Goa Lauk Lebak Tipar – Sejarah, Harga Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Goa Lauk Lebak Tipar adalah salah satu obyek wisata yang berada di kawasan wisata Sawarna Lebak Banten. Objek ini menawarkan pesona istana bawah tanah yang menawan bahkan bisa dibilang wajib untuk para caver tanah air. Keelokannya bikin gak nyesel wisatawan yang menyempatkan diri untuk explorasi bagian sisi dalam goa.

Goa Lauk Lebak Tipar
instagram.com/borishernandoe

Tak tanggung-tanggung goa in memiliki panjang mencapai 1.650 meter dengan ornamen-ornamen yang indah. Namun sebelum masuk ke dalam pengunjung harus mengenakan peralatan keamanan terlebih dahulu. Di mulut gua ini pun juga terdapat aliran sungai, namun bagian sisi dalam gua luas dan lega.

Sejarah Goa Lauk

Nama akan Gua ini tidak muncul begitu saja, namun ada sejarah yang melingkupinya. Menurut informasi yang berkembang di masyarakat, dahulu di gua ini terdapat banyak ikan. Seperti yang bisa dilihat, karena memang di dalam goa mengalir sebuah sungai yang merupakan habitat ikan.

Goa Lauk
instagram.com/yenimulyani088

Ikan-ikan tersebut banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan makanan warga setempat yakni untuk lauk. Dengan demikian, warga menyebutnya sebagai ‘Goa Lauk’ yang berarti goa sumber lauk bagi warga sekitar.

Keunggulan wisata Goa Lauk

Goa Lauk tidak hanya menyuguhkan pemandangan alami saja, namun kini telah ditata sedemikian rupa sehingga menjadi destinasi wisata yang apik. Bahkan sekarang ini, obyek ini telah memiliki sejumlah keunggulan yang patut kamu pertimbangkan.

  • Akses jalan yang memadai
  • Jarak tempuh goa mencapai 2 km
  • Gazebo
  • Alat safety
  • Wahana air
  • Asuransi wisata
  • Tour guide

Sekarang ini goa ini juga dilengkapi dengan wahana permainan berupa kolam renang untuk anak-anak. Selain itu adanya sejumlah gazebo yang berada di areal wisata juga memungkinkan pengunjung untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam.

Harga tiket Goa Lauk Lebaktipar

Sejauh ini belum ada informasi besaran harga tiket masuk Goa Lauk Lebaktipar. Hal ini karena informasi seputar objek yang sebenarnya sudah layak dikunjungi ini masih sedikit. Akan tetapi apabila melihat Goa Lalay Sawarna hanya dibandrol dengan 5k saja dan pinjam peralatan cave tambah 10k. Mungkin tiket di gua ini juga tak beda jauh.

  • HTM: –

Lokasi Goa Lauk Lebak Tipar

Obyek wisata yang kini mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah desa setempat ini berada di Desa Lebak Tipar. LOkainya pun tak jauh dari wisata Pantai Sawarna, bahkan hanya berjarak sekitar 10 km saja. Kamu pun bisa mencarinya di Google dengan mengetik nama wisata ini di Google Maps.

  • Alamat: Desa Lebak Tipar, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Goa dengan panjang sekitar 2 km ini dapat dieksplorasi selama kurang lebih setengah jam. Lalu untuk kedalaman sungai bawah tanah disana mencapai sekitar 1 meter. Berdasarkan faktor ini, pengunjung yang mau menjelajah Goa Lauk Lebaktipar Cilograng ini berada dalam kondisi yang fit dan setelan yang pas.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *