Umbul Kendat Banyudono – Pemandian Bersejarah Boyolali

Diposting pada

Ada alternatif rekreasi yang bisa kamu coba saat datang ke Boyolali, namanya Umbul Kendat di Banyudono. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini menawarkan tempat ciblon. Tidak hanya nemawarkan air yang alami, lebih dari itu arinya bening dan bersih. Pasalnya air yang ada dikolam berasal dari Sumber mata air alami. Kesegaranya tidak diragukan lagi.

umbul kendat banyudono Tempat pemandian bersejarah ini selain cocok buat ciblon, juga sangat recommended banget buat wisata sejarah. Pasalnya tempat ini merupakan situs peninggalan kerjaaan Majapahit, lebih tepatnya pada sisi atas umbul terdapat petilasan Dyah Ayu Retna Kedaton putri kerjaaan Brawijaya V. Sembari bermain air bisa sekaligus napak tilas salah satu kerajaan yang sudah ada sejak zaman kerjaaan – kerjaaan nusantara namun belum begitu banyak diketahui orang ini.

Lokasi Umbul Kendat

Umbul kendat terletak tidak jauh dari Umbul Pengging. Lebih tepatnya berada di sisi utaranya. Sebagai ancer – ancernya berada di sebalah selatan Makam Kyai Ageng Kebo Kenongo. Umbul Kendat tepatnya terletak di Dukuh Plumbungan Desa Dukuh Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali dan sudah ada petanya dengan kata kunci “Pemandian Umbul Kendat’. Jadi kamu gak perlu kuatir menuju kesana.

  • Alamat: Dukuh Plumbungan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.
  • Map: Klik peta

Sejarah Umbul Kendat

Umbul kendat merupakan salah satu situs Hindu di Boyolali yakni peninggalan kerjaaan Majapahit. Tempat pemandian ini merupakan juga merupakan area petilasan, yakni dimana Dyah Ayu Retna Kedaton, salah seorang putri dari Kerthabumi atau lebih dikenal dengan Brawijaya V ( Raja terakhir Majapahit ) untuk melakukan moksa (bertapa).

Lokasi petilasan tersebut terletak pada sisi atas umbul ini, dimana terutup pada ruang tertentu yang tidak terlihat dari kolam. Boleh dibilang terpisah, namum tetap satu area. Kalau disimpulkan, Umbul Kendat terdiri atas dua bagian. Bagian yang pertama berupa petilasan yang strukturnya berbentuk makam. Pada bagian yang satunya lagi berupa pemandian dengan dua sumber mata air yang sangat jernih dan segar.

Tiket masuk Umbul Kendat Banyudono

umbul kendat boyolaliUmbul yang airnya dialiran dengan pipa besi ke Asrama Kandang Menjangan Katsasura sejak tahun 1965 untuk keutuhan para prajurit ini bisa kamu nikmati tanpa bayar alias gratis. Kamu cukup membayar tiket parkir saja. Bisa dibilang wisata gratis Boyolali.

  • Tiket: Gratis
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Meski gratis, wajib banget kamu menjaga kebersihan area Umbul, baik saat berada di dalam maupun diluar kolam.

Baca juga: Embung Slembi Mojosongo

Meski ukuran terbilang kecil, namun kamu akan mendapatkan kesegaran air disana, terlebih air di Umbul Kendat Banyudono yang begitu jernih. Selain itu, area ini tidak ada pengembangan sejauh ini, bisa saja karena sisi historis yang tetap dipertahankan. Oleh karenanya fasilitas disana memang apa adanya, karena memang belum bisa bilang sebagai tempat wisata. Namun bisa dibilagn sebagai tempat rekreasi dan sejarah.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *