Ranto Canyon Brebes – Tiket, Jam Buka, Lokasi

Diposting pada

Tempat ngenjot adrenalin seru Tegal dan Brebes Ranto Canyon memang sayang banget untuk kamu lewatkan. Layaknya Kali Paingan Pekalongan, destinasi ini menawarkan sungai dengan jeram-jeram yang menggelegar. Dengan jarak mencapai satu kilo meter, rasanya sangat tepat buat kamu menari tantangan.

Ranto Canyon Brebes
instagram.com/inibumiayu

Lebih top lagi, ditengah track kamu akan menjumpai ari terjun yang deras dan menakjubkan. Tempat piknik yang begitu indah ini pun juga dihiasi dengan pemandangan bebatuan yang terjal plus dengan air dari pegunungan yang jernih yang cocok untuk rekreasi air. Tebing-tebing dengan ketinggian antar 10 meter hingga 20 meter dari dasar sungai juga memberi kesan eksotis tersendiri di kawasan ini.

Susur Sungai Ranto Canyon

Track sungai sepanjang 796 meter wajib bangat kamu lahap saat berkunjung ke Ranto Canyon. Tak perlu mahal, cukup dengan sewa pemandu sebesar 30k per orang kamu sudah bisa menjelajah track tersebut, bahkan budget tersebut biaya sewa helm dan pelampung.

Tak hanya sungai yang elok, namun Ranto Canyon ternyata juga menyimpan curug juga lho. Curug yang bisa kamu temui ditengah perjalanan ini memiliki ketinggian antara 10 – 20 meter. Air yang bercucuran di grojogan ini pun terlihat begitu jernih dan segar seperti Curug Bentar Brebes. Kamu pun bisa merasakan sensasi bak air hujan yang turun saat tiba di curug ini.

Tiket Masuk Ranto Canyon Brebes

Menurut review dari netizen, sejauh ini harga tiket masuk Ranto Canyon ini tidak ada alias gratis. Ya karena memang pihak pengelola belum menetapkan besaran HTM. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan budget 4k per motor saja sebagia jasa penitipan kendaraan. Lalu kalau mau menyusuri sungai, maka pengunjung bisa menyewa pemandu dengan budget sebesar 30k saja.

  • HTM: Free
  • Parkir: Rp. 4.000/ motor
  • Pemandu: Rp. 30.000

Jam buka

Wisata alam petualangan ini buka setiap hari mulai dari hari Senin hingga Ahad. Jam bukanya berlaku dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Akan tetapi sehubungan tempat ini memang menyuguhkan wisata eksplorasi, jadi sangat disarankan maksimal banget datang pada siang hari.

  • Pukul: 07.00 – 18.00 WIB

Alamat Ranto Canyon

Ada yang menyebutkan obwis (obyek wisata) ini berada di Tegal dan ada pula ada yang menyebutkannya di Brebes. Meski agak membingungkan, namun kamu gak perlu kuatir, karena sudah ada peta di Google dengan nama destinasi ini. Bisa juga, kamu langsung meluncur ke alamat berikut:

  • Alamat: Dusun Gunungtajem, Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Destinasi yang dapat dicapai dengan kendaraan pribadi baik kendaraan roda empat maupun roda dua ini dapat ditempuh dari Pusat Kota Brebes selama 2,5 jam – 3 jam perjalanan.Tak langsung tiba di titik yang dimaksud, namun setibanya di alamat diatas, kamu perlu berjalan setapak menurun sepanjang 200 meter.

Ranto Canyon
instagram.com/independent_gen.304

Tempat rekreasi menantang Ranto Canyon Brebes ini ternyata juga masih menawarkan beberapa aktivitas lain. Pasalnya, jika kurang puas, kamu masih bisa memacu adrenalin dengan menjajal cliff diving, river tracking, dan snorkeling. Akan tetapi sayang seribu sayang, menurut kabar yang berkembang, tempat dolan ini dikabarkan sudah tutup. Apakah memang benar demikian?

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *