Air Terjun Banyu Anjlok Jepara

Diposting pada
 

Air Terjun Banyu Anjlok Jepara merupakan salah satu air terjun yang berada di Kecamatan Batealit. Air terjun ini memliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air tidak terlalu besar. Namun gemercik air terdengar begitu kentara disini, terutama karena adanya benturan air terjun dengan tebing disisi bawah.

Air Terjun Banyu Anjlok
instagram.com/jeparaapik

Hiajuanya didedaunan disisi air terjun juga menambah kesan alami tersendiri yang tentu asik buat diambil gambar atau  jadi latar foto selfie. Bahkan kolam alami yang berada didepan air terjun yang jernih juga asik buat sekeder berendam.

Meski akses kesana masih berupa jalan tanah dan cukup untuk satu kendaraan roda dua saja, namun sebenarnya sudah dikelola cukup apik. Hal ini begitu jelas terlihat dengan adanya tulisan “Banyu Anjlok” dengan desain cukup unik tepat di depan air terjun. Selain itu, ada semacam bagunan sektiar air terjun yang bisa buat lesehan.

Aktivitas di Air Terjun Anjlok

Pengunjung yang datang kemari gak perlu kuatir “kira-kira disana mau ngapain”. Dengan pesona alami dan air terjun yang menjulang tinggi kamu bisa dapat moment yang cukup asik.

Ambil gambar

Tak ubahnya seperti wisata kekinian, kamu bisa swafoto di depan air terjun. Menariknya bagian depan air terjun ini sudah dicor jadi gak perlu susah-susah ambil posisi. Meski debit air pada musim kemarau mengecil, namun alliran air terjun masih jelas terlihat.

Berendam

Kolam alami alias kedung yang berada di depan air terjun ini cukup luas buat sekedar berendam. Kedalamnya hanya sektiar diatas lutut orang dewasa pada musim kemarau. Namun sepertinya kurang cocok untuk berenang.

Di titik lokasi memang tidak ada warung, namun kamu bisa menemukan warung dijalan masuk menuju ke air terjun.

Harga tiket Air Terjun Banyu Anjlok

Gak perlu mahal sob, kamu cukup merogoh kantong 5k saja sebagai retribusi masuk sudah termasuk parkir. Anggap saja tiket masuk plus parkir 5k per kendaraan.

  • Tiket: Rp. 5.000/ motor

Akses jalan

Meski dititik lokasi sudah ditata sedemikian rupa bahkan sudah ada tangga juga disana namun akses jalan mendekati titik lokasi masih ala kadarnya. Setelah melewati pemukiman warga, maka tibalah di areal parkir. Setibanya di lokasi parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 20 menit atau 1 Km.

Air Terjun Banyu Anjlok Jepara
nstagram.com/ahmadari860

Jalanya masih berupa jalan setapak dengan kontur tanah, namun pemandangan pegunungan dan pucak gunung begitu kentara selama perjalanan. Dalam perjalan pun juga terdapat warung milik warga sekitar yang masih tradisional.

Pagi pengendara roda dua yang nekat, sebenarnya juga bisa sampai di titik lokasi. Namun harus extra hati-hati.

Lokasi air terjun Banyu Anjlok

Air terjun yang tidak begitu ramai ini masih satu jalur dengan Air Terjun Dong Paso. Namun lokasinya berada di Desa Samosari. Lokasinya juga sudah ada di map dengan nama “Air Terjun Banyu Anjlok”

  • Alamat: Dukuh Sewengen Desa somosari Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah

Mengingat lokasinya masih di Batealit, pengunjung bisa bisa datang ke lokasi di Kecamatan yang sama seperti Hutan Pinus Setro dan lain sebagainya.

Wisata Air Terjun Banyu Anjlok Jepara menawarkan panorama alam yang indah dengan aliran yang tinggi dan air yang jernih. Akses kesana terbilang gak sulit-sulit amat, yang jelas kamu harus siap untuk tracking, bukan setelan kondangan.

Kamu sudah kesana? Share pengalaman kamu dikolom komentar ya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *