Wisata Alam Taruwongso – Deskripsi, Tiket, Lokasi, dan Jalur.

Diposting pada

Obyek Wisata Alam Taruwongso dan wisata religi Gunung Taruwongso yang berada di Tawangsari Sukoharjo memang ramai dikunjungi oleh para pelancong. Kawasan pegunungan yang berbatu ini berbeda dengan dengan gunung pada umumnya, pengunjung bakal dimanjakan dengan pemandangan alam dari puncak berupa hamparan sawah yang luas dan rumah-rumah penduduk. Di kawasan gunung juga terdapat pohon-pohon besar yang rindang, yang mana kerap dijadikan tempat berteduh bagi wisatawan.

Wisata Alam Taruwongso
instagram.com/reym0n_20

Tak hanya sibuk di siang hari, pada malam hari pun juga masih ada lalu lalang pengunjung baik mereka yang camping maupun ziarah. Bahkan suasana berbeda layaknya bukit bintang, kamu bakal bisa melihat gemerlap cahaya lampu rumah penduduk dan jalanan.

Tempat piknik yang sebenarnya berupa bukit ini menawarkan suasana yang lumayan tenang. Agar bisa mencapai puncak, anda pun tidak perlu bersusah payah, karena cukup bukit ini tidak terlalu terjal dan sudah ada tangga untuk memudahkan mendaki. Bahkan sudah ada jalur motor menuju keatas, jadi mendaki tangganya tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, kamu bisa menikmati keindahan wisata alam dengan cara yang gampang. Apalagi udaranya yang sejuk, cocok untuk relaksasi selepas satu minggu full.

Deskripsi Gunung Taruwongso

Meski sederhana, namun obwi sini syarat akan cerita dan nuansa budaya. Salah satu keunikannya adalah adanya beberapa batu yang berbentuk sepasang mempelai pria dan wanita ‘batu manten’ dengan legenda tertentu. View di kawasan ini juga begitu menarik, lebih asik lagi karena beberapa hal berikut ini.

Rumah pohon

Tempat dolan yang satu ini juga sudah didirikan beberapa rumah pohon. Di lokasi ini nyaman untuk bersantai, yang mana bisa kamu capai dengan turun sedikit disebelah kiri.

Mata air

Kamu perlu turun sedikit lagi untuk menyambangi mata air yang berkualitas dan sangat berbeda sekitar Gunung Taruwongso. Air disana jernih dan menyegarkan, namun mengandung sedikit kapur.

Wisata religi

Selain terkenal akan pesona alamnya, ternyata destinasi ini juga terkenal sebagai salah satu wisata religi Sukoharjo. Terbukit, banyaknya peziarah yang datang ke destinasi ini malam-malam. Di sebelah kanan juga terdapat makam tokoh masyarakat zaman dulu, yang mana semakin menambah atmosfer religius obwis ini.

Meski berada di beberapa puluh meter, namun tetap ada warung makan. Jika ingin ke toilet, kamu juga perlu datang ke warung tersebut, karena memang gak ada tersedia toilet di dekat lokasi wisata. Tak perlu mengkhawatirkan soal luasan area parkir, karena lahan parkir luas bahkan muat untuk motor dan mobil sekaligus.

Harga tiket masuk Gunung Taruwongso

Sejauh ini tidak ada pungutan biaya masuk menuju ke Gunung Taruwongso ya bisa dibilang gratis seperti halnya di Taman Pakujoyo Sukoharjo. Paling kamu cukup keluar budget untuk penitipan kendaraan saja dan pastinya juga murah yakni cuma 2k saja itupun kalau pas ada yang jaga, kalau gak ada jaga ya free dech. Dengan demikian, kamu bisa menikmati suguhan alam dan mengulik budaya dan sejarah di kawasan ini gratis.

  • Tiket masuk: free
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi wisata Alam Taruwongso

Seperti kita tahu, kalau destinasi yang satu ini berada di ketinggian. Dengan demikian, kamu diharuskan untuk menempuh perjalanan yang menanjak. Apabila masih ragu, bisa cari di Google Maps. Kurang lebih seperti berikut alamat lengkapnya.

  • Alamat: Desa Watubonang, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Akses jalan

Akses jalan menuju tempat ini tidak begitu sulit. Dari arah Tugu Tawang (depan kantor Kec. Weru), kamu bisa ambil arah utara hingga menjumpai perempatan Tengklik (di dekat pom bensin). Dari perempatan tersebut, kamu bisa belok kanan (arah timur). Tak jauh dari situ yakni disebelah kanan sudah ada Gapura Gunung Taruwongso. Langsung lurus saja sampai kamu kamu menemukan makan dan sekaligus akan menemukan jalan mendaki ke puncak.

Jalan menuju ke puncak ternyata cukup mudah. Sudah ada tangga yang dibangun warga sekitar yang bakal memudahkan kamu sampai di puncak. Jalan yang sudah baik ini juga sudah terhias warna-warni yang menjadikan destinasi ini layak masuk bucket list travel kamu.

Wisata Sukoharjo yang disebut Wisata Alam Taruwongso ini memiliki potensi yang besar. Sayangnya, destinasi ini belum dikelola secara maksimal dan manfaatnya belum begitu terasa bagi warga sekitar, terutama dari sisi ekonomi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *