Curug Kyai Kate Bruno – Air Terjun Deras Purworejo

Diposting pada

Bruno ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang kece-kece nhi. Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah Curug Kyai Kate ini. Curug Kyai Kate menawarkan aliran air yang deras, bening, dan segar berpadu dengan tebing nan tebing serta bongkahan batu yang alami.

curug kyai kateCurug dengan ketinggian sekitar 25 meter ini juga makin asri dengan rerumputan nan hijau di sekililingnya. Saat tracking menuju lokasi kamu pun juga akan ditemani dengan rindangnya hutan pinus yang sejuk.

Sejarah Curug Kyai Kate

Keberadaan wisata curug di Purworejo ini tidak lepas dari tokoh sesepuh desa setempat yaitu Kyai Kate. Dikisahkan dulunya di lokasi ini ada pohon beringin yang mana menjadi lokasi pertapaan. Namun dalam pertapaan dibawah yang khas dengan akar yang menjutai tersebut yang Kyai gak kunjung pulang.

Setelah pohon beringin itu roboh, maka bebatuan yang tadinya diatas jatuh kebawah. Selain itu ketinggian air terjun juga tidak setinggi sebelumnya.

Atas alasan sejarah itu lah mengapa grojogan ini dinamankan dengan “Curug Kyai Kate”.

Aktivitas di Curug Ky Kate

Bisa dibilang curug yang satu ini merupakan salah satu yang terbesar di Purworejo. Tempatnya juga terbuka dan tereksan ramah untuk pengunjung. Dengan bentang alam yang bersih pengunjung bisa berkreasi dengan lebih klik.

Bermain air

Aliran air yang jernih selepas air terjun dan debit yang cukup besar plus diiring bebatuan asik banget nhi buat kecehan (bermain air).

Berenang

Ada semacam kedung (kolam alami) yang berada di depan air terjun. Bahkan buat yang bernyali bisa tu lompat dari atas batu. Namun mengingat derasnya air terjun terutama pada musim penghujan, kalau bisa jangan dekat – dekat ya.

Swafoto

Ambil gambar memang sudah pasti menjadi agenda wajib setiap pengunjung termasuk selfie ria. Selain bisa dapat latar air terjun dan tebing, bongkahan bebataun yang bertebaran juga semakin mempercantik latar foto.

Meski belum maksimal, disana sudah ada semacam gasebo untuk beristiharat dan ada pula toiletnya juga.

Akses jalan Curug Kyai Kate

Jalan menuju ke lokasi Curug Kyai Kate terbilang mudah, bahkan kalau nekat sepeda motor pun bisa sampai lokasi. Apalagi jalan menuju kesana sudah dicor meski hanya dipertuntukan untuk roda dua. Roda empat pun juga dapat menuju lokasi, namun hanya bisa parkir disektiar rumah warga yang lokasinya cukup dekat.

curug kyai kateSetelah jalan naik turun, maka tibalah di loket masuk curug di Kecamatan Bruno ini. Tak jauh setelah tracking yakni sekitar 20 menitan, tibalah di air terjun yang deras ini.

Lokasi Curug Kyai Kate Bruno

Curug Kyai Kate Bruno berada di Gn. Condong. Lokasinya yang gak jauh dari jalan raya menjadi nilai tambah tersendiri. Agar semakin memudahkan mencari lokasinya, bisa tu cek di Google map.

  • Alamat: Kemplung, Desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
  • Klik: Peta Lokasi

Harga tiket Masuk Kyai Kate

Menurut info yang ada, harga tiket masuk (HTM) ke Curug Kyai Kate ini sebesar 8 K saja. Wisata yang dikelola oleh swadaya masyarkat ini terbilang murah bukan.

  • HTM: Rp. 8.000/ orang

Selain berekreasi di Curug Kyai Kate Bruno, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi Curug Gunung Putri, Pucak Sigendol, dan wisata lain di kecamatan yang sama. Jadi bisa sekali jalan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *