Goa Maharaja Tasikmalaya – Kini Jadi Wisata Baru

Diposting pada

Goa Maharaja yang berada di Manonjaya Tasikmalaya kini mulai mendapatkan perhatian. Geliat sentuhan menjadikan destinasi wisata terlihat dengan didirikanya bangunan di areal ini. Dengan demikian obyek yang sebenarya sudah dikenal lama ini akan menjadi tempat wisata baru di Tasikmalaya.

Goa Maharaja Tasikmalaya
jelajahcurug.blogspot.com

Akan dibukanya obyek ini tentunya tidak lepas dari potensi goa. Selain menawarkan panorama goa, di dalamya juga terdapat danau plus di lantai dua obyek ini juga syarat akan sejarah para raja tempo dulu.

Explorasi Goa Maharaja Manonjaya

Bukan hanya sekedar goa namun ada hal-hal menarik yang bisa kamu explore di dalam goa. Nah seperti apa sensainya.

Ruang goa

Goa ini terdiri dari dua ruang, lantai satu alias yang utama memiliki panjang antara 1 hingga 2 km. Lalu pada lantai dua terdapat semacam meja dari batu yang diduga digunakan untuk rapat pada kala itu.

Danau

Ada semacam danau ditengah goa ini. Danau ini bisa ditemui setelah seratus meter dari mulut goa. Namun gak perlu kuatir, karena ada semacam perahu dari bambu yang dibuat oleh warg sekitar untuk menyebrangnya.

Sejarah Goa Maharaja Tasikmalaya

Sebelum bernama Goa Maharaja, obyek ini bernama Goa Peundeuy. Hal ini karena, memagn di depan Goa telah tumbuh pohon tersebut. Namun sayang pohon Peundeuy ini sudah tidak ada.

Lalu pemerintah setempat menyematkan nama baru yakni Goa Maharaja. Penggantian nama ini bukan tanpa alasan, pasalnya menurut info yang beredar, konon gua ini merupakan tempat berkumpulnya para raja.

Lokasi Goa Maharaja

Obyek wisata alam ini berada di Kecamtan Manonjaya tepatnya di Desa Batusumur. Jalur menuju ke obyek baru ini hampir searah dengan DAM Cigoang. Bedanya, silahkan belok ke kanan pada jalan menurun menuju ke pabrik singkong yang ada masjidnya. Lalu setelah 10 menit perjalan ambil kanan lagi, maka tibalah di areal parkir.

  • Desa, Batusumur, Kec. Manonjaya, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Lokasipun juga bisa dilacak di Google Map dengan mengetik “Goa Maharaja Batusumur Manonjaya”. Setelah tiba dilokasi kamu haru menempuh jalan setapak dan masih berupa tanah, maka tibalah di titik yang kamu cari.

Tiket masuk Goa Maharaja

Wisata baru Tasikmalaya ini belum ada tiket masuknya. Hal ini karena memang masih baru dan bahkan belum benar-benar dibuka untuk umum meski sudah bisa dikunjungi.

  • HTM: –

Goa Maharaja Tasikmalaya ini bakal menjadi daya tarik baru di Jawa Barat khusunya di Tasik dan sekitarnya. Panorama alamnya memang layak untuk diangkat dan menjadi tempat wisata. Apalgi dengan perkembangan media yang begitu pesat, bukan hal yang sulit mendatangkan pengunjung untuk berwisata.

Dengan demikian, lokasi ini dapat menyusul tempat wisata lain seperti Curug Panetean, Situ Cibeureum, Curug Ngebul, dan lain sebagainya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *