Curug Siluwok Samigaluh – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Air terjun atau Curug Siluwok Samigaluh merupakan air terjun yang bagus dan bener-bener masih alami. Selain menawarkan eksotisme khas grojogan, pengunjung bakal disuguhkan dengan kesegaran udara dan keindahan tempat wisata alam ini. Tak hanya itu saja, kolam alami disana pun seakan ngawe-ngawe kamu untuk diajak berenang.

Curug Siluwok Samigaluh
instagram.com/sukmawijaya1982

Letaknya yang terpencil menjadikan tempat wisata ini cukup sepi alias belum banyak orang tau akan keberadaanya. Namun saat perjalan menyusuri jalan setapak dengan tebing dan jurang kamu pun bakal disuguhkan dengan hamparan sawah terasering yang indah. selain itu disana juga ada tanaman kopi, coklat, dan merica yang berderet yang bakal menyambut kamu. Lebih mantapnya lagi udaranya dingin dan segar akan menyelimuti tubuh mu.

Gambaran Curug Siluwok Samigaluh

Bisa dikatakan curug Siluwok ini masih alami bahkan bisa dikatakan berada di areal hutan. Lalu seperti apa gambaran sebenarnya? Yuk kita kulik dikit.

Air terjun

Tidak seperti Air Terjun Sidoharjo, Siluwok ini bukan curug musiman. Air pun mengalir cukup deras walau debit airnya tidak terlalu besar. Air terjunnya pun mencapai 20 meter, cukup tinggi bukan. Hamparan rerumputan dan tebing yang tinggi semakin memberi kesan eksotis pada jurug ini yang akan memanjakan mata kamu dan tentunya asik buat selfie.

Kolam

Ada kedung (bagian dalam sungai) yang berada di depan grojogan ini biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk basah-basahan. Meski memang menggoda, namun kamu harus berhati-hati, karena kolam ini mencapai kedalam hingga 2 meter.

Monyet liar

Karena memang masih berada di kawasan yang disebut hutan rakyat, pada momen tertentu kamu bertemu dengan gerombolan monyet (macaca) liar di pepohonan.

Meskipun terpencil namun jangan salah ya geng, karena disana juga ada warung kopi lho. Nah warung ini buka pada hari ahad dan hari libur. Disana pun juga sudah terdapat gubug dan toilet “lumayan buat jaga-jaga kalau kebelet”

Harga tiket Curug Siluwok Samigaluh

Menurut informasi yang berkembang sejauh ini belum ini harga tiket masuk Curug Siluwok Samigaluh yang ditetapkan oleh pengelola alias gratis. Diluar itu, ada yang menyebutkan kalau parkinya gratis namun ada info kalau parkir motor 2k dan parkir mobil 5k.

  • HTM: –
  • Parkir: Rp. 2.000 (motor)
  • Parkir: Rp. 5.000 (mobil)

Lokasi Curug Siluwok

Air terjun ini berada di Kecamatan Samigaluh, tepatnya di Keweron. Dengan demikian lokasinya pun tak jauh dari objek lain seperti sumber Air Tukmudal, Kedung Kobong, Air Terjun Sidoharjo, dan Air Terjun Watu Jengger, yang mana kamu juga bisa mengunjungi destinasi-destinasi tersebut. Lokasinya pun juga sudah ada di Map dengan nama “Curug Siluwok” ya lumayan buat awer-awer.

  • Alamat: Jalan Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Setibanya di areal parkir, kamu perlu menapaki jalan setapak sekitar 700 meter atau cukup 15 menit perjalanan dengan track berupa jalan tanah lalu tebing diatas sungai.  Memang butuh perjuangan dan keringat, karena kamu akan naik cukup curam. Meski begitu lelah kamu akan terobati setibanya disana karena eksotisme yang ditawarkan.

Curug Siluwok
instagram.com/christianbernards

Tempat piknik menantang Curug Siluwok Samigaluh cocok banget buat kamu yang suka adventure. Sebenarnya gak terlalu jauh juga, karena kamu cukup berjalan sekitar 15 menit, namun cukup menguras keringat sih. Selain perlu mempersiapkan dengan setelan tracking jangan lupa bawa bekal dan baju ganti ya gengs, biar nanti kamu gak pulang dalam keadaan basah kuyup “masuk angin lagi, masak mimin yang ngerokin”.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *