Tiket Masuk Umbul Manten Klaten

Diposting pada

Meski sudah terkenal lama, tapi mungkin sebagain dari kamu masih penasaran berapa harga tiket masuk Umbul Manten Klaten ini? Tempat wisata air yang satu ini bisa dijangkau dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Selain bisa ciblon (bermain air dalam bahasa Jawa), kamu bisa berswafoto didalam air yang begitu jernih. Apalagi dengan view pohon – pohon besar di sisi sumber air ini, makin buat foto kamu tambah instagramable.

Tiket Masuk Umbul Manten KlatenNgomongin soal wisata air, terutama dengan konsep umbul (sumber air dalam bahasa Jawa) dan kolam Kabupaten Klaten memang tempatnya. Tidak hanya Ponggok yang sudah begitu terkenal ada beberapa destinasi lain yang lebih kecil seperti Umbul Pelem Wunut, Umbul Siblarak, Pesona Alam Tirta, dan tentunya Umbul Manten ini. Bonus sumber air yang melimpah menjadikan Kabupaten yang berada di selatan Solo ini arkab dengan wisata air.

Dengan histori yang semacam itu, maka tak heran sekarang semakin banyak sumber air yang tidak hanya sebagai keperluan irigasi untuk pertanian, melainkan area sumber itu sendiri sudah dikonsep menjadi tempat wisata. Ada yang memang sudah dikonsep secara khusus menjadi tempat wisata seperti Umbul Ponggok dengan wahana foto tak lazim didalam air, hingga yang masih tetap alami seperti di Umbul Manten.

Di tempat wisata air yang berada di Kecamatan Tulung ini, kamu tidak akan menemukan fasilitas sebanyak di Ponggok. Fasilitas tempat ganti juga masih apa adanya. Namun yang unik adalah, tempat ini benar – benar alami, terbentuk dari poses alam. Bahkan lantai hingga dinding kolam juga masih berupa bantu plus dengan hamparan sawah begitu jelas tanpa pembatas dengan lokasi utama.

  • Kamar Ganti
  • Mushola
  • Gasebo
  • Tempat jajan

Foto yang unik bisa kamu dapat adalah berfoto didalam air. Bukan dengan ikan, melainkan dengan latar dasar kolam dan akar pohon yang menancap kuat hingga ke dasar kolam. Selain itu, kejernihan airnya seolah mengajak kita untuk ciblon kesan kemari dan tentunya sembari selfie.

Tips bermain di Umbul Manten

Buat kamu yang mau bermain air di kolam alami dengan kedalaman sekitar 1,5 meter ini, kamu harus siap dengan air dingin. Hal ini karena, arinya merupakan sumber air, maka airnya terasa dingin. Menigngat hal tersebut, disarankan kamu pas siang hari, karena akan terasa sejuk. Namun kalau lebih dari jam 15.00, badan akan menggigil kedinginan.

  • Bawa baju ganti
  • Bawa handuk
  • Renang siang hari
  • Hati – hati dengan batu

Mengingat dasar kolam yang masih alami, kamu juga perlu memperhatikan bebatuan yang ada didalam air. Dimana akan berbeda dengan kolam renang pada umumnya yang tidak bebatuanya.

Lokasi Umbul Manten Klaten

Tiket Masuk Umbul MantenLokasi tempat wisata yang satu ini tidak jauh dari Umbul Pelem dan Umbul Nilo, dan Umbul Gede Dukuh. Bisa dibilang hanya bersebelahan. Jika dari arah Kartasura, silahkan kamu menuju arah Yogya. Silahkan belok kanan pada pertigaan setelah Bank BRI Tegalgondo yaitu masuk ke Jl. Tegalgondo – Janti. Jalan lurus hingga bertemu Pancingan Sederhana 8800, lalu belok kanan sudah sampai.

  • Alamat: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
  • Peta lokasi: Klik disini

Kalau disederhanakan bahasanya lokasinya adalah berada di derah dekat pancingan – pancingan janti. Mengingat daerah situ banyak tempat pancaingan. Kabar gembiranya sudah ada petanya di Google. Kamu gak perlu bingung mencari. Anak milineal pasti bisa baca map kan.

Tiket masuk Umbul Manten Klaten

umbul manten klatenMengingat fasilitasnya yang memang sebelum se komplit destinasi lain, harga tiket masuk Umbul Manten murah meriah. Kamu cukp bayar sebesar 3.000 rupiah saja. Lalu untuk retribusi parkirnya sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua. Cukup dengan lima ribu biaya yang kamu kelaur. Hemat dan tidak menguras kantong.

  • Harga tiket: Rp. 3.000, –
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Apabila kamu ingin bersantai, kamu bisa duduk ditikar yang sudah disediakan, namun kamu juga sambil jajan ya. Mengingat memang tikar tersebut disediakan untuk pelanggan warung. Harga jajanya cukup terjangkau. Menurut info yang ada hanya sekitar 10 ribuan saja. Salah satu yang wajib kamu coba adalah makanan dengan bahan cenil, selada air yang dijajakan sana. Kamu juga bisa jajanan desa pada umumnya seperti mendoan, gehu, dll.

Baca juga: Tiket Masuk Taman Bunga Puspa Naura Bayat

Nah sekarang kamu sudah tahu harga tiket masuk Umbul manten, lokasi, dan fasilitasnya. Selain itu sudah ada beberapa tips yang bisa saja kamu perlukan sebelum berenang di wisata yang masih alami dan asri ini. Oh iya, selain cocok buat dewasa, kolam ini juga buat bermain air anak – anak, karena kedalamnya yang variatif. Untuk anak – anak bisa dicarikan kolam yang dangkal.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *