Tiket Masuk Goa Selarong Bantul

Diposting pada

Tiket Masuk Goa Selarong Bantul tergolong sangat murah. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja kamu bisa memasuki kawasan wisata edukasi ini. Goa selarong adalah goa bersejarah, dulunya merupakan tempat berkumpulnya Pangeran Diponegoro dan pasukanya. Tempat ini pula yang di gunakan untuk mengobarkan semangat perjuangan rakyat.

Tiket Masuk Goa Selarong
instagram.com/sandrays4502

Bagi sobat yang sedang mencari destinasi wisata edukasi yang cocok dukinjungi saat study tour tempat ini menjadi salah satu alternatif yang pas. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi yang bisa kamu gunakan untuk bahan laporan dharmawisatamu. Atau bagi sobat yang ingin sekedar berkunjung, tak ada salahnya mencoba tempat ini.

Daya Tarik Goa Selarong

Daya terik Goa Selarong tidak hanya terletak pada pemandangan alamnya melainkan pada nilai sejarah yang terkandung. Goa yang terletak di Kabupaten Bantul ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi Rakyat ibdonesia. Di tempat ini kita dapat melakukan napak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah.

Nilai Sejarah

Dulunya goa Selarong merupakan markas Pangeran Diponegoro bersama pasukannya saat melakukan aksi perang gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825 -1830. Di goa Selarong sendiri terdapat dua goa utama yaitu goa Kakung dan goa Putri. Goa Kakung menjadi kediaman Pangeran Diponegoro. Sedangkan goa Puteri digunakan sebagai tempat tinggal Raden Ayu Ratnaningsih.

Napak Tilas

Di Goa ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya Pangeran Diponegoro bersama pasukanaya. Ditempat ini pula dulu Pangeran Diponegoro mengobarkan semangat perjuangan rakyat pribumi dengan semboyannya: sadumuk bathuk sanyari bumi dikahi tekan pati. Artinya, sejari kepala sejengkal tanah dibela sampai mati.

Lokasi Goa Selarong

Goa Selarong merupakan situs bersejarah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Bagi sobat yang sedang mencari referensi tempat wisata edukasi di Yogyakarta Tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Kembang Putihan, Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Alamat: Dusun Kembang Putihan, Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Goa Selarong

Goa selarong merupakan tempat wisata situs sejarah, Bagi sobat yang ingin mengadakan study tour dan sedang mencari destinasi wisata Goa selarong bisa dijadikan sebagai salah satu Destinasi. Harga Tiket masuknya tergolong murah, Kamu hanya akan dikenai tarif Rp. 6 ribu per orang untuk memasuki kawasan wisata edukasi ini. Sedangkat untuk biaya parkir motor dikenai tarif Rp. 2 ribu sedangkan Mobil dan Bus masing-masing Rp. 5 ribu dan Rp.10 ribu.

  • HTM Rp. 6.000/orang
  • Parkir Motor Rp.2.000
  • Parkir Mobil Rp. 5.000
  • Parkir Bus Rp. 10.000

Jam Operasional

Ada satu hal lagi yang perlu sobat perhatikan sebelum sobat berkunjung ke kawasan Goa Selarong. Kamu perlu memperhatikan jam operasionalnya, Jangan sampai kamu datang ke tempat ini tetapi belum buka atau malah sebaliknya sudah tutup. Direkomendasikan ada jam – jam tertentu yang bagus untuk mengunjungi tempat ini yaitu antara pukul 12.00 – 14.00 wib.

  • Jam Buka 08.00 wib
  • Jam Tutup 16.00 wib

Nah itulah beberapa informasi mengenai Tiket Masuk Goa Selarong Bantul. Harga Tiket tempat wisata edukasi ini tergolong sangat murah. Tempat ini cocok di jadikan destinasi wisata saat study tour bersama tempat wisata edukasi di Jogja lainya seperti Museum Dirgantara, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta dan Sindu Kusuma Edu Park. Bagi sobat yang sedang mencari tempat dharmawisata yang menarik di Yogyakarta tempat temnpat tersebut cocok untuk kamu kunjungi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Penulis di Storyal, web dan blogspot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *