Curug Bidadari Pekalongan – Keseruan, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Siapa sangka ternyata di Kota Batik juga ada air terjun yang diberi nama Curug Bidadari Pekalongan. Mirip-mirip dengan ada yang ada di Batang dan di Bogor, dimana kalau di Batang ini ada Curug 7 Bidadari, sedangkan di Bogor ya sama Curug Bidadari. Apakah ada kaitannya? Sepertinya tidak ya geng.

Curug Bidadari Pekalongan
instagram.com/curugbidadaripekalongan

Air terjun yang cukup hits di Pekalongan ini memang banyak dipuji akan keindahannya. Tempat piknik ini juga menawarkan udara yang segar dan pas banget untuk refresing melepas penatnya kegiatan harian. Tak menonjol akan air terjun seperti Curug Sibedug, Curug Cinde, dan lainya memang, namun istimewanya, kamu bakal bisa menjumpai sejumlah kedung yang asik baut ciblon.

Keseruan Curug Bidadari Pekalongan

Sebelum tiba di grojogan yang juga singkat dengan CuBi ini kamu bakal melewati tebing dulu layaknya goa. Selanjutnya tibalah kamu di air terjun dan sejumlah kedung-kedung yang ada di kawasan ini. Berikut keseruan yang bakal kamu dapat.

Menyusuri tebing

Sebelum tiba di air terjun, kamu bakal menyusuri tebing terlebih dahulu. Tebing yang berada diantara sungai ini pun cukup tinggi. Kamu bisa merasakan seolah-olah berada didalam goa.

Berswafoto

Kalau mau selfie-selfie di spot fotografi kamu gak perlu ngantri-ngantri. Pasalnya,  di tempat ini OW ini banyak spot foto. Kamu bisa memilih mana-mana yang kosong, lalu ambil gambar disana. Ya cocok lah untuk mengusir penat.

Ciblonan

Sungai di depan air terjun ini sudah dibendung sedemikian rupa. Hasil bendungan tersebut mengakibatkan genangan air. Pengunjung pun bisa ciblonan disana, bahkan bisa berenang pula, karena cukup luas dengan kedalaman yang berbeda-beda. Plus kalau mau menyewa ban pun juga bisa, karena memang sudah ada yang menyewakan dengan tarif 5k.

Destinasi ini juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung seperti mushola, toilet yang bersih, dan warung jajanan dengan harga yang wajar. Gak salah lah jika kamu memang ada jadwal travel di akhir pekan kesana.

Tiket masuk Curug Bidadari Pekalongan

Berdasarkan info yang tersebar, harga masuk Curug Bidadari Pekalongan ini hanya sebesar 3k saja. Dengan ongkos semurah itu, kamu tak perlu kehilangan banyak rupiah bukan. Retribusi parkir kendaraan juga sangat murah, yakni cuma 2k saja. Cuma dengan total 5k saja beres deh.

  • Tiket masuk: Rp. 3.000
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi Curug Bidadari Pekalongan

Air terjun di Pekalongan yang masih cukup sepi ini berada di Desa Jolotigo Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Akan tetapi pintu masuk wisata brada di di Desa Silurah, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang. Atas alasan ini, grojogan ini juga kerap disebut Curug Bidadari Batang.

  • Alamat: Desa Jolotigo, Kec. Talun, Kab. Pekalongan, Prov. Jawa Tengah

Akses jalan

Jika dihitung-hitung jarak tempuh dari jalan Pantura menuju ke OW ini sekitar 2 jam berjalan dengan rata-rata kecepatan 50km/ jam. Sesampainya di gerbang Desa Silurah kamu masih perlu menempuh 2 km perjalanan lagi. Lalu di kanan jalan ada Gapura dengan tulisan ‘Situs Sejarah patung Ganesha dan Air Terjun Kalirogno’. Masuk saja ke gang tersebut, meski yang tertera bukan Curug Bidadari. Pasalnya memang Curug Kalirogno lebih duluan ditemukan ketimbang Curug Bidadari.

Tiket masuk Curug Bidadari Pekalongan
instagram.com/curugbidadaripekalongan

Sekitar 1 km setelah menempuh perjalanan dari gang tersebut, sudah terlihat adanya sebuah papan selamat datang. Setelah itu, tibalah di lahan parkir obyek ini. Jalan dari lahan parkir menuju curug juga licin, karena masih berupa batu dan tanah. Saat datang, kamu akan melewati jalan menurun, sebaliknya saat pulang, kamu perlu mendaki.

Itulah gambaran tentang Curug Bidadari Pekalongan. Destinasi yang satu ini dibanderol dengan harga terjangkau dan ekonomis. Lokasinya bersih dan terasa asri serta indah tentunya. Tak ada ruginya jika kamu datang ke destinasi yang satu ini meski harus jalan kaki untuk mencapai titik lokasinya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *