Umbul Sungsang Boyolali – Wisata Air Murah Meriah

Diposting pada

Kawasan Pengging memang sudah terkenal sebagai tempatnya wisata air di Boyolali. Meski tak seterkenal Umbul Pengging  namun ada kolam alami bersumber mata air yaitu Umbul Sungsang Boyolali. Selain bisa diguankan untuk ciblon, tempat ini juga menarik dengan adanya sungai yang cukup lebar disampingya.

umbul sungsang boyolali
Src: DolanBoyolali

Apalagi dengan sejumlah ikan nila dengna ukuran yang cukup besar. Kamu bisa bersantai ditemani ikan yang kian kemari. Meski belum se modern Umbul lainya, namun kolam alami yang berada disisi masjid ini dibuka untuk umum dengan harga tiket yang murah.

Sejarah Umbul Sungang Boyolali

Tidak lengkap rasanya kalau kesana, namun belum tahu sejarahnya. Umbul dengan kedalaman antara 100 – 150 cm ini konon arinya beraal dari pohon berigin. Dimana pohon ini mengeluarkan air secara terus menerus. Oleh karenaya, masyarkat menyebutnya dengan ‘sungsang’.

umbul sungsangPotensi air yang ada disana rencananya akan dialairan ke Panasan (istilah untuk menyebut areal Bandara Adi Sumarmo oleh orang Boyolali). Akan tetapi plumpung (pipa bahasa dalam Bahaasa Jawa) yang digunakan untuk mengalirkan air tersebut jebol (rusak). Dengan gagalnya rencana tersebut maka areal tersebut disebut Umbul Plumpung, diamana lokasi masih satu kompleks dengan Umbul Sungsang.

Rute ke Umbul Sungang

Umbul Sungsang teletak tidak jauh dari Pasar Pengging. Setibanya di pasar Pengging silahkan coba dicari Gerbang masuknya yang berada di barat jalan. Masuk ke jalan selepas gerbang tersebut hingga mentok. Pintu masuk Umbul ini berada di kanan jalan dengan ancer – ancer sebelum Masjid Cipto Mulyo.

  • Dari arah Solo: Solo, Kartasura, Bangak, Lampu Merah Pengging belok kiri (pertigaan), Pasar (belok kanan), lokasi
  • Dari arah Semarang: Semarang, Boyolali, Lamu Merah Pengging belok kanan (pertigaan), Pasar (belok kanan), lokasi

Alamat Umbul Sungang

Umbul Sungsang ini terletak di desa Bendan Kecamatan Banyudono Boyolali. Kalau dari arah selatan otomatis kamu melewati Umbul Leses dan Umbul Pengging. Apalagi sudah ada petanya di Google, makin mudah untuk menemukanya di Google.

  • Alamat:  Desa Bendan, Kec. Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Loc: Peta Google

Sebagai tambahan, umbul ini tetaknya tidak begitu jauh dari kompleks Umbul Tirtomarto (Temanten, Dudo & Ngabean). Secara otomatis pengunjung juga bisa memilih salah satu dari kolam dengan sumber mata air tersebut.

Harga tiket masuk Umbul Sungsang Boyolali

Kamu hanya dikenakant harga tiket masuk sebesar 5 K saja di Umbul Sungsang ini. Lalu untuk retribusi parkir motor cukup 2 K saja. Selain tiket yang masih murah, harga makanan dan minuman disana juga murah. Disana ada aneka gorengan seperti tahu, tempe, pisang goreng, bakwan dan lain sebagainya.

  • HTM : Rp. 5.000,-
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Sebagai contoh, kamu bisa pesan teh panas gula batu cukup dengan harga Rp 3.000.

Baca juga: Menara Pandang Kaca Boyolali di KRIB

Meski tidak seterkenal Umbul lain, namun Umbul Sungsang di Desa Bendan ini bisa menjadi altenatif wisata air. Selain bisa buat kungkum (bersantai di air) pengunjung juga bisa ciblon di kolam yang jernih sembari di temani ikan – ikan di tempat pemandian alami ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *