Curug Kembar Mayang, Panorama Indah di Kaligesing Purworejo

Diposting pada

Masih ngomongin akan potensi wisata di Purworejo. Kali ini ada yang cukup menarik perhatian yaitu di Kecamatan Kaligesing namanya Curug Kembar Mayang. Sepintas kalau mendengar Kaligesing kita akan terpatu dengan duren, manggis, atau kambing etawa. Namun ternyata ada curug nan indah dan ramah di Desa Donorejo.

Curung Kembar Mayang KaligesingCurug yang searah dengan wisata Gua Seplawan ini menawarkan ari pengunungan yang segar. Ditambah panorama yang indah berupa dua aliran yang dianggap kembar dibibir tebing menjadikan keunikan tersendiri. Apalagi dengan aliran yang tidak terlalu kecang, kamu bisa benar – benar mandi dibawah aliran air terjunya.

Aktivitas di Curug Kembar Mayang

Berbeda dengan curug lain yang tinggi dan aliranya yang deras. Justru dengan aliran dan debit air yang tidak begitu besar, kamu bisa mendapatkan rekreasi yang lebih di wisata Kaligesing ini. Nah biar tambah ngeh dan ada persiapan saat mau kesana, yuk kita lihat aktivitas apa yang bisa kamu lakukan disana.

Jepret-jepret

Dengan pemandagan alam yang begitu indah, sudah tidak diragukan lagi dech keindahanya. Mantap dech kalau mua buat swafoto atau ngeVlog. Yang unik memang ada dua air terjun utama dalam satu tempat, yang mana atas alasan itu juga grojogan ini disebut “Curug Kembar Mayang”.

Mandi

Gak bisa dibisa dibilang berenang sih, tapi lebih tepatnya mandi. Soalnya kolam alami (kedung) yang ada didepan curug ini tidak dalam. Bisa dibilang justru malah aman sih. Nah yang bikin beda dari curug lain, kamu bisa tu mandi dibawah aliran air terjun. Mengingat aliranya tidak terlalu kuat, jadi aman tu mendapat siraman dari air curug.

Meski sebenarnya cukup potensial, namun sayangnya fasiltias lain seperti toilet atau kamar ganti, gasebo, dan tempat jajan belum tersedia disini. Kalau ingin parkir, bisa dititipkan dirumah warga yang memang disediakan sebagai lahan parkir.

Lokasi Curug Kembar Mayang

Tempat wisata Kaligesing Purworejo ini berada di Desa Donorejo. Lokasi gak sulit dijangkau, pasalnya searah dengan Goa Seplawan dimana jalananya terbilang baik. Kamu cukup belok kearah curug sebelum sampai di wisata Goa Seplawan dengan jarak sekitar 2 KM.

  • Alamat: ¬†Dusun Ngedok, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.
  • Peta: Klik map

Selepas dari areal parkir, kamu cukup berjalan antara 10 – 15 menit. Gak terlalu jauh bukan.

Rute Curug Kembar

Tinggal ikuti arah ke Goa Sepalwan atau Goa Nguwik maka secara otomatis juga bisa menemukan tempat ini. Apalagi plang penunujuk arah ke wisata Goa tersebut ada dimana-mana. Namun buat kamu yang memang masih asing dengan Goa Seplawan, kita akan bahas dikit.

Curung Kembar MayangRute yang bisa kamu tempuh setidaknya ada tiga arah. Dari arah alun-alun Purworejo, dari arah Bagelan, dan dari arah Kulonprogo.

Dari arah alun-alun Purworejo silahkan ambil jalan menuju Kali Gesing. Setelah sampai di pertingaan menuju ke Curug Silagit silahkan ambil kanan. Ikuti jalan tersebut sampai disektiar pasar Donorejo, silahkan ambil kanan. Nah lokasinya berada di kanan jalan.

Dari arah Bagelen silahkan ambil kanan arah Cangkrep. Setelah sampai di perempatan Kemanukan (samping Balai Desa) silahkan ambil kanan searah dengan rumah Wr Supratman. Selelah sampai di Balai Desa Somongari, tetap lurus. Sesampainya di pertigaan Donorejo ambil kanan dan lokasinya ada di kanan jalan.

Dari arah Kulon Progo atau wisata Taman Sungai Mudal kamu  bisa ke arah Hutan Pinus Kalilo, lalu ikut jalan hingga tembus Jl. Goa Seplawan.

Harga tiket masuk Curug Kembar

Pengunjung dikenakan harga tiket masuk (HTM) sebesar 5 K saja. Dengan harga tiket yang murah kamu bisa menikmati keindahan alam disana sambil bermain air (kecehan).

  • HTM: Rp. 5.000, –

Pastikan kamu membawa baju ganti dan peralatan mandi jika ingin memutuskan kungkum disana. Namun perlu diingat belum ada kamar gantinya “mungkin perlu pinjem toilet warga”.

Baca juga: Curug Kyai Kate Bruno

Kelebihan yang bisa kamu dapat saat mengunjungi Curug Kembar Mayang Ngedok, Donorejo, Kaligesing ini adalah, kamu bisa sekaligus mengjungi beberapa tempat sekaligus termasuk di areal Purwoerjo seperti Hutan Pinus Kalilo, Hutan Pinus Sigendol, Wisata Alam Bukit Slamet, dan Goa Seplawan. Selain itu, untuk areal Kulonprogo bisa menyambangi Taman Sungai Mudal, Kedung Pedut, Curug Kuncung Mas, dan lain – lain.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *