Air Terjun Jurang Sundo – Tiket Masuk dan Lokasi

Diposting pada

Tak dipungkiri kalau Tawangmangu memang menyimpan segudang potensi wisata, salah satunya adalah Air Terjun Jurang Sundo ini. Tak melulu Grojogan Sewu, namun ada curug dengan eksotisme alami dan fresh serta memiliki daya tarik tersendiri.

Air Terjun Jurang Sundo
instagram.com/mudopala

Meski tak begitu tinggi yakni sekitar 9 meter, namun jangan salah, aliran air begitu deras dan debit debit air cukup besar. Selain ada grojogan utama, disebelah kirinya juga terdapat grojogan kecil yang bersumber dari satu aliran.

Pesonanya yang memikat pun banyak menarik perhatian baik untuk nyemplung ke air maupun sekedar berswafoto. Apalagi airnya begitu jernih dan terasa dingin serta tidak kering sekalipun pada musim kemarau.

Keseruan Grojogan Jurang Sundo

Grojogan Jurang Sundo yang memang menarik untuk dikunjungi. Selain bisa melihat air terjun kamu pun bisa seru-seruan disana. Berikut daftar alasanya.

Grojogan

Tidak lain dan tidak bukan pastinya, netizen ingin membuktikan seperti apa sih air terjun Jurang Sundo ini secara langsung. Nah selain memang eksotis sedap dipandang, tentunya kece bukan untuk foto-foto

Bermain air

Kolam alias sunga di depan air terjun tidak begitu dalam. Di areal ini pengunjung bisa berendam atau sekedar bermain air. Airnya pun jernih dan menggoda.

Kolam ikan

Disebelah sungai terdapat kolam ikan milik warga setempat. Khas dengan warna merahnya, lumayan untuk sekedar dilihat-lihat.

Dengan suasana yang asri dan alami, tempat ini cocok untuk mendapatkan keheningan dan bersantai ditemani gemericik air serta asik buat seru-seruan bersama teman.

Tiket masuk Air Terjun Jurang Sundo

Belum ada ada biaya masuk ke obyek wisata ini alias tiket masuk Air Terjun Jurang Sundo Tawangmangu masih gratis lho. Sehubungan belum adanya loket dan retribusi masuk, kamu bisa memberi dengan sukarela atau seikhlasnya kepada yang ada disana.

  • HTM: masih gratis

Pengunjung cukup membayar retribusi parkir saja sebagai jasa penitipan kendaraan.

Lokasi Jurang Sundo

Meski belum begitu terkenal kaya Air Terjun Jumog, namun titik lokasinya sudah ada di map lho dan tak jauh dari Grojogan Sewu, namun kamu harus lewat jalan kampung berupa tanjakan dan turunan curam. Lalu nama tempatnya di Map adalah “Air Terjun Jurang Sundo”.

  • Alamat: Desa Nglurah RT 01 dan 02 RQ 10 , Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Rute Air Terjun Jurang Sundo

Rute destinasi ini tidak sulit. Dari Terminal Tawangmangu ambil arah timur sekitar 300 meter hingga berjumpa Wisma Kartini. Di sebelah wisma tersebut ada gang ke kanan. Masuk ke gang tersebut hingga mentok, lalu belok kiri. Dari sinilah kamu akan ditantang untuk menuruni jalan yang curam dan berkelok tajam. Setelah beberapa saat, tibalah di air terjun yang berada di sebelah barat kampung.

Grojogan Jurang Sundo
instagram.com/tentangkaranganyar

Menurut info yang ada, obyek ini masih dalam tahap pembangunan sarana dan prasarana. Dengan demikian, kedepannya, tempat ini bakal akan lebih menarik lagi.

Selain itu, sangat disarankan untuk tidak mandi tepat dibawah air terjun untuk menghindari benda atau sampah yang jatuh dari atas. Mumpung belum bayar, buruan cek Air terjun Jurang Sundo Nglurah, Tawangmangu, Karanganyar dan nikmati suasana pegunungan yang sejuk dan dingin yang ada disana.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *