Air Terjun Sekar Langit Magelang – Tiket Masuk dan Lokasi

Diposting pada

Di lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo ada Air Terjun Sekar Langit Magelang yang sudah sangat tersohor. Pasalnya grojogan ini gak cuma indah, namun juga lekat akan dongeng masa silam. Kisahnya pun juga sudah terkenal seantero nusantara yaitu kisah Jaka Tarub, seorang pria yang mencuri selendang bidadari yang bernama Nawang Wulan yang akhirnya gak bisa kembali ke kayangan dan menjadi istrinya.

Air Terjun Sekar Langit Magelang
instagram.com/magelang

Lebih dari kisah itu, memang posanya layak diacungi jempol. Hal ini karena memang air terjun ini mencapai ketinggian 25 meter. Debit airnya pun cukup besar bahkan selalu mengalir tanpa dipengaruhi musim. Bahkan sebelum mencapai lokasi pun pengunjung akan disuguhkan dengan rindangnya pohon bambu yang asri baik di sisi kanan dan sisi kiri. Kesan sejuk pun akan terasa disana. Wajar saja apabila Nawang Wulan dan gengnya menyempatan mandi disini “tambahan penulis he he”.

Pesona Sekar Sekar Langit Grabag

Meski sudah dikenal lama, namun air terjun ini masih alami. Terlihat bongkahan besar di sungai dan atmosfir air terjun yang masih seperti sedia kala. Yuk kita lihat mengapa Nawang Wulan sampai tertarik buat datang kemari.

Air Terjun

Air terjun ini gak cuma tinggi, namun juga bertingkat. Terlihat seolah-olah ada dua aliran air terjun. Hamparan rerumputan dan tebing juga semakin asyik untuk dipandang maupun diambil gambarnya. Kabar baiknya, meksi terjadi musim kemarau seperti sekarang ini, ternyata airnya tetap melimpah lho.

Sungai

Seperti halnya grojogan lainya, di sini pun juga ada sungai yang asik buat basah-basahan bak Nawang Wulan dan bidadari lainya. Tapi harus waspada jangan sampai baju kamu di curi oleh Jaka Tarub dan gak bisa pulang “kan berabe nanti”

Di sekitar air terjun ada satu buah warung, ya lumayan untuk sekedar pengganjal perut atau melepas dahaga.

Tiket masuk Air Terjun Sekar Langit

HTM atau harga tiket masuk Air Terjun Sekar Langit ini murah lho geng. Pengunjung hanya dikenakan tarif 5k saja per orang. Dengan tiket semurah itu, tentunya gak bikin kantong jebol kan. Selain itu untuk tarif parkir mobil sebesar 5k saja.

  • HTM: Rp. 5.000
  • Parkir: Rp. 5.000

Lokasi Air Terjun Sekar Langit

Keberadaan obyek ini tak jauh dari Makam Sunan Geseng, jika ke arah timur maka masih akan dijumpai Air Terjun Sumuran, Sarangan, dan Ngesong dan searah pula dengan Base Camp Gunung Andong. Akan lebih mudah jika dari arah Kopeng, meski cukup jauh. Kamu harus mengikuti jalur Telomoyo. Jika dari arah Temanggung, bisa menuju ke arah utara searah Pemandian Air Panas Candi Umbul, lalu menuju Grabag, dan lanjut titik lokasi.

  • Alamat: Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jalan dari pintu masuk ke lokasi  sudah bagus berupa cor beton. Namun memang jalan kaki menuju titik lokasi cukup jauh dan butuh proses ya geng yakni sekitar 30 menitan.

Tiket masuk Air Terjun Sekar Langit
instagram.com/dimassatriyoprabowo

Memang tidak dipungkiri, tempat wisata Air Terjun Sekar Langit Magelang ini masih alami dan bagian luar termasuk di areal parkir sudah tertata sedemikian rupa. Namun kebersihan air terjun perlu lebih diperhatikan. Hal ini karena memang masih ada banyak sampah plastik yang mengotori curug bersejarah ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *