Curug Muncar Pekalongan – Keindahan, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Curug Muncar Pekalongan adalah salah satu bukti kalau Kota Batik tak hanya menyimpan wisata bertemakan laut, tetapi juga air terjun. Bukan kaleng-kaleng, karena destinasi yang berada di ketinggian 1.249 mdpl memiliki grojogan yang tinggi dengan view yang memuaskan. Air terjun ini pun berada di lereng Gunung Rogojembangan Petungkriyono yang mana berjarak sekitar 30 km dari Kajen, Ibu Kota Kab. Pekalongan.

Curug Muncar Pekalongan
instagram.com/ojolali_piknik

OW yang berada di lahan milik Perhutani memang berada di ujung Petungkriyono, akan tetapi selain sejuk dan asri, ternyata destinasi ini terawat dengan fasilitas yang oke. Tak mudah memang untuk mencapai sana, karena memang perlu melewati jalan mendaki lagi berliku. Meski demikian, rasa lelah akan sirna setibanya disana.

Indahnya Curug Muncar Pekalongan

Secara penampakan, terlihat jelas bahwa Curug Muncar ini mirip-mirip dengan Curug Bajing Pekalongan. Keduanya sama-sama tinggi dengan debit air yang tergolong sedang. Tebing di sekitar grojogan diselimuti tanaman air perdu menghijau yang tidak begitu tebal. Tepat dibawah air terjun ada sebuah kedung (bagian sungai yang dalam) namun tak sebegitu besar.

Yang luar biasa lagi, kamu bakal disuguhkan dengan jalan-jalan dan jembatan yang berkelok-kelok. Di sekitaran jalan setapak yang bersih tersebut terhampar tanaman keras yang tinggi dan rindang. Tak jarang sejumlah netizen mengambil gambar di lokasi ini seperti halnya yang telah diupload oleh IG @ojolali_piknik.

Selain didukung oleh infrastruktur jalan yang sudah memadai, obwis yang berada di lembah yang rimbun ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa gazebo yang cozy banget untuk beristirahat untuk menikmati alam yang natural. Plus dengan bentang alam yang sejuk lagi asri, tak pelak lagi kalau kamu explore selama berjam-berjam.

Harga tiket Curug Muncar

Setelah ditelusuri dari dari media yang ada, ternyata belum ada keterangan yang menyebutkan berapa harga tiket masuk Curug Muncar Pekalongan ini. Jika dilihat-lihat, sepertinya tidak akan beda jauh dengan Curug Bajing yang mana dibandrol dengan harga 5k. Apabila memang demikian, tentu harga ini tergolong murah meriah.

  • HTM: –
  • Parkir: –

Lokasi Curug Muncar Pekalongan

Grojogan yang satu ini ternyata masih masuk kawasan Petungkriyono yang mana memang terkenal sebagai gudangnya wisata alam. Lokasi tepatnya adalah berada di Desa Curugmuncar yakni sama dengan air terjun. Kalau menurut versi anak mbah Google yakni Maps, alamatnya kurang lebih kaya berikut ini

  • Alamat: Jl. Songgodadi, Dusun Watugajah, Desa Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah

Jam buka

Seperti halnya wisata alam lainnya. Jam tutup obwis ini hanya sampai sore hari, yakni jam 5 petang. Sangat disarankan kamu segera bergegas sebelum Matahari tenggelam di ufuk barat “emang situ gak takut gelap-gelap disana”. Jadwal buka tutup ini berlaku setiap hari, dari senin sampai ahad.

  • Jam buka: 08.00–17.00 WIB

Seperti kita tahu, kalau kawasan Petungkriyono memang juga terkenal akan jalanya yang berkelok-kelok dan menanjak, bahkan ruas jalan menuju ke air terjun Curug Muncar Pekalongan tergolong sempit bahkan rusak. Kamu pun perlu perjuangan extra untuk melahap medan jalan yang menantang. Namun akan dibayar kontan tanpa nyicil selepasnya sampai disana, karena pemandanganya memang bagus.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *