Pulau Tiban Kendal – Tiket Masuk, Lokasi, dan Akses

Diposting pada

Wisata Pulau Tiban Kartika Jaya Kendal sudah bukan hal baru bagi masyarakat Kendal, Semarang, dan sekitarnya. Namun keunikan akan keberadaan pulau ini menjadi daya tarik tersendiri. Selain bisa suasana pantai, pengunjung juga bisa melihat indahnya hutan mangrove yang top banget.

Pulau Tiban Kendal
instagram.com/tibanisland

Sebelum sampai di pulau ini, pengunjung pun harus naik perahu terlebih dahulu, hal ini karena memang pulau ini berupa daratan yang terkena abrasi dan sekelilingnya sudah menjadi lautan. Tersisalah daratan yang mana disebut dengan pulau tiban tersebut.

Suasana Pulau Tiban Kartika Jaya

Pulau sisa abrasi ini masih menarik, bahkan cocok untuk berwisata keluarga, apalagi yang belum pernah naik perahu dan belum pernah ke pantai. Bahkan pengunjung juga bisa camping disana.

Pantai

Wisata kendal ini secara otomatis juga menyuguhkan pantai ya karena pulau yang yang ada di tengah laut tersebut memang berbatasan dengan laut Jawa. Kamu bisa merasakan suasana pantai seperti pantai lainya di Kendal dan Semarang.

Hutan Mangrove

Selain menyuguhkan pantai, di tempat piknik ini juga merupakan kawasan konservasi mangrove, jadi kamu bisa dapat view dan latar hutan bakau layaknya di Hutan Mangrove Tapak Semarang.

Camping

Pulau tiban juga dikenal dengan lokasi camping. Kamu bisa mendirikan tenda rame-rame dan menikmati suasana laut di malam hari.

Di obyek ini pun juga sudah ada mushola agar kamu bisa sholat tepat waktu dan sudah toilet, gazebo, dan tempat duduk. Ada pula warung dengan harga yang bersahabat, meskipun jumlahnya minim.

Tiket masuk Pulau Tiban

Tiket masuk ke Pulau Tiban ini sebesar 15k, karena kamu akan secara otomatis naik speed boat, dimana speed boat tersebut dapat memuat 5 orang penumpang. Sebelum naik perahu, tentu kamu  harus memarkirkan kendaraan dengan ongkos parkir 2k untuk motor dan 5k untuk mobil.

  • Tiket masuk: Rp. 15.000 (termasuk naik perahu)
  • Parkir motor: Rp. 2.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.000

Alamat Pulau Tiban Kendal

Wisata Pulau Tiban berada di Desa Kartika Jaya, maka kerap juga disebut Pulau Tiban Kartika Jaya. Untuk menuju kesana, kamu perlu ambil arah utara dari Hutan Klorofil Kendal atau dari Masjid Agung Kendal. Lalu masuk ke Wonosari dan belok ke utara jalan Wonosari Patebon. Jarak dari Alun-alun Kendal sekitar 7 km.

  • Alamat: Tanjung Mulyo, Kartika Jaya, Kec. Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Akses ke Pulau Tiban Kendal

Jalan menuju kesana masih sepi dan akses jalan yang kecil dengan rute melewati perkampungan. Akan tetapi setibanya disana, ada banyak rumah warga setempat dan tersedia pula lahan parkir.

Dari lokasi inilah baru kamu akan diantar naik perahu dengan tarif 15k. Kamu pun akan menyusuri kolam tambak dan deretan tanaman bakau yang memanjakan mata. Sekitar 5 menit perjalanan, tibalah kamu di lokasi pantai yang mana juga disebut wisata perahu Pulau Tiban Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Pulau Tiban Kartika Jaya
instagram.com/dirav.fth

Sehubungan dengan Pulau Tiban Kendal ini panas, sangat disarankan pengunjung untuk mengenakan topi, kacamata, dan sunblock. Boleh juga membawa tikar agar bisa bercengkrama serta menikmati luasnya laut di antara pohon cemara.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *