Taman Patung Semar Karanganyar – Bakal Jadi Wisata Baru

Diposting pada

Patung Semar Karanganyar memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan konon sudah ada sejak tahun 1982. Namun baru-baru ini lokasi yang berkonsep taman ini telah mendapatkan perhatian khusus yakni disinyalir bakal jadi tempat wisata.

Patung Semar Karanganyar
instagram.com/explore.solo

Siapa yang tidak tahu tentang Semar. Karakter yang kerap muncul dalam pewangan ini merupakan salah seorang tokoh Punakawan. Semar memiliki kedudukan yang penting, pasalnya dia adalah pengasuh dan penasehat para Kestaria dalam kisah Ramayana dan Mahabrata.

Keberadaanya sudah sangat lekat di kalangan masyakrat Jawa dan Sunda, bahkan figurnya dapat ditemui di banyak lokasi, namun salah satu yang paling menonjol dengan ukuran yang gede ada di Karangpandan ini.

Taman Patung Semar Karangpandan

Secara fisik patung Semar ini memiliki ukuran yang besar, bahkan ada ruang didalamnya. Hal ini terlihat dari adanya pintu yang berada dibawah patung tersebut. Namun pintunya terkunci.

Selain mirip dengan tokoh aslinya, pemandangan di areal ini juga bagus, bahkan sisi belakang berupa pamandangan gunung dan sekitar arealnay adalah persawahan yang hijau (tentunya kalau musim tanam ya).

Bermodalkan histori yang kuat serta memang kerap dijadikan tempat singgah oleh para traveller yang menuju ke Grojogan Sewu Tawangmangu, Buper Pleseran Nglurah, dan lainya. Areal ini memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata, bukan lagi sekedar tempat mampir untuk berfoto, namun bisa jadi wahana rekreasi yang lebih menarik.

Hal ini terlihat dari proses renovasi yang sekarang sedang berlangsung. Diperkirakan sebut saja wisata Patung Semar ini akan selesai pada tahun 2020 mendatang.

Alamat Patung Semar Karanganyar

Patung Semar Karananyar ini berada di Kematan Karangpandan. Lokasi yang berada di tepi jalan menjadikanya ditemuai yakni berada di kiri jalan jika dari arah Solo atau Karanganyar kota.

  • Alamat: Gedangan, Desa Gerdu, Kec. Karangpandan, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah

Dari Pertigaan BRI Unit Karangpandan ambil kanan masuk Jl. Solo – Tawangmangu. Ancer-ancernya adalah pada kelokan arah tanjakan Tawangmangu sebelum Jawa Dwipa.

Meski belum bisa disebut wisata dan ternyata milik perseorangan, namun Taman Patung Semar Karangpandan Karanganyar ini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Untuk sementara memang tidak ada harga tiket masuk ke Patung Semar, namun alangkah lebih baiknya memberikan retribusi kepada bapak penajaganya untuk sementara waktu.

Mudah-mudahan obyek ini segera jadi dan benar-benar jadi tempat wisata baru di Karangpandan Karanganyar. Dengan demikian sudah gak perlu lagi kalau mau berswafoto maupun aktivitas wisata lainya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *