Tapak Menjangan – River Tubing Pekalongan

Diposting pada

Tak kalah dengan kabupaten lain, ternyata di Pekalongan juga punya wisata dengan konsep river tubing yakni Tapak Menjangan. Dengan suguhan alam yang indah, sungai bersih, dan sungai yang memiliki beberapa jeram menjadi salah satu destinasi wisata susur sungai yang apik dan menarik. Sebagaimana terlihat pada ungguhan @anantirahayu dalam akun IGnya obwis ini memanfaatkan saluran irigasi yang cukup deras sebagai track tubing.

Tapak Menjangan
instagram.com/anantirahayu

Fungsi utama dari bendungan yang disebut dengan Tapak Menjangan ini sebenarnya adalah sebagai saluran irigasi. Akan tetapi dalam perkembanganya area ini menjadi tempat wisata air baik sekedar untuk menatap pemandangan hingga rafting. Pemanfaatan  potensi yang sedemikian besar akhirnya memberikan gambaran bahwa, Tapak Menjangan tidak hanya sekedar sungai irigasi, tepi juga tempat rekreasi.

Aktivitas Tapak Menjangan Pekalongan

Secara garis besar, obyek wisata Tapak Menjangan ini menyuguhkan wahana air body rafting. Wahana yang akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat ini pun dibanderol dengan harga yang murah dan terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan tarif 10k saja. Ada titik dengan jeram yang cukup banyak dan ada pula yang jeramnya sedikit.

Tapak Menjangan Pekalongan
instagram.com/anggakussumaa

Tak hanya asik buat tubing, dengan suguhan ari yang jernih, pengunjung pun bisa berenang. Namun buat kamu yang males, bisa lah basah-basah sedikit atau sekedar bersantai di bantaran sungai. Bisa pula jepret-jepret di pinggir sungai sambil duduk-duduk cantik diatas batuan sungai.  Yang lebih asik lagi, hawanya adem layaknya Curug Lawe Pekalogan, Bekakak, Blanten, dan destinasi lain, jadi oke banget lah.

Tiket masuk Tapak Menjangan

Seperti yang kita tahu bahwa tempat piknik ini adalah destinasi yang menawarkan wahana body rafting. Tak seperti wisata alam yang menyuguhkan spot foto, jadi pengunjung hanya akan dikenakan tiket jika hendak menjajal tubing disana. Harga tubing disana adalah 10 ribu saja  per orang. Lalu untuk besaran karcis parkir standar pada umumnya, yakni 2k saja.

  • Tubing: Rp. 10.000, –
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Alamat Tapak Menjangan

Destinasi yang sudah diperhatikan sejak tahun 2017 lalu ini berada di Dusun Kasogunung dan masih Kecamatan Doro. Lalu untuk lokasi yang digunakan untuk kegiatan susur sungai adalah sungai Welo. Titik lokasinya pun juga sudah ada di Maps, yang bisa kamu cari dengan mengetik nama destinasi ini.

  • Alamat: Dusun Kasogunung,  Kec. Doro, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah

Tempat dolan yang berada dekat pasar ini memiliki lahan parkir yang mudah. Tak perlu repot-repot saat memarkirkan kendaraan disana. Degan sajian dan suasana sejuk dan nyaman destinasi ini cocok  untuk dikunjungi bersama keluarga. Kalau mau bisa berlama-lama di Tapak Menjangan Pekalongan, kamu bisa kesana pada hari kerja, karena pengunjung gak begitu banyak.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *