Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Ternyata di Magelang ada tempat pemandian yang unik yaitu Pemandian Air Panas Candi Umbul. Sesuai dengan namanya, obyek ini menawarkan tempat berendam yang lebih tepat disebut air hangat karena memang tidak panas. Air kolam di Candi Umbul Magelang ini pun tidak berbau, namun disinyalir masih ada kadar belerang yang terkandung didalamnya.

Candi Umbul Magelang
instagram.com/annas5758

Bukan sembarang pemandian, ternyata Umbul Candi merupakan situs purbakala berupa tempat pemandian peninggalan zaman Wangsa Syailendra. Di tempat ini pun masih terlihat bekas-bekas peningalan bagunanan kerajaan yang dilindungi sebagai cagar budaya. Meksi sudah begitu lama, namun obyek ini masih berfungsi bahkan dibuka untuk umm.

Keunikan Umbul Candi

Bisa dikatakan Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang ini lain dari yang lain. Bukan sekedar tempat pemandian, namun lekat akan nilai historis yang menyelimutinya.

Air hangat

Obyek ini menawarkan kolam air hangat. Keunikan semacam unik jarang ditemukan di tempat lain dan inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

Khas kerjaan

Meski dibuka untuk umum, namun tempat ini masih tergolong cagar budaya. Kenapa demikian? Jelas terlihat kesan bekas-bekas reruntuhan candi di tempat ini. Suasana yang khas ini pun bisa saja tidak ada di tempat lain.

Alamat Candi Umbul

Pemandian air hangat Magelang yang dikenal dengan Candi Umbul ini berada tak jauh dari jalan utama Jogja Semarang yang mana searah dengan Rawa Pening dan searah Dusun Semilir Semarang. Lokasinya hanya berjarak 4,7 km dari jalan utama tersebut. Sudah ada penunjuk arahnya di daerah Grabag jadi gak perlu kuatir kesasar.

  • Loc: Jalan Candi Umbul, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Candi Umbul Magelang

Cagar budaya yang dibuka untuk umum ini dibandrol dengan harga tiket masuk sebesar 7k untuk pengunjung dewasa dan 6k untuk anak-anak. Lalu untuk tarif retribusi parkir kendaraan roda dua adalah 2k.

  • HTM dewasa: Rp. 7.000
  • HTM anak-anak: Rp. 6.000
  • Parkir: Rp. 2.000

Tips di Candi Umbul

Pemandian Air Panas Candi Umbul
instagram.com/dia_ndipu

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu memutuskan ingin menyambangi obyek wisata bersejarah ini. Mengingat tempat ini merupakan cagar budaya yang berupa tempat pemandian.

  • Bawa baju ganti. Buat kamu yang memutuskan ingin menjalal berendam pastikan kamu bawa baju ganti. Gak mau kan pulang dalam keadaan basah kuyup
  • Bilas. Selepas berendam pastikan kamu bilas. Sudah ada kamar mandi dan toilet yang bisa kamu gunakan.
  • Datang pagi. Buat kamu yang pengen merasakan punya private pool atau ambil gambar lebih baik datang pagi, karena lebih begitu banyak orang dan tentu bisa pilih angel yang pas. Tempat ini ini sudah buka dari jam 6 pagi kok.
  • Menjaga bagunan. Kudu diperhatikan banget, selain membuang sampah pada tempatnya, kamu harus benar-benar menjaga bagunana yang ada disana. Bagunan-bangunan ini peninggalan sejarah yang berharga. Oleh karenya no corat-coret, melompat, memindahkan, dan merusak bangunan maupun batuan disana.

Meski tak semeriah dan seheboh di kolam renang, namun perlu digarisbawahi bahwa Pemandian Air Panas Candi Umbul Grabag Magelang ini memiliki keunikan tersendiri. Cocok buat kamu yang mau ingin mencari tempat pemandian namun dengan suasana khas kerajaan zaman dulu seperti halnya di Umbul Tirtomulyo Boyolali.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *