Kali Pethuk Rahtawu Kudus – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Dari sekian banyak obyek wisata di Rahtawu, mungkin Kali Pethuk Gebog Kudus ini yang paling favorit. Secara garis memang masih sama dengan wisata di Desa Rahtawu lainya seperti yakni dengan memanfaatkan aliran sungai, namun di tempat ini terkesan lebih tertata dan terkelola.

Kali Pethuk Rahtawu
instagram.com/muhammad_gerry

Penyematan nama “Pethuk” pada tempat ini juga tanpa alasan. Hal ini karena memang pada titik ini ada pertemuan sungai dari dua aliran sungai. Fenomena alam ini disebut dengan “Pethuk” yang artinya bertemu. Dengan demikian dinamakanlah obyek ini dengan “Kali Pethuk”

Tak hanya menyuguhkan wahana pemandian alami air sungai yang bersumber dari pegunungan, namun dengan mengusung konsep wisata kekinian, di tempat piknik keluarga ini pun kini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto untuk berswafoto.

Kelebihan Kali Pethuk Rahtawu

Keunggulan utama dari obyek ini ya tentu saja airnya, dimana air sungainya jernih dan segar dan belum banyak melewati rumah-rumah penduduk. Bermodal potensi alam inilah pihak pengelola mengemasnya menjadi wisata rekreasi yang menarik.

Basah-basahan

Basah-basahan atau mandi di sungai mungkin menjadi salah satu tujuan utama mengapa pengunjung datang ke obyek ini. Hal ini karena memang ada semacam kedung yang sengaja diperuntukan untuk bermain air. Selain itu ada sisi sungai yang dibendung dengan batuan dan memang cocok untuk aktivitas ini.

Spot selfie

Ada beberapa spot selfie yang cukup menarik. Meski bersifat sederhana namun dengan latar sungai dan batuan sungai tertata sedemikian rupa menjadikan foto semakin instagenic.

Kuliner

Tempat plesir Kudus ini juga menyediakan berbagai menu makanan. Bolehkah kalau disebut sebagai wisata kuliner. Salah satu menu favorit di tempt ini adalah rica-rica entok yang mana banyak disebut-sebut oleh netizen. Selain itu ada pula menu lain berupa ayam atau lele goreng serta gorengan. Pengunjung pun bisa makan di saung-saung sembari menikmati keindahan alam sama halnya di Pemandian Alam Rahtawu yang letaknya lebih keatas lagi.

Harga tiket Kali Pethuk Gebog

Menurut informasi yang beredar, tidak ada harga tiket masuk (HTM) yang dikenakan kepada pengunjung. Berbeda dengan Air Terjun Kali Banteng yang dibandrol dengan HTM 5k, disini gratis tis. Pengunjung cukup merogoh kantong untuk jasa penitipan kendaraan saja.

  • HTM: Free
  • Parkir: normal

Lokasi Kali Pethuk Rahtawu

Obyek wisata alam ini berada tepat di pertigaan jalur pendakian ke puncak Abiyoso maupun Natas angin, dimana sebelah kiri ke Curug Kali Banteng dan sebelah kanan ke Kali Pethuk ini dan secara otomatis berada setelah Air Terjun Kertomo.

  • Lokasi: Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Wisata Kali Pethuk Rahtawu Gebog Kudus ini memiliki debit air yang tidak terlalu banyak, namun juga gak terlalu sedikit, jadi cocok memang kalau untuk bermain anak-anak sekalipun. Hawa disana juga adem serta nuansa pedesaan yang masih kental.

Pengunjung pun juga bakal disuguhkan dengan pemandangan gunung yang megah. Dengan demikian lengkap sudah kalau tempat ini untuk bersantai dan refresing, tentunya recommended untuk melepas penat.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *