Tiket Masuk Banyu Biru Pasuruan

Diposting pada

Kolam pemandian tetap menjadi favorit bagi masyarakat yang pengen mencari kesegaran. Apalagi di Banyu Biru Pasuruan, berada di lereng Gunung Bromo lokasi wisata ini menawarkan sensasi kesegaran alami. Sudah ada sejak tahun 1880, kolam pemandian ini masih terjaga keasriannya hingga kini. Disini juga terdapat situs peninggalan sejarah berupa arca dan patung kepala bernama Kala. Untuk bisa menikmati kesegaran di kolam alami ini kira – kira berapa ya tiket masuk Banyu Biru Pasuruan?

Sekilas tentang Banyu Biru

Pemandian alami di Desa Sumberejo ini memiliki kolam dengan tumpukan bebatuan sebagai dindingnya. Airnya sangat jernih berwarna kebiruan. Saking jernihnya dasar kolam bisa terlihat dan biasanya dijadikan sebagai spot foto underwater. Terdapat beberapa pohon yang berusia ratusan tahun menambah kesejukan kawasan Banyu Biru ini. Sumber mata air di pemandian gak pernah surut lho bahkan di saat musim kemarau sekalipun. Dan menariknya lagi ada populasi ikan sengkaring yang sudah sejak dulu ada di kolam pemandian. Ikan sengkaring dianggap keramat sehingga tidak ada warga yang berani mengusik ikan tersebut.

Lokasi

Nah yang tertarik pengen berenang bersama ikan sengkaring kalian bisa datang ke Banyu Biru di Jalan Raya Banyubiru Rt 02/02  Banyubiru Kidul, Desa Sumber Rejo, Kecamatan Winongan, Pasuruan, Jawa Timur. Obyek wisata ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Untuk warga di luar Pasuruan jika masih bingung dengan lokasinya, bisa memanfaatkan bantuan Google Map ya. Kalian bisa langsung klik link nya dibawah ini.

  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Alamat: Jalan Raya Banyubiru Rt 02/02  Banyubiru Kidul, Desa Sumber Rejo, Kecamatan Winongan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Map: klik disini
Tiket Masuk Banyu Biru Pasuruan
instagram.com/kevinkurnialeyn

Tiket masuk

Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Banyu Biru Pasuruan sebesar Rp 5.000. Harga yang sangat murah sekali kan? Untuk anak – anak tidak diwajibkan membayar tiket alias gratis.

  • Tiket: Rp 5.000/ orang

Dengan membayar 5 ribu pengunjung sudah bisa berenang atau bermain air sepuasnya. Kolam pemandian ini buka setiap hari, jadi kalian bisa kesini kapan saja. Biasanya pada akhir pekan tempat wisata ini lebih ramai dibanding hari biasa.

Fakta pemandian Banyu Biru

Ada beberapa fakta unik tentang pemandian Banyu Biru lhoh. Penasaran apa aja? yuk simak dibawah ini

  • Sudah ada sejak jaman kerajaan majapahit
  • Kedalaman kolam bervariasi
  • Kolam pemandian dihuni ribuan ikan sengkaring yang dianggap sebagai ikan keramat oleh warga setempat
  • Air kolam dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda
  • Ramai dikunjungi pada hari – hari khusus untuk mengadakan ritual

Baca juga: Tiket Masuk Bhakti Alam Pasuruan

Nah itu tadi fakta – fakta menarik kolam alami yang ternyata sudah ada sejak masa kerajaan majapahit. Disana pengunjung akan berenang bersama ikan sengkaring/ ikan dewa. Tapi jangan dibawa pulang ya, karena menurut mitos yang beredar jika membawa pulang ikan tersebut maka akan mendapatkan musibah. Yang jelas dimanapun kita berada harus menghormati tata krama wilayah setempat ya, jangan sampai berbuat hal yang melanggar aturan.

Nah akhir pekan ini sudah tau belum mau liburan kemana? Daripada galau mending ke Banyu Biru aja. Kalian bisa berenang sambil berfoto – foto underwater bersama ikan sengkaring. Dijamin seru banget deh.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *