Tiket Masuk Hutan Mangrove Wana Tirta

Diposting pada

Tiket masuk Hutan Mangrove Wana Tirta memiliki tarif yang terbilang ramah di kantong. Untuk masuk kekawasan ini sobat hanya akan di kenai tarif beberapa ribu rupiah saja. Tempat wisata ini memiliki beberapa kawasan yang terpisah dan dikelola oleh kelompok wisata yang berbeda. Terdapat 3 kawasan meliputi kawasan barat, kawasan tengah dan kawasan timur.

Tiket Masuk Hutan mangerove Wana Tirta
instagram.com/mangerove_wanatirta_official

Salah satu kawasan yang cukup kondang yaitu area tengah. Dikawasan tengah ini terdapat jambatan dari bambu yang disebut jembatan api-api. wahana ini cukup menarik dan instagenik untuk dijadikan spot berfoto. Selain wahana tadi juga terdapat berbagai aktifitas lain yang dapat dilakukan di Hutan Magrove Wana Tirta. Apa saja daya tarik tempat ini, dan berapa tiket masuknya? Yuk cek selengkapnya dibawah ini.

Daya Tarik Hutan Magrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta merupakan kawasan ekosistem mangrove alami di daerah muara Sungai Bogowonto.  Disini sobat dapat berekplorasi suasana hutan mangrove yang tumbuh sepanjang tepian sungai. Ada pula wahana jembatan api – api yang berada di kawasan hutan mangrove blok tengah. Kamu bisa pula hunting foto sebagai koleksi di instagram karena memang spot foto disini bayak dan bagus-bagus.

Jalan-Jalan di Kawasan Hutan

Kamu dapat menyusuri jalan setapak kayu yang dibangun di antara rimbunnya pepohonan. Suasana yang cukup sejuk di temani rimbunya pohon bakau akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Meskipun pokok pohon terbilang kecil dan tak serapat hutan mangrove yang terdapan di luar pulau jawa namun kawasan ini cukup rimbun dan sejuk . cukup menyenangkan untuk berjalan jalan di lokasi ini.

Mangrove Jembatan Api-Api

Selain jalan kayu di antara pepohonan, di bantaran sungai juga terdapat jembatan titian dari bambu. Jembatan inilah yang dikenal dengan nama Jembatan Api-Api. Sobat dapat meniti jembatan ini atau menjadikanya sebagai background foto.

Spot Foto

Buat sobat yang suka berburu foto, Hutan Mangrove Wana Tirta Kulonprogo merupakan tempat yang wajib kamu datangi. Kawasan ini terdapat banyak spot kece yang instagramable. Mulai dari ayunan di antara pepohon, gazebo, hingga spot-spot menarik lengkap dengan ornamen bunga-bunga yang berbentuk hati.

Naik Perahu

Hutan Mangrove Wana tirta memiliki tiga kawasan yang terpisah. Masing – masing kawasan memiliki loket masuk tersendiri, masing – masing loket ini terhubung melalui sebuah sungai. kamu bisa naik perahu untuk berpindah dari kawasan yang satu kekawasan yang lainya.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo di bagi menjadi beberapa blok yang dikelola oleh kelompok wisata yang berbeda-beda. Tiket masuknya pun mempunyai tarif yang beragam. Jika sobat ingin masuk ke kawasan hutan yang paling barat atau Hutan Mangrove Wana Tirta akan dikenai Tarif Rp. 5 ribu . Kemudian jika sobat memasuki kawasan hutan mangrove yang tengah atau dikenal dengan Mangrove Jembatan Api -Api (MJAA) kamu akan di kenai tarif Rp. 5 ribu. Atau jika ingin memasuki kawasan hutan yang paling timur atau dikenal dengan Mangrove Panti Pasir Kadilangu  akan dikenai biaya masuk Rp. 5 ribu. Sedangkan untuk biaya naik perahu sebesar Rp. 10 ribu. Untuk biaya parkir motor kamu akan dikenai tarif Rp. 2 ribu.

  • HTM Kawasan Barat  Rp. 5 .000
  • HTM Kawasan Tengah  Rp. 5.000
  • HTM Kawasan Timur Rp. 5.000
  • Naik Perahu Rp. 10.000
  • Parkir Motor Rp. 2.000

Lokasi Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana tirta berada di muara Sungai Bogowonto. tepatnya berlokasi di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta menempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

  • Alamat: Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Map Klik disini

Nah itulah ulasan mengenai Tiket masuk Hutan Mangrove Wana Tirta beserta beberapa informasi pendukung. Tempat ini mempunyai suasana yang cukup sejuk cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Tempat ini juga mempunyai spot foto yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai koleksi untuk melengkapi galeri instagrammu. Meskipun tidak seluas dan selengkap Wisata Bakau Maerokoco Semarang, namun tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Penulis di Storyal, web dan blogspot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *