Tiket Masuk Situ Wanayasa 2020

Diposting pada

Bicara soal wisata di Kabupaten Purwakarta memang tak ada habisnya. Aneka wisata pun kini telah ada di salah satu kabupaten terkecil di Jabar ini. Ada wisata alam dan ada pula wisata buatan yang tersebar di Purwakarta. Salah satu destinasi yang cukup tersohor dan terbilang tak pernah sepi adalah Situ Wanayasa.

Tiket Masuk Situ Wanayasa
instagram.com/madeinpurwakarta

Tempat wisata yang kini telah menjadi ikon Kecamatan Wanayasa ini memang tak bisa dipandang sebelah mata. Tempat ini memang menarik dengan hamparan air yang melimpah tak ubahnya sebuah danau. Disekitar danau buatan ini pun terdapat hutan jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi. Selain makin menjadikan kawasan ini nampak hijau, pohon-pohon yang tegak lurus ini pun makin menambah kesejukan bagi wisatawan yang melancong kesana.

Yang paling ikonik dari semua suguhan yang ada dan mungkin saja tidak terdapat di embung lain adalah adanya sebuah pulau yang berada di tengah situ yang disebut ‘Pasir Santri’. Ikon ini pun menjadi magnet tersendiri yang tak hanya instagramable untuk di foto dan bisa disambangi oleh wisatawan secara langsung.

Yang menarik di Situ Wanayasa

Secara sepintas memang kita akan terpaut “oh ini danau to” bahwa ini memang sebuah danau. Akan tetapi bukan sembarang danau, karena potensi dan lokasinya yang strategis plus dengan latar panorama Gunung Burangrang menjadikannya destinasi yang tak pernah sepi pengunjung. Hal ini ternyata obyek wisata (obwis) ini juga didukung dengan berbagai wahana dan fasilitas yang menyenangkan.

1. Naik bebek air

Destinasi yang adem dan sejuk ini emang asik banget untuk referesing bersama keluarga. Ada wahana permainan klasik namun tetap asik yakni bebek air. Dengan perahu yang berjalan dengan cara dikayuh ini maka kamu bisa keliling atau menuju ke tengah Situ sembari menatap luasnya hamparan air dengan lebih leluasa.

2. Berswafoto

Bukan tempat wisata namanya kalau gak bisa asik buat foto-foto. Dengan suguhan alam yang elok tak jarang para wisatawan berswafoto maupun mengambil gambar di kawasan ini. Sebagaimana terlihat di sosmed hasil jepretan akan tempat ini memang TOP kan. Selain kece banget baut selfie dari tepian danau, pengunjung juga bisa jepret-jepret di kawasan pulau kecil ditengah danau yang disebut Pasir Santri tadi.

3. Jajan di warung

Sudah ada beberapa lesehan yang di tempat dolan yang satu ini. Ada pula sejumlah warung yang menjajakan aneka jajanan. Dengan adanya sejumlah stand kuliner semacam ini, tentu kita bisa melepas lapar dan dahaga plus menikmati hamparan waduk dengan lebih santuy lagi bukan.

Ada banyak menu memang, akan tetapi yang menjadi andalan adalah jagung bakar dan ubi bakar. Jika menghendaki menu lain bisa coba ikan bakar, sate marangi, ayam bekakak. sate ayam, sate kelinci, dan lain sebagainya yang tak kalah tenar.

Diluar suguhan yang menarik sebagaimana kita bahas diatas, ternyata wisata ini juga sudah dilengkapi dengan sarana peribadatan. Ada lahan parkir dan ada pula toilet yang memang sudah menjadi fasilitas wajib standar obyek wisata.

Tiket masuk Situ Wanayasa 2020

Ada yang menyebutkan bahwa harga tiket masuk Situ Wanayasa ini gratis, namun ada pula yang menyebutkan harga tiket masuk (HTM) sebesar 5 ribu rupiah. Manakah yang lebih benar. Jika memang demikian, maka gak perlu kuatir. Apabila memang gratis ya syukur, akan tetapi ternyata jika berbayar tetap murah kok, cuma 5k saja.

  • HTM: Rp. 5.000,-

Dengan estimasi tiket yang begitu murah, maka rasanya tak ada alasan lagi untuk tidak kesana. Maka tak pelak lagi kalau tempat piknik digadang -gadang sebagai tempat refresing yang ramah di kantong dan cocok untuk semua kalangan.

Menurut review dari salah seorang netizen, kamu perlu nhi menyiapkan uang receh. Pasalnya kemungkinan bakal ada sejumlah pengamen yang bakal nyamperin kamu saat berkunjung kesana.

Lokasi Situ Wanayasa

Sesuai dengan namanya, kalau danau buatan ini berada di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakara. Lokasinya pun berada di tempat yang strategis yakni berada di jalan alternatif rute Purwakarta – Wanayasa – Jalan Cagak Subang yang mana secara otomatis kerap dijadikan tempat melepas lelah oleh para pemudik. Selain itu, lokasinya ternyata juga tak jauh dari agrowisata dan kolam renang yang dikenal dengan Giri Tirta Kahuripan Purwakarta.

Jalan menuju ke destinasi ini pun terbilang lenggang dan tak ada traffic yang mengakibatkan kemacetan. Akan tetapi memang jalan menuju kesana mendaki, ya karena kawasan ini berada di ketinggian sektiar 600 mdpl yang juga disebut sebagai negeri diatas awan.

Dengan demikian sangat cocok sekali apabila Situ Wanayasa Purwakarta ini untuk disinggahi oleh siapa saja yang memang sekedar singgah maupun sengaja datang. Pasalnya saat datang ke obwis Situ Wanayasa ini maka kamu bisa mengunjungi sejumlah destinasi sekaligus “sekali dayung dua pulau terlampaui”.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *