Goa Tritip Donorojo, Wisata Dengan Tebing Unik di Jepara

Diposting pada

Wisata alam Jepara Goa Tritip Donorojo menawarkan pemandangan tebing gua yang unik. Degan tebing yang tinggi dan warna khas menjadi daya tarik tersendiri di destinasi yang satu ini. Bahkan tempat wisata yang baru dibuka pada 2018 lalu ini juga menawarkan pemandangan dari atas bukit yang menawan.

Berkat tangan-tangan kreatif, sejumlah spot foto pun telah dihadirkan di tempat ini. Selain sudah ada gua yang menjadi destinasi utama, namun pengunjung bisa naik ke atas bukit untuk ambil gambar disejumlah spot dengan latar laut lepas hingga Pulau Mandalika.

Sejarah Gua Tritip

Menurut cerita yang beredar konon ceritanya tempat ini ada seseorang yang bertapa ditengah-tengah batu. Namun dalam petapaan tersebut ada orang yang mengintip (melihat denga sembuyi-sembunyi). Lalu orang yang bertapa tersebut menyebut tempat ini dengan sebutan “Goa Tritip” yang mana nama ini diambil dari kata ‘intip’ yang artinya mengintip.

Goa Tritip DonorojoNamun ada versi lain mengapa gua ini dinamakan “Goa Tritip”. Nama tersebut disematkan karena melihati akan tekstur tebingnya yang tritip. Tritip dalam Bahasa Jawa diartinya berbintik-bintik. Dimana secara jelas tebing ini memang berbintik-bintik.

Menikmati Goa Tritip

Pemandangan di tempat wisata Jepara ini memang tidak diragukan, selain bisa berswafoto dengan latar gua, pengunjung bisa mendaki bukit bak mendaki gunung.

Goa Tritip

Tentu mengunjungi goa adalah tujuan utama datang ke wisata alam di Jepara ini. Sebenarnya ada Gua, namun Goa yang ada berukuran kecil dan sulit untuk dimasuki. Meski begitu dari sisi luarnya ada semacam tebing yang bentuk cekung dan kerap tempat buat jepret-jepret. Dengan tekstur yang tritip nan tinggi menjadi nilai tersendiri.

Gardu Pandang

Goa Tritip Donorojo JeparaTidak hanya menawarkan pesona gua yang unik, namun pengunjung bisa mendaki bukit untuk menikmati pemandangan dari atas gardu pandang. Meski perlu perjuangan namun viewnya kece banget dari atas sini. Dari atas, kamu bisa melihat Pulau Mandalika, Bukit Donorojo, dan laut lepas.

Sangat disarankan kamu memakai sepatu jika ingin memutuskan untuk mendaki bukit. Meski tidak terlalu curam, namun cukup melelahkan. Apalagi tracknya cukup licin.

Lokasi Goa Tritip Donorojo

Lokasi wisata Gua Tritip tidak jauh dari Benteng Purtugis. Dari arah benteng tersebut bisa menuju ke arah timur lalu belok kanan. Selain itu, gua ini juga berdekatan dengan Goa Manik. Bisa dibilang ada tiga lokasi yang berdekatakan, jadi kamu bisa sekaligus mengunjungi ketiganya.

  • Alamat: Sidorejo, Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454
  • Lokasi: Klik map

Sudah ada peta lokasinya, tinggal klik saja untuk membantu menemukan lokasinya.

Tiket masuk Goa Tritip Donorojo

Kamu cukup memayar tiket masuk sebesar 5 K saja untuk dapat memasuki areal Goa Tritip Donorjo Jepara ini. Harga tiket yang murah meriah, apalagi dengan jalan masuk diareal lokasi yang sudah bagus plus bonus wisata diatas bukit.

  • HTM: Rp. 5.000,-

Areal parkir di destinasi ini juga luas, lapang untuk roda empat sekalipun. Selain itu, sudah ada kantin untuk jajan.

Sebagai tips tambahan saja. Kamu bisa datang pada pagi hari atau sore hari, karena pasa siang hari udara cukup panas. Lalu kalau mau mendaki bukit lebih baik bawa makanan dan minuman dari bawah buat bekal.

Baca juga: Hutan Pinus Setro Batealit

Dengan pemandangan yang bagus, tempat yang satu ini cocok untuk wisata keluarga terutama buat kamu yang ingin mencari alternatif wisata di ujung timur laut dan dekat dengan pantai. Bisa sekaligus mengunjungi beberapa wisata sekaligus.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *