Air Terjun Kembar Bolodewo – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Curug atau Air Terjun Kembar Bolodewo memang belum populer, bahkan bisa saja kurang dikenal di khalayak umum. Meski demikian, namun ternyata objek ini menyimpan pesona yang menarik dan tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Pasalnya di tempat ini ada curug yang disebut kembar, yang mana bisa kamu kunjungi sekaligus “beli satu gratis satu” begitulah gampangya.

Air Terjun Kembar Bolodewo
google.com/maps

Meski dinamakan kembar, namun sebenarnya tidak kembar. Tidak seperti di Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang yang mengalir pada satu aliran, namun di Bolodewo ini berbeda lokasi. Entah mengapa disebut kembar, meski demikian obyek ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik air Terjun Bolodewo

Sebelum mencapai titik lokasi, pengunjung harus menempuh berjalan dengan tracking (jalan kaki) sejauh 700 meter. Menariknya, kamu pun akan disuguhkan dengan pemandangan sawah dan ladang penduduk sekitar.

Akan tetapi memang akses menuju kesana masih ala kadarnya, bahkan dikabarkan masih ada pacet dan kadal. Bahkan apabila beruntung, kamu bisa menjemput monyet disana.

Ada dua air terjun memang di tempat ini. Pada grojogan yang pertama ketinggianya mencapai sekitar 50 meter dan pada air terjun kedua ketinggian sekitar 70 meter dengan jarak antar keduanya sekitar 100 meter. Air terjun pertama tidak begitu tinggi namun dengan aliran lebih deras, sedangkan air terjun yang kedua lebih tinggi, namun dirinya tidak begitu besar.

Selain aliran air yang bersih, air tidak langsung jatuh kebawah, namun seolah merambat di dinding tebing. Tentunya hal ini memberi kesan tersendiri pada curug ini.

Selain itu, sekarang ini kamu gak perlu menyebrang sungai untuk mencapai sana, karena sudah ada jembatan bambu. Di depan grojogan juga ada semacam kursi untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang indah.

Harga tiket Air terjun Kembar Bolodewo

Hingga saat ini belum ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung atau bisa bilang harga tiket masuk Air Terjun ini gratis. Namun pengunjung harus membayar tiket parkir sebesar 4k per kendaraan. Meski demikian, tetap murah kan sob “ngirit jumpit lah”.

  • HTM: –
  • Parkir: Rp. 4.000,-

Lokasi Air Terjun Kembar Bolodewo

Air terjun kembar ini berada di Desa Wirogomo, yang mana lokasinya bersebelahan dengan dengan Air Terjun Mbah Senggol dan Puncak Gunung Kelir di lereng Gunung Kelir.  Keberadaanya perbatasan dengan Kecamatan Ambarawa namun dibatasi oleh Bukit. Letak wisata ini pun bener benar berada ditengah dan seolah terjepit antara Gunung kendil dan Gunung Kelir.

  • Alamat: Dusun Krajan, Desa Wirogomo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah

Jika dari arah arah Wisata Gumuk Reco masih ke arah Barat melewati Desa Wisata Sepakung. Titik lokasinya pun juga sudah ada di Google Map yang cukup membantu untuk memudahkan dalam mencari keberadaanya.

Rute Air terjun

Meski belum viral, namun ternyata rute menuju kesana sangatlah mudah, bahkan dari arah manapun. Dari arah Stasiun Kereta APi Ambarawa silahkan ambil lurus menuju ke desa Wirogomo dengan jarak sekitar 7 KM dengan medan menanjak.

Tak salah apabila anda menyempatkan diri datang ke Air Terjun Kembar Bolodewo Banyubiru Semarang. Dengan suasana yang alami dan asri cocok buat anda yang memang punya jiwa petualang. Mengingat track masih apa adanya dan fasilitas juga belum banyak, pastikan kamu membawa bekal ya gengs.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *