Tiket Masuk Embung Nglanggeran 2019

Diposting pada

Kali ini kita akan ulas berapa sih harga tiket masuk Embung Nglanggeran 2019? Selain itu, akan juga akan cari tahu sebenarnya ada apa di danau buatan yang diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ini. Selain itu, keberadaan lokasinya juga penting supaya kamu lebih ngeh.

Tiket Masuk Embung Nglanggeran
instagram.com/mountrav.addict

Danau ini memiliki luas 60 x 60 meter persegi memang menawarkan pemandangan yang syahdu banget. Kamu bakal di suguhkan dengan luasnya danau buatan yang indah plus hijaunya pepohonan khas Gunung kidul.

Ada apa di Embung Nglanggeran

Danau buatan ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk menampung air hujan. Air dari embung tersebut nantinya digunakan untuk mengairi perkebunan milik petani di bawahnya. Namun dengan pesonanya yang memikat, tempat ini pun kini menjadi tempat wisata yang menarik bahkan viral.

Embung

Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya menawarkan pemandangan yang indah dari ketinggian termasuk view Api purba nglanggeran. Pesonanya tak kalah menarik dengan Embung Batara Sriten Nglipar.

Gardu pandang

Di salah satu sudut danau buatan ini juga terdapat gardu pandang yang menempel pada pohon. Posisi yang cukup tinggi gak cuma asik untuk mantap luasnya waduk, namun cocok banget buat swafoto ala-ala Kalibiru gitu.

Taman bunga

Meski gak banyak, namun ada tanaman bunga yang ditanam di obyek ini. Warna -warni bunga celosia di tepian danau buatan ini cukup menarik dan menjadikan areal ini lebih berwarna.

Sunset

Objek yang dikelilingi oleh kelebihan buah milik penduduk sekitar ini cocok banget untuk menyaksikan Matahari Tenggelam atau kerap disebut dengan sunset pada sore hari seperti halnya di Embung Sidoharjo Samigaluh Kulon Progo.

Ternyata disana juga terdapat toilet dan warung yang menjajakan makan, yang mana pengunjung gak perlu takut lapar dan kehausan. Selain itu ada fasilitas yang memadai lainya seperti mushola, rest area, hingga pengayakan. bakan pengunjung pun juga bisa mengicpi berbagai hasil kebun buah.

Lokasi Embung Nglanggeran

Tempat plesiran Gunung Kidul ini berada tidak jauh dari Gunung Api Purba, bahkan ada yang mengatakan memang berada di punggung gunung purba tersebut. Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan Air Terjun Kedung Kandang, Air Terjun Banyunibo, Air Terjun Widoro, Goa Watu Joglo, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Nglanggeran Wetan, Desa¬† Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jalan menuju kesana sudah bagus dan lebar, yang mana hanya berjarak 40 – 60 menit perjalanan dari Kota Jogja. Jalan menuju kesana pun bisa dilalui mobil maupun motor. Setibanya di areal parkir, pengunjung cukup berjalan dan menaiki tangga naik sekitar 5 – 10 menit saja.

Tiket Masuk Embung Nglanggeran

Tempat piknik di Gunung Kidul ini yang buka setiap hari hingga malam ini dibandrol dengan harga tiket masuk sebesar 10k saja per orang. Selain itu, pengunjung Embung Nglanggeran juga perlu mempersiapkan rupiah untuk retribusi parkir sebesar 5k untuk mobil dan 2k untuk motor.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-
  • Parkir: Rp. 5.000 (mobil)
  • Parkir: Rp. 2.000 (motor)

Tak hanya muat mobil kecil, ternyata dengan areal parkir yang luas dan sudah berupa paving blok, kendaraan tipe minibus seperti Elf pun juga bisa leluasa parkir disana.

Harga Tiket Masuk Embung Nglanggeran
instagram.com/garzia_andy

Danau buatan di Gunung Kidul memang banyak dikunjungi masyarakat. Harga tiket masuk Embung Nglanggeran 2019 ini pun terbilang murah dan terjangkau. Namun sayangnya pada saat momen tertentu seperti pada musim kemarau airnya surut alias mengering. Dengan demikian kamu tidak bisa mendapatkan view seperti di terbesar di sosmed.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *