Tiket Masuk Grenjengan Kembar

Diposting pada

Sudah tahu berapakah harga tiket masuk Grenjengan Kembar Pakis? Obyek yang juga dikenal dengan wisata Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang memang sudah dikenal lama, bahkan mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para traveller. Bukan tanpa alasan memang, pasalnya salah satu curug di Kabupaten Magelang Jawa Tengah menawarkan air terjun double yang disebut-sebut dengan istilah “kembar”.

Tiket Masuk Grenjengan Kembar
instagram.com/eswlie

Sebelum tiba di air terjun, kamu bakal memasuki kawasan hutan pinus. Kamu bakal merasakan atmosfer wisata yang sejuk, segar, dan adem.  Baru setelah itu, tibalah di air terjun yang mempesona. Selain memang indah, curug ini pun juga aman untuk bermain air di bawahnya.

Pesona Grenjengan Kembar

Ada kelebihan tersendiri dibandingkan tempat plesir lain. Tentunya memang ada grojogan yang disebut kembar. Ternyata selain itu, hamparan hutan pinus disini pun juga menarik.

Curug Kembar

Sesuai dengan namanya memang di oyek ini terdapat dua aliran sekaligus pada satu curug. Meski tak sama kembar, namun debitnya yang hampir sama. Mungkin karena alasan itu disebut “kembar”.

Selain itu, ternyata di sebelahnya juga ada air terjun. Meski ukuran yang tak terlalu besar, namun juga menarik. Pasalnya jarang ada dua curug sekaligus dalam satu lokasi.

Di depan aliran terjun ini pun juga sudah terdapat deck beton yang didesain cantik sedemikian rupa lengkap dengan tulisan tulisan “Grenjengan Kembar”. Tak jarang pengunjung berswafoto disini.

Hutan pinus

Tak sedikit yang mengatakan areal di obyek wisata ini memang indah. Hal ini karena memang, selain ada grojogan, di tempat ini ternyata juga berada di areal hutan pinus. Pengunjung pun bisa berswafoto di sejumlah spot yang ada bahkan atau sekedar menikmati sejuk dan tenangnya hutan pinus di deck-deck bambu atau gazebo yang ada disana.

Di obyek ini juga terdapat sejumlah gubuk dan gladag kayu untuk bersantai. Apa pula toilet tembok di tengah hutan pinus. Namun sayangnya, areal parkirnya sempit, hanya cukup untuk beberapa kendaraan roda empat saja dan sekitar puluhan kendaraan roda dua.

Tiket masuk Grenjengan Kembar

HTM atau harga tiket masuk Grenjengan Kembar Pakis Magelang ini lumayan yakni 10k. Tarif ini ternyata lebih mahal dari obyek lain serupa di Magelang seperti Air Terjun Sumuran yang hanya 5k. Meksi demikian, karcis masuk ini masih terjangkau apalagi kamu juga akan dapat bonus hamparan hutan pinus yang asri.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

Lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar

Curug ini berada di sebelah utara Top Selfie Pinusan Kragilan dan berada di sebelah selatan Air Terjun Sekar Langit yakni di Desa Munewarang Kecamatan Pakis. Lokasinya pun juga sudah ada di Peta Google, jadi cukup membantu saat mencari lokasinya.

  • Alamat: Dusun Citren, Desa Munewarang, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Rute Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar ternyata berada tak jauh dari jalan Utama Magelang – Salatiga. Papan penunjuk arah pun sudah terlihat setelah memasuki pusat kota Pakis arah Magelang.

Setelah bertemu dengan papan penunjuk arah menuju Makam Panembahan Ngabehi Noto, ikuti jalan tersebut hingga bertemu persimpangan. Ambil kanan pada persimpangan tersebut yang berupa jalan cor semen. Jika sudah memasuki jalan cor berarti akan segera sampai dengan ancer-ancer areal parkir di samping masjid.

Air Terjun Grenjengan Kembar berada tidak jauh dari jalan utama penghubung Magelang-Salatiga. Tepatnya setelah memasuki ibukota kecamatan Pakis dari arah Magelang akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke air terjun tersebut papan petunjuk arah menuju Makam Panembahan Ngabehi Noto. Ikuti jalan tersebut terus hingga ujung jalan dan menemukan persimpangan jalan cor semen ke arah kanan. Memasuki jalan cor semen berarti tidak lama lagi akan tiba di kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar. Akhirnya pengunjung tiba di area parkir Air Terjun Grenjengan Kembar yang disediakan di samping masjid desa.

Tiket Masuk Grenjengan Kembar
instagram.com/joeluluk

Bisa dikatakan tiket masuk Grenjengan Kembar Pakis Magelang ini masih terjangkau. Namun sayangnya, saat kesana kamu harus benar-benar memperhatikan musim. Pasalnya saat musim kemarau debit airnya menjadi kecil, bahkan bisa kering sama sekali. Disisi lain pasca hujan airnya bisa begitu keruh. Dengan demikian, bisa datang kesana pas musim hujan namun bukan pas setelah hujan deras.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *