata buatan. Ada wisata kolam renang, taman bunga, pantai, hutan pinus, goa, air terjun, hingga pasar tradisional. Meski tak se wow jogja, namun ternyata kalau kamu sambangi satu persatu gak bakal habis dalam sehari.

Agar tidak semakin penasaran, kita akan urutan berdasarkan jenisnya. Dengan demikian, kamu bisa memilih tema pariwisata sesuai dengan selera. Berikut daftar wisata Purworejo 2020 versi JadwalTravel.com.

1. Pantai Dewa Ruci

Wisata pantai mungkin salah satu jenis destinasi yang paling tersohor di Kota Gebleg ini. Salah satu yang menonjol bahkan dikatakan baru direnovasi adalah Pantai Dewa Ruci. Pantai yang sebelumnya bernama Pantai Jatimalang ini sekarang memiliki ikon utama sosok Dewa Ruci. Selain itu areal pantai sudah dibuat jalan-jalan setapak dengan desain seperti halnya taman kota.

pantai dewaruci jatimalang
instagram.com/khazin_14

Pantai yang berada di Desa Jatimalang, Kec. Purwodadi ini dibandrol dengan harga tiket masuk sangat murah, yakni cuma 5k saja, setibanya disana, kamu bisa bebas memilih lokasi parkir. Di Tepian pantai juga ada penjaja makanan dan fasilitas disana terbilang lengkap dan rapi.

2. Pantai Ketawang

Salah satu tempat wisata pantai Purworejo berikutnya adalah Pantai Ketawang. Wisata yang terkenal akan mercusuarnya yang tinggi ini tidak ada tiket masuk yang ditetapkan. Melainkan pengunjung hanya cukup membayar parkir saja. Retribusinya pun murah yakni motor 2k dan mobil 6k.

5 Tempat Wisata Pantai Di Kabupaten Purworejo(1)
instagram.com/elfha_e

Selain bisa bermain di Pantai, pengunjung juga bisa duduk – duduk di area yang sedikit membukit sebelum laut di obyek yang beralamat di Desa Ketawang, Kec. Grabag ini.

3. Pantai Jetis

Pantai Jetis terbilang lebih besar dan lebih ramai ketimbang Ketawang. Di obyek ini ada banyak wahana yang disuguhkan seperti ATV, berkuda, spot foto, dan lain sebagainya.

5 Tempat Wisata Pantai di Kabupaten Purworejo(2)
instagram.com/purworejozone

Pengunjung bisa langsung menuju ke Patutrejo, Kec. Grabag jika ingin menyambangi wisata Purworejo 2020 ini. HTM yang dikenakan adalah 3k parkir motor 2k dan mobil 10k.

4. Pantai Pasir Puncu

Sebelum setenar pantai lain atau bahkan masing begitu asing. Hal ini karena memang pantai puncu yang berada di Desa Keburuhan, Kec. Ngombol ini masih dalam tahap pengembangan.

5 Tempat Wisata Pantai di Kabupaten Purworejo(3)
instagram.com/adilasmanto

Kabar baiknya belum ada retribusi masuk yang dikenakan. Selain asik buat refreshing, pengunjung juga bisa mancing di lokasi ini.

5. Pantai Roro Inten

Masih di kawasan Kec. Ngombol, namun tepatnya di Desa Pagak ada pantai baru yang disebut Roro Inten. Kurang lebih sama halnya dengan Pasir Puncu, karena memang pantai yang dikembangkan oleh Pokdarwis setempat ini masih dalam tahap pengembangan.

6. Hutan Mangrove Demang Gedi

Masih berkutat di kawasan laut selatan, ada tempat wisata mangrove Purworejo yang bernama Demang Gedi. Obyek yang menyuguhkan hamparan hutan bakau ini berada di Desa Demangan, Kec. Purwodadi.

Tempat Wisata Mangrove Purworejo
instagram.com/bingkaipurworejoberirama

Selain menyuguhkan berbagai spot foto, di tempat piknik ini sudah ada pendopo yang luas untuk acara besar dan terhubung juga dengan pantai selatan. Tiket masuknya pun murah, yakni cuma 4k/ orang dan parkir 2k.

7. Taman Bunga Loano

Kebun bunga yang disebut Taman Asmara 2 Loano baru diresmikan pada bulan November 2019 ini. Taman bunga ini menghadirkan berbagai bunga, khususnya celosia. Lebih dari itu, ada berapa spot yang menarik ala luar negeri seperti Pagoda dan spot lokal yaitu monas.

Taman Asmara 2 Loano
instagram.com/sadatmu

Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 10k per orang untuk masuk ke areal wisata yang berada di Desa Jetis, Kec. Loano ini. Obyek yang berada di sebelah utara SMA 5 ini juga menetapkan retribusi parkir cuma 2k.

8. Heroes Park

Berada di pinggiran Kota Heroes Park juga menjadi salah satu wisata terbaru Purworejo terbaru. Selain menyuguhkan wisata dengan konsep taman kota, obyek ini bisa digunakan untuk camping, karena memang sebelumnya adalah bumi perkemahan.

Heroes Park Purworejo
instagram.com/aririyadi55

Sejauh ini, wisata yang berada di Suronatan, Kel. Kedungsari, Kec. Purworejo ini belum ada tarif masuknya alias masih gratis.

9. Kolam Renang Artha Tirta

Kolam Artha Tirta bisa dikatakan merupakan wisata dengan lawas namun tetap eksis hingga saat ini, bahkan masih tetap ramai. Kolam renang terbesar di PWR ini bandrol dengan harga cuma 5k pada hari biasa dan 6k pada hari libur.

Selain ada kolam dewasa, ada pula kolam anak-anak lengkap dengan permainan airnya. Pengunjung pun bisa langsung datang ke Gamblok, Desa Baledono.

10. SAC Kutoarjo

disebut Sumber Adventure Center atau disebut SAC Kutoarjo merupakan salah satu wisata Kutoarjo Purworejo. Obyek ini menawarkan wahana permainan air layaknya waterboom, lalu  ada museum otomotif, hingga sirkuit balap.

Harga Tiket Masuk SAC purworejo 2019
instagram.com/myang_puspitarini

HTM yang dikenakan pada obyek yang berada di Desa Andong (tepi jalan raya) ini adalah 15k pada hari biasa dan 20k pada weekend.

11. Kolam Renang Tirta Lestari

Tempat rekreasi air yang bernama Tirta Lestari ini berada di Argopeni, Kec. Kutoarjo. Lokasinya pun berada di tepi jalan arah Gunung Tugel, jadi mudah dijangkau. Tarif masuknya juga murah, cuma 6k saja.

Kolam Renang Tirta Lestari
instagram.com/badrs_jmpt

Ada dua kolam renang sekaligus yaitu kolam dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa dibagi 3 kedalaman yaitu 100, 125, dan 150 meter. Sedang kolam anak berada di sisi barat.

12. Bukit Besek Kalipancer

Wisata yang juga dikenal dengan Bukit Seribu Besek merupakan wisata dengan konsep hutan pinus. Tak hanya spot selfie, namun pengunjung bisa mengadakan agenda outbond disana.

Tiket Masuk Bukit Seribu Besek
instagram.com/bukitseribubesek_official

Harga tiket masuknya pun murah, cuma 5k saja dengan lokasi di Dukuh Kalipancer, Desa Guntur, Kec. Bener. Meski murah, namun lokasi luas dan cocok untuk rekreasi.

13. Bukit Sikepel

Masih di Kec. Bener, ada wisata dengan konsep yang sama dengan Bukit Besek Kalipancer, yaitu Bukit Sikepel. Menariknya, ada panggung terbuka, wahana ATV, dan camping ground.

bukit sikepel bener
instagram.com/bukitsikepel_official

Harga tiket di tempat rekreasi yang berada di Dusun Kembangan, Desa Jati ini adalah sebesar 5k dan parkir mobil 2k dan mobil 5k.

14. Hutan Pinus Gong Silegi

Wisata hutan pinus Gong Silegi Kemiri Kec. Gebang menawarkan wisata dengan hamparan hutan yang rindang. Dipadukan dengan spot foto yang relatif plus ada pendopo dan taman bermain, obyek ini cocok untuk wisata keluarga.

Hutan Pinus Gong SilegiTiket masuk wisata juga sangat murah, yakni cuma 3k dan parkir motor 2k dan mobil cuma 3k. Dengan demikian, meski dengan kantong tipis, kamu tetap bisa berwisata disana.

15. Mliwis Hill Kaligesing

Mliwis hill menjadi destinasi baru di PWR. Obyek ini menawarkan wisata dengan latar hutan pinus. Selain asik buat berfoto, pengunjung juga bisa menginap di camping ground yang telah disediakan.

Mliwis Hill Kaligesing
instagram.com/holidaykitaa

Tiket masuk yang dikenakan di Mliwis Hill Dusun Desa Tawangsari Kec. Kaligesing ini hanya 8k saja. Itupun sudah termasuk parkir.

16. DeLoano Glamping

Meski mengusung tema hutan pinus, namu wisata DeLoano Glamping lebih menonjolkan wisata camping glamornya. DI obyek ini pengunjung bisa menikmati ngopi malam-malam plus menginap tanpa harus repot membawa alat camp

DeLoano Glamping PurworejoTiket masuk wisata dibandrol dengan harga 6k. Lalu untuk glamping bisa dipesan mulai dari 150k hingga 700k tergantung paket yang diambil

17. Curug Kaliurip

Air terjun Curug Kaliurip saat ini sedang naik daun. Obyek ini dikelola dengan baik dengan jantung berupa grojogan. Ada banyak fasilitas yang disediakan, bahkan cocok untuk acara besar seperti makrab dan lain sebagainya.

Curug KaliuripCukup dengan membayar 5k saja, pengunjung bisa menyambangi air terjun di Desa Kaliurip, Kec. Kemir ini. Jika ingin lebih jelas, juga bisa cek di Google Maps.

18. Curug Lumbung

Yang istimewa dari Curug Lumbung bukanlah aliran air terjunnya, namun adanaya tebing yang tinggi seolah berlapis-lapis dibantaran sungainya. Lokasinya pun mudah ditemukan, yakni di Dusun Krandon, Desa Tawangsari, Kec. Bener.

Tidak ada tiket masuk ke obyek ini, karena memang tidak dikelola menjadi tempat wisata. Pengendara roda empat bisa parkir di halaman masjid sebelum jalan setapak obyek ini.

19. Curug Gunung Putri

Air terjun yang dikenal dengan Curug Gunung Putri ini menawarkan panorama alam grojogan yang sudah terbalut dengan spot foto. Bahkan ada area yang yang bisa buat camping juga.

Curug Gunung PutriCukup dengan membayar HTM 5k dan parkir 2k, pengunjung bisa explore destinasi yang berada di Desa Cepedak, Kec. Bruno ini.

20. Curug Kyai Kate

Destinasi Curug Kyai Kate Desa Gunung Condong Kec. Bruno bisa akses dengan mudah. Curug dengan aliran deras dan debit air besar ini bisa dicapai sekitar 20 menit jalan kaki.

curug kyai kateHanya dengan merogoh kocek sedalam 8 ribu rupiah, pengunjung bisa berswafoto atau sekedar bermain air disana. Ada pula gazebo yang asik untuk memandang bentang alam yang indah.

21. Curug Kembar Mayang

Searah dengan Goa Seplawan, ada obyek yang menarik yang dikenal dengan Curug Kembar Mayang. Sesuai dengan namanya, ada dua grojogan sekaligus pada satu aliran.

Curung Kembar Mayang KaligesingUntuk bisa menikmati air terjun yang cukup tinggi di Desa Donorejo, kec. Kaligesing ini, pengujung cukup merogoh kantong 5k saja.

22. Curug Kalisat

Curug kalisat Gebang
instagram.com/visitpurworejo

Curug Kalisat memang tidak begitu besar, namun grojogan ini memiliki tebing yang unik. Akses kesana belum memadai, karena belum bisa disebut wisata. Penunjukan bisa cek lokasinya di Desa Redin, Kec. Gebagan dengan tiket dan parkir free.

23. Curug Purbayan

Air terjun di Curug Purbayan di Desa Kemiri Kec. Kemiri bersih dan jernih. Grojogan ini juga memiliki debit air yang besar dengan recommended banget untuk para pecinta alam.

Pesona Keindahan Curug Purbayan Kemiri
ihategreenjello.com

Belum ada tiket masuk yang dikenakan, pengunjung cukup bayar parkir sebesar 2k saja. Meski belum begitu populer, namun sudah lengkap dengan mushola, kamar mandi, hingga gardu pandang.

24. Goa Seplawan

Berbeda dengan sebelumnya kini Goa Seplawan hadir dengan wajah baru. Meski belum 100 persen jadi, namun pesonanya sudah begitu tampak. Pengunjung yang datang ke obyek ini perlu membayar tiket 8k dan parkir 3k.

Goa Seplawan Baru
instagram.com/wisata_purworejo

Selain bisa explore gua yang ada dibawah, traveller bisa menyambangi area baru yang berada di diatas wisata Purworejo 2020 ini. Langsung gih datang ke Desa Donorejo, Kec. Kaligesing untuk membuktikan pesonanya sekarang ini.

25. Taman Sidandang

Layaknya Kedung Pedut Kulon Progo, traveller bisa nyemplung ke sungai di Taman Sidandang ini. Tiket masuk obyek yang berada di Desa Kaligono Kec. Kaligesing ini hanya 3k dan kalau sewa pelampung cuma 2k.

instagram.com/lingkarpurworedjo
instagram.com/lingkarpurworedjo

Selain itu, obyek ini juga sudah dilengkapi dengan camping ground dan taman bermain anak. adi cocok untuk wisata seluruh anggota keluarga.

26. Puncak Sigendol

Puncak Sigendol menawarkan wisata dengan konsep pemandangan alam. Tak hanya bisa menyaksikan hamparan alam yang luas, pengunjung juga bakal dimanjakan berbagai spot foot yang instagenic.

wisata purworejo 2020Cukup dengan budget sebesar 5k saja dan parkir 2k, pengunjung bisa berswafoto di wisata alam yang berada di Desa Giyombong, Kec. Bruno ini.

27. Gunung Ijo

Dari bukit yang disebut dengan Gunung Ijo Bagelen ini, pengunjung bakal dimanjakan dengan berbagai view yang menarik. Waduk Sermo, Bandara NYIA, hingga laut selatan pun lentera dari tempat ini.

wisata purworejo 2020Cukup bayar 3k sebagai retribusi masuk dan 2k sebagai ongkos parkir, kamu bisa menikmati keindahan alam di Desa Durensari, Kec. Bagelen ini.

28. Watu Salang

Wisata Alam Watusalang Purworejo
instagram.com/wisata_purworejo

Wisata Watu Salang menawarkan pemandangan alam di atas perbukitan. Obyek ini juga sudah dilengkapi dengan spot foto yang instagramable. Asiknya sejauh ini belum ada info tiket masuk yang dikenakan. Kamu tinggal menuju ke Desa Sukowuwuh, Kec. Bener.

29. Bukit Bima

Meski belum bisa disebut sebagai obyek wisata, namun Bukit Bima Purbayan tak boleh dilewatkan begitu saja. Di tempat ini, kamu bakal disuguhkan dengan sunrise yang keren dan pemandangan pegunungan yang elok.

bukit bima
instagram.com/rezaivandoel

Kendaraan bisa dititipkan di rumah warga, lalu untuk selanjutnya naik ke bukit yang ada di Desa Purbayan, Kec. Keiri ini.

30. Pasar Inis

Dari sekian jenis wisata dengan konsep Pasar, mungkin Pasar Inis Brondong Rejo, Kec. Purwodadi ini yang paling populer. Pengunjung yang ke obyek ini dapat mencicipi makanan tradisional setiap ahad pagi jam 05:00 – 11:00 WIB

Pasar Inis Purworejo
instagram.com/pasarinis.news

Pasar yang tertata rapi ditengah sawah ini juga kerap disini dengan hiburan hingga senam. Tak salah jika kamu menyempatkan mampir pasar wisata kenaman ini.

31. Pasar Pring Sambeng

Wisata kuliner Purworejo yang baru dibuka pada tahun 2019 ini menyuguhkan berbagai menu tradisional dan kerajinan warga setempat. Pengunjung yang mau belanja, harus menukarkan rupiah dengan mata uang lokal.

pasar pring sambeng purworejoWisata Pasar Pring Sambeng ini buka reguler pada minggu legi dan minggu kliwon pagi hari dengan lokasi di Desa Sambeng, Kec. Bayan.

32. Pasar Menoreh

Pasar Menoreh yang berada di Loano ini merupakan pelopor wisata kuliner dengan konsep pasar di PWR. Keberadaannya berada di lereng perbukitan yang membuatnya memiliki kesan tersendiri. Menu yang disajikan ada klepon, tiwul, jadah, sate, lutis, getuk, gudeng, dan lain lain.

Pasar Menoreh
instagram.com/pasarmenoreh

Pengunjung dapat mencicipi berbagai jajanan tradisional maupun berswafoto di area pasar. Langsung datang dech ke Desa Sedayu Kec. Loano pada setiap ahad siang jam 13:00-17:30 WIB.

Mungkin saja masih ada banyak lagi tempat wisata Purworejo 2020 lainya. Beberapa hanya sebagian dan tidak semuanya berupa obyek wisata, namun sebagian baru berupa potensi alam yang layak untuk dikembangkan dan tak ada salahnya ditulis sebagai rekomendasi agar traveller yang mau datang ke Purworejo dapat mencari semua destinasi dengan lebih mudah.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *