Bukit Gondopurowangi Magelang – Wisata Sunrise dan Camping

Diposting pada

Bukit Gondopurowangi Magelang mungkin belum banyak dikenal luas wisatawan. Wisata yang menawarkan pemandangan alam dan camping ground ini memang masih baru, wajar apabila belum se viral tempat lain. Bukit yang juga disebut Gondo Purowangi ini menawarkan pesona Matahari terbit pada yang kece banget. Saat suasana cerah, kamu pun bakal bisa menyaksikan sunrise yang begitu bagus. Apalagi ditambah dengan view Gunung Merapi dan Merbabu yang elok.

Bukit Gondopurowangi
instagram.com/jelajah_magelang

Dengan pesona yang luar biasa, kayaknya tepat banget jika kamu menghabiskan waktu weekend diatas puncak ini. Akan lebih asik lagi jika kamu mendirikan tenda alias ngecamp rame-rame. Apalagi saat datang sore, kamu juga bisa melihat sunset dan malam harinya taburan lampu bak bukit bintang ada disini. Tak hanya itu, kalau beruntung kamu pun juga bisa menikmati kepulan kabut bak negeri diatas awan.

Aktivitas di Gondopuro Wangi

Ditempat ini memang menawarkan pemandangan dari atas bukit. Selain bisa menikmati indahnya perbukitan Menoreh, kamu juga balak bisa menyaksikan momen sunset hingga sunrise. Biar lebih maksimal, kampu bisa ngeCamp disini.

Spot foto

Meski belum banyak, namun ada photo spot instagenic yang gak boleh kamu lewatkan yaitu spot bulan sabit. Spot ini pun dibuat kokoh bahkan bisa kamu duduki. Kamu bisa berswafoto dengan latar gunung pada pagi hari dan bisa dapat latar taburan lampu Kota Magelang dan Borobudur bak lautan bintang di malam hari.

Sunset

Apabila kamu datang pada sore hari, kamu bisa menyaksikan Matahari tergelincir di ufuk barat. Warna jingga yang khas sayangkan untuk dilewatkan.

Camping

Memang lokasi ini diperuntukan untuk camping, dengan areal yang cukup mumpuni kamu bisa menikmati malam rame-rame diatas puncak bukit ini.

Sunrise

Terkenal akan wisata sunrise tentunya kamu gak maukan melewatkan momen ini. Nah Matahari menyingsing ini bakal bisa kamu dapat saat kamu camping disana. Pagi harinya tinggal menyambut Matahari terbit sembari berswafoto. Matahari pun bersinar dan kamu juga bakal menyaksikan pertemuan antara gunung Marapi dan Merbabu yang megah.

Gondopuro Wangi Sunrise
instagram.com/visitmagelang.id

Kini tempat ini pun juga sudah ada fasilitas gasebonya ya lumayan buat bersantai buat kamu yang memang sengaja datang pada siang hari. Duduk sembari menikmati keindahan alam akan makin syahdu deh.

Tiket masuk Bukit Gondopurowangi

Sehubungan tempat ini masih terbilang baru, bahkan baru ada pada tahun 2019 ini, pengunjung belum dikenakan tiket masuk. Ya boleh dibilang harga tiket masuknya masih gratis. Akan tetapi mungkin akan beda cerita beberapa waktu mendatang apabila tempat ini sudah fix seratus persen.

  • HTM: –

Bisa saja nanti sama dengan tiket Masuk Bukit Grenden, Bukit Harapan Cuntel, Punthuk Kendil Kamal, dan lain sebagainya yang sejenis.

Lokasi Bukit Gondopurowangi

Bukit Gondopuro Wangi ini berada di Desa Kenalan, yang mana lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, Balkondes Bigaran, Air Terjun Kedung Gempal, dan Balkondes Kenalan. Meskipun ada di map dengan nama lokasi “Gondo Purowangi” namun sangat disarankan tanya kepada penduduk sekitar, karena jika menggunakan map kemungkinan malah kesasar.

  • Alamat: Dusun Karang Baur, Desa Kenalan, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jalan menuju kesana memang terbilang terjal dan hanya cukup untuk roda dua, sedangkan jika menggunakan roda empat parkirnya bakal jauh. Meski demikian, namun jalan sudah berupa cor blok.

Rute Gondo purowangi Sunrise

Dari arah Pasar Jagalan sialkan menuju ke arah Balkondes Bigaran. Setelah ada perempatan, ambil kanan arah Balkondes Kenalan. Namun sebelum tiba di Balkondes ke-2 ini sudah ada tugu dengan tulisan “Sugeng Rawuh di Obyek Wisata Gondo Purowangi”. Dari situ belok kanan dan ikuti jalan dengan yang banyak tikungannya dengan kiri kanan berupa tebing dan rumah warga.

Bukit Gondo Purowangi
instagram.com/wisatasemarang

Jalur kedua via Candi Borobudur arah Camera House Borobudur. Setelah ada pertigaan ke kiri, setelah itu belok kanan melewati rumah warga dengan jalan menanjak. Ikuti jalan cor yang banyak tikungannya yang berada diantara rumah penduduk.

Setelah itu, kamu cukup berjalan sekitar 10 menit. Tenang sudah ada tangga naiknya yang bakal memudahkan kamu mencapai puncak.

Buat kamu yang suka akan pesona alam terutama pegunungan tapi cuma pengen naik gunung tipis-tipis kayaknya cocok datang ke Bukit Gondopurowangi Magelang ini. Harga tiketnya sekarang belum ada lho sob dan akses menuju lokasi lebih nyaman dengan roda dua. Pastikan juga kamu bawa peralatan camping baik tenda, jaket, kompor, matras, dan lain sebagianya agar bisa menikmati keindahan alam di malam hari dari atas puncak.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *