Tiket Masuk Air Terjun Surodipo Temanggung

Diposting pada

Kali ini kita akan bahas sedikit tentang harga tiket masuk Air Terjun Surodipo Temanggung? Sebenarnya sih pengen menulis secara global, namun berhubung ulasan diartikel tetangga lebih wahid, kita akan coba kulik soal tiket masuk saja. Berapa HTMnya?

Tiket Masuk Air Terjun Surodipo
instagram.com/prazzzetyo

Mendengar nama Suridipo kita mungkin akan langsung befikir akan nama bangsawan. Hal ini ya karena memang nama-nama seperti ini jarang dipakai di masyarkat pada umumnya. Benar saja, memang nama ini erat kaitanya dengan salah seorang bangawan asal Kraton Yogyakarta yakni kalau gak salah paman dari Pangeran Diponegoro.

Hal ini karena memang di arel ini ada petilasan dari Ki Surodipo yang konon bernama asli Raden Joyosentiko. Dimana dulunya Ki Surodip berasama pengikutnya melakukan perlawanaan kepada Belanda, nah berkat jasanya inilah mengapa curug ini dinamakan demikian.

Air terjun yang juga dikenal dengan Curug Trocoh ini sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa. Selain ketinggianya mencapai 100 meter lebih, debit airnya juga besar, bahkan terlihat jelas dari kejauhan. Namun sayangnya saat musim kemarau airnya menyusut. Jadi hanya direkomendasikan saat musim hujan atau beberapa saat menjelang kemarau.

Rute Air Terjun Surodipo

Air terjun yang berada di sebelah barat kota Temanggung ini berada di Desa Tawangsari. Menuju kesana dapat diakses baik dari Semarang, Jogja maupun Wonosobo. Menurut Ardian Kusuma gini nhi rute perjalananya.

  • Dari Jogja/Magelang: Ambil arah menuju Temanggung -> Parakan -> Ngadirejo -> Muntung -> Ambil jalan alternatif menuju Tambi, Wonosobo -> Belok ke arah Kecamatan Wonoboyo, Temanggung -> Desa Tawangsari -> Petilasan Surodipo -> Air Terjun Surodipo
  • Dari Kendal/Semarang: Ambil jalan alternatif menuju Muntung, Temanggung -> Ambil jalan alternatif menuju Tambi, Wonosobo -> Belok ke arah Kecamatan Wonoboyo, Temanggung -> Desa Tawangsari -> Petilasan Surodipo -> Air Terjun Surodipo
  • Dari Wonosobo: Ambil arah menuju Dieng -> Tambi -> Ambil arah menuju Ngadirejo -> Belok ke arah Kecamatan Wonoboyo, Temanggung -> Desa Tawangsari -> Petilasan Surodipo -> Air Terjun Surodipo

Lokasi Air Terjun Surodipo

Meski sudah ada tiket masuknya namun akes menuju kesana terbilang ekstrem. Bisa dikatan tersembunyi.  Mungkin atas alasan inilah mengapa curug yang megah ini kurang begitu terekspos. Lokasinya berada diantara perbukitan dan tebing yang curam.

  • Lokasi: Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temangggung, Jawa Tengah
  • Klik: Peta

Akses Curug Trocoh

Kamu perlu menyiapkan stamnia yang cukup untuk mencapai titik curug. Hal ini karena jalanya berupa jalan setapak dan masih apa adanya.  Meski sebanarnya juga tidak terlalu jauh yakni hanya 300 meter dari areal parkir. Namun medanya berat dan licin dengan ilalang yang cukup tinggi.

Saat perjalann menuju kesana kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Hijau perbukitan dan tebing-tebing yang tinggi begitu memanjakan mata. Namun pastikan waspada saat melangkah karena kanan kiri berupa tebing yang curam.

Tiket Air Terjun Surodipo Temanggung

Gak perlu kuatir soal harga tiketnya. Hal ini karena memang tempat ini belum dikelola maksimal dan baru sekedar dibuka dan belum ada penambahan fasilitas wisata. Kamu cukup merogoh 5k saja sebagai tiket masuk Air Surodipo Temanggung ini. Tarif ini pun juga sudah termasuk parkir.

  • HTM: 5.000 (termasuk parkir)

Kendaraan roda dua bisa mencapai agak atas, namun kalau mobil lebih baik parkir dibawah saja.

Baca juga: Sibajag Green Canyon, Temanggung

Nah itulah sedikit ulasan tentang tiket masuk Air Terjun Surodipo Temanggung. Bagi yang mau memutuskan kesini pastikan bawa bekal yang cukup termasuk makanan dan minuman. Hal ini karena jarang dijumpai adanya warung atau semacamnya

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *