Curug Sanghyang Taraje – Pesona Alami Garut

Diposting pada

Garut memang memiliki banyak air terjun yang menakjubkan salah satunya Curug Sanghyang Taraje. Selain aliranya yang besar dan deras pada siang hari nampak seperti pelangi di air terjun dengan ketinggian kurang lebih 100 meter ini. Selain bisa berfoto ria, kamu bisa istirahat atau berteduh di saung-saung sekitar air terjun yang masih alami ini.

Curug Sanghyang TarajeAir terjun yang menjulang tinggi dengan memiliki 2 pilar yang lurus sejajar seperti tangga atau bahasa sundanya “taraje” menjadi cikal bakal mengapa curug ini danamkan Curug Sanghyang Taraje.

Aktivitas di Curug Sanghyang Taraje

Kira-kira kamu ngapain saja di tempat wisata Garut yang satu ini? yuk kita cek.

Berswafoto

Air terjun yang munjulang tinggi memang kece banget buat foto – foto. Apalagi dihiasi dngan rumput-rumput nan hijau dan lebat.

Perlu diperhatian adanya hembusan air yang besar yang diakibatkan menghantam kebawah. Hal ini memicu terjadinya cipratan-ciptratan seperti air hujan meski dari jarak yang cukup jauh.

Dengan demikian bisa saja tubuh dan kamera menjadi basah, bahkan untuk ambil gambar saja cukup susah kalau mau ambil gambar dari jarak dekat. Sangat disarankan bawa baju ganti  kalau mau nekat ambil foto dari dekat.

Berenang

Curug Sanghyang TarajeMeski pengunjung tidak boleh bereang disikitar air terjun, mengingat derasnya aliran. Namun sudah ada semacam kolam renang untuk bermian air serta tempat-tempat kecil untuk beristirahat.

Rute Curug Sanghyang Taraje

Akses jalan menuju ke lokasi terbilang terjal dan bergelombang. Selama perjalanan kamu akan ditemani dengan pemandagan yang luar biasa namun jalanya hanya muat untuk 1 mobil, jadi tidak anjurkan membawa roda empat. Motor matic juga tidak disarankan karena banyak kelokan, tanjakan, dan turunan.

Rute perjalananya dari arah Garut menuju ke Cikajang. Sebelum masuk kota Cikajang ada pertigaan Mekasari. Dari pertigaan tersebut belok kanana arah ke Ranca Buaya. Dengan perjalanan sekitar 20 km arah curug Orok namun masi terus lagi.

Kabar baiknya jalan dari pos masuk sudah dicor dan aman untuk dilewati dan lokasinya tidak jauh dari areal parkir.

Lokasi Curug Sanghyang Taraje

Air terjun yang berada di daerah Garut Selatan ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Garut Kota. Lokasinya yang sudah masuk di Google map memudahkan pengunjung untuk ari terjun yang terlihat seperti kapas ini.

  • Alamat: Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat
  • Map: Klik peta

Harga tiket masuk

Tempat wisata yang dikelola oleh  Karang Taruna warga Kombongan dan Desa Pakenjeng murah namun tak murahahn. Kamu cukup merogoh kocek 5 K saja sebagai harga tiket masuk Curug Sanghyang Taraje.

  • HTM: 5 ribu
  • Parkir: 2 ribu

Baca juga: Wisata Bogor Terbaru 2019

Mengingat kamu akan bahas-bahasan, disarankan kamu memakai sandal jepit saja. Namun gunakan alas kaki yang cukup mencengkram, karena sisana licin. Apalagi harga tiketnya yang murah, gak ragu kan untuk berwisata di wisata alam di Garut ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *