Kolam Renang Cinta Liyangan Temanggung

Diposting pada

Ingin menikmati wisata sejarah sambil ciblon seru di Temanggung? Kamu bisa tu langsung datang ke Kolam Renang Cinta Liyangan. Kolam yang terdiri dari 3 bagian ini menawarkan sensai mandi dengan air seger. Ada kolam anak – anak, kolam berbentuk hati, dan satu kolam cukup besar dengan kedalaman air sekitar 1 sampai 1,5 meter.

Kolam Renang CintaDengan desain diding kolam dari batu menambah kesan alami tempat ini. Apalagi sumber airnya dari Gunung Sindoro. Selain adem juga seger nhi. Terutama kece banget kalau buat foto – foto.

Sekilas kolam Renang Cinta Liyangan

Keberadaan kolam Liyangan ini tidak bisa lepas dari keberadaan Candi Liyangan. Hal ini karena lokasi kolam berada tidak jauh dari situs peninggalan zaman Mataram kuno tesebut. Secara otomatis jika ingin berkunjung kesana kamu sekaligus bisa mengujungi situs yang diperkirakan lebih besar dari Candi Borobudur ini.

Candi Liyangan

Namun sebenarnya situs bersejarah ini bukanlah candi, melainkan semacam Kadipaten (kawasan penduduk). Hal ini terlihat dari adanya temuan – temuan pasca ekskafasi seperti susuna batu menyerupai jalan, tembikar, arang bekas kayu pendopo, altar, rumah, pagar, dan lain sebagainya.

Mengapa disebut Kolam Cinta

Mungkin banyak dari netizen yang penasaran “mengapa disebut kolam cinta”. Ternyata usul punya usul ternyata karena bentuk salah satu kolamnya yang menyerupai hati, yang mana nama ini disematkan oleh Penduduk sekitar.

kolam renang cinta liyanganSelepas jalan – jalan menikmati keindahan candi, kamu bisa langsung ngadem di Kolam Renang Liyangan ini. Apalagi airnya yang jernih dan bersumber dari mata Air Gunung Sindoro cocok banget buat ngadem.

Rute perjalanan

Perjalanan mencapai lokasi dari Temanggung kota sektiar 45 menit. Rute perjalanaya yaitu Terminal Parakan РTugu Ngadirejo РSitus Liyagan. Dari terminal Parakan silahkan menuju ke arah Pasar Ngadirejo lalu tetap lurus hingga bertemu Tugu Ngadirejo yang juga dikenal dengan Tugu Geseng.  Dari tugu ini bisa langsung menuju ke areal Candi Liyangan. Nah lokasi Kolam Cinta berada di kompleks candi yang sedang dipugar tersebut.

kolam renang cinta liyanganAreal kolam terbilang bersih, namun untuk menuju kesana kamu harus melewati jalan perkampungan, dimana jalnaya hanya cukup untuk 1 mobil. Jadi harus hati- hati ya.

Lokasi Kolam Renang Cinta Liyangan

Kolam Renang ini berada di Dusun Liyangan. Karena satu areal dengan Situs Liyangan, kamu bisa mencarinya dengan keyword tersebut. Agar lebih cepat dan gampang. Berikut informasi map dan alamatnya.

  • Alamat: Dusun Liyangan, Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Peta lokasi: Klik disini

Harga tiket masuk

Kolam renang yang berada satu kompleks dengan Candi Liyangan ini harga tiket masuknya cuma 8 ribu  saja. Lalu untuk retribusi parkir hanya 2 ribu saja. Sebagai fasilitas tamabahan, disana sudah ada beberapa gazebo, 3 bilik bilas, 2 kamar mandi, dan 1 warung.

  • Tiket masuk: Rp. 8.000
  • Parkir: Rp. 2.000

Baca juga: Tiket Masuk Embung Kledung

Meski Kolam Renang Cinta Liyangan Temanggung ini masih baru, namun situs bersejarah disampingnya sudah lama dikenal masyarkat. Oleh karenanya disana juga sudah penjaja makanan yang berada di lahan parkir dan di samping kolam “lumayan kan buat pengganjal perut”.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *