Air Terjun Kedung Macan Sepakung – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Air Terjun Kedung Macan Sepakung merupakan salah satu objek di Desa Wisata Sepakung.  Sesuai dengan namanya, destinasi ini menawarkan grojogan, namun tanpa macan (harimau). Obyek ini yang tersembunyi ini menawarkan grojogan yang cukup tinggi dengan dengan debit air yang sedang, namun cukup deras.

Air Terjun Kedung Macan Sepakung
instagram.com/yumnakbt

Obyek ini pun bisa dicapai dari arah Bukit Cinta menuju ke arah Pasar Gilang. Dari pasar itu ada pertigaan silahkan belok kanan menuju ke Desa Sepakung. Rute menuju kesana pun berkelok-kelok dan menanjak, jadi pastikan kamu menggunakan kendaraan dengan kondisi prima, terutama rem.

Sejarah Kedung Macan

Penyematan nama Kedung Macan pada curug yang satu ini memang tidak lepas dari faktor historis. Menurut cerita yang berkembang pada masa lampau tempat ini kerap ditemui beberapa Harimau yang sedang minum di kedung (sisi sungai yang dalam) di depan grojogan ini.

Kejadian ini  pun kerap ditemui warga, oleh karenanya lokasi ini dinamakan Kedung Macan yang mana terinspirasi dari kisah yang ada pada masa itu.

Pesona Curug Kedung Macan

Keindahan air terjun ini layak diperhitungkan karena air terjun ini berada di ketinggian antara 700 – 100 mdpl memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Aliran air terjun ini langsung terjun lurus ke bawah tanpa ada hambatanya.

Di bawah air terjun ini juga ada semacam kolam kecil. Kolam ini memang sengaja dibentuk oleh warga sekitar dengan tumpukan batu. Terlihat jelas bahwa dibawah air terjun ini ada banyak batu kecil dan pasir, namun jug ada batu dengan ukuran besar.

Tidak hanya itu saja, di sekeliling air terjun juga banyak ditumbuhi tanaman perdu yang menjadikan dinding tebing menjadi menghijau.

Susana pun semakin asri yang cook buat kamu yang ingin mencari suasana sunyi dan asri. Agar kamu bisa melihat aliranya lebih maksimal, akan lebih baik datang pada saat musim penghujan, karena kalau kemarau debit airnya berkurang.

Tiket masuk Air Terjun Kedung Macan

Informasi besaran tiket masuk Air Terjun Kedung Macan Sepakung ini belum ada. Bisa saja masih gratis, karena memang obyek ini belum dikelola layaknya tempat wisata. Sekalipun ada mungkin harganya murah, karena obyek serupa seperti Air Terjun Kembar Bolodewo.

  • HTM: –

Lokasi Air Terjun Kedung Macan

Lokasi obyek ini tidak sulit ditemukan, apabila kamu pernah mengunjungi wisata Gumuk Reco atau Cemoro Sewu pasti melewati tempat ini. Apalagi memang masih berada di Desa yang sama yakni di Desa Sepakung, namun  sudah masuk ke Dusun Nglimut.

  • Alamat: Dusun Nglimut, Desa Sepakung, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah

Apabila kamu ingin mencoba mencari di Peta Google, bisa coba dengan kata kunci “Air Terjun Kedung Macan Sepakung”.

Kedung Macan Sepakung
instagram.com/soerya_ardiansyah

Arel parkir juga belum tersedia dengan baik, oleh karena pengendara bisa parkir di dekat sawah. Lalu dari situ cukup berjalan menyusuri jalan setapak selama 5 menit, maka tibalah di lokasi yang ditunggu-tunggu.

Meskipun belum sepenuhnya jadi tempat wisata, namun Air Terjun Kedung Macan Sepakung Semarang layak kamu kunjungi. Apalagi buat kamu yang sudah bolak -balik ke Gumuk Reco dan Cemoro Sewu Jingkol, masak iya belum pernah mampir, padahal melewati tempat ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *