Bukit Banda Kalikemong – Negeri diatas Awan Kebumen

Diposting pada

Julukan negeri diatas awan memang disabet di kawasan Dieng. Namun menikmati lautan awan nan indah gak perlu ke Banjarnegara atau ke Wonosobo, di tempat Wisata Bukit Banda Kalikemong Kebumen pun tak kalah menarik terutma gumpalan awanya.

Bukit Banda KebumenView 360 derajat alias segala sisi bisa kamu dapat disini. Hal ini karena bukit ini berada diujung dimana sisi kiri kananya berupa lembah. Selain bisa menikmati keindahan panorama alam dari atas bukit, kamu juga bisa camp disini untuk dapat sunset hingga sunrise.

Pesona Bukit Banda Kalikemong

Sepintas memang tidak ada apa-apa di Bukit Banda Kalikemong ini. Kamu hanya menemukan tulisan 347 mdpl diplat merah dan pohon jati mati. Namun dibalik itu, ternyata ada pesona yang sayang banget kamu lewatkan.

Camp area

Bukit Banda KalikemongDengan lokasinya yang berada diketinggian, tempat ini asik banget kuat camp. Selain bisa membawa peralatan camping sendiri, kamu juga bisa menyewa tenda dan perlatan di pos bukit, lalu lanjut dech bermalam disana.

Sunset

Gak sempet dapat sunrise? Kamu masih bisa dapat sunset dari bukit yang tidak terlalu luas ini. Pastikan datangnya pada siang menjelang sore ya.

Sunrise

Pagi harinya kamu akan disuguhkan pesona matahari terbit nan elok. Apalagi ditambah dengan view gunung nan indah, termasuk Gunugn Sindoro dan Gunung Sumbing. Bonus dech buat yang udah camping disini.

Lautan awan

Kalau kamu lagi beruntung, kami bisa menikmati lautan awan diatas bukit layaknya di khayagan. Awan nanputih ini sering dijekar jadi latar foto. Agar dapat moment ini, lebih baik berangkat subuh dari arah Kebumen, jadi bisa tiba dilokasi pagi hari misal setengah 6 atau setengah 7.

Sangat dianjurkan datang saat musim kemarau atau saat tidak mendunga. Namun bila siang menjelang sore, bisa saja awanya sudah pergi yang terlihat hanya pedesaan yang gersang.

Kalau ingin menghindari teriknya matahari, lebih baik kamu datang pagi atau sore. Hal ini karena diatas bukit cukup panas dan kurangnya tempat berteduh. Cuma ada satu tempat semacam gubug disisi bukit. Namun sekarang ini menurut kabar terbaru disana sudah ada semacam warung juga, sumber air bersih, dan areal parkir.

Jalur Bukit Banda Kalikemong

Sebenarnya jarak dari tempat parkir dengan titik wisata hanya sekitar 10 menit tracking. Namun kondisi jalan menuju ke lokasi terbilang ekstrim. Selain itu, kamu harus menempuh jalan naik turun sebelum sampai lokasi.

Terdapat dua rute menuju ke tempat wiata ini. Pertama via Karangsambung dan yang kedua via Alian. Rute via Mertokondo-Karangsambung memang lebih pendek, namun jalurnya sangat menantang. Sangat disarankan untuk menuju ke lokasi via Alian, termasuk dari jika dari arah Wonosobo. Jalur lebih mendingan dari via Karangsambung.

Lokasi bukit Banda tidak jauh dari pusat kota Kebumen, yakni dengan jarak tempuh sektiar 1 jam. Saat musim hujan jalan menuju bukit licin, jadi tidak disarankan. Apalagi disisi samping sudah berupa jurang.

Lokai Bukit Banda Kebumen

Tempat wisata ini berada di Dk Kalikemong, yang mana tempat ini juga kerap disebut ‘Bukit Banda Kalikemong’. Meski dipuncak, namun sudah ada map untuk mencari lokasinya. Silahkan cek berikut ini.

  • Alamat: Dukuh Kalikemong, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Peta lokasi: Klik disini

Harga tiket masuk Bukit Banda Kalikemong

Tempat wisata dengan view lautan awan bak kapuk ini bisa kamu datangi dengan harga tiket masuk cuma 5 K saja. Dimana HTM tersebut sudah sama sekalian parkirnya.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

Menginga akses jalan yang terjal serta turunan yang curam pastikan kamu eksta hati – hati saat berkendara dan terutama kendaraan juga harus benar-benar fit.

Baca juga: Kolam Renang Watugede

Tempat wisata Bukit Banda Kalikemong Kebumen cocok untuk menghabiskan libur akhir pekan. Apalagi dengan pemandangan yag memanjakan mata. Namun perlu diperhatikan, mengingat jalanya sempit, areal hanya bisa ditempuh dengan roda dua. Lalu untuk roda empat bisa nekat namun jalan keatasnya terlalu jauh.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *