Goa Pengklik Madurejo – Wisata Baru Nuansa Sejarah

Diposting pada
 

Goa Pengklik Madurejo salah satu peningalan penjajahan Jepang yang ini dilirik menjadi tempat wisata. Goa yang juga dikenal dengan Goa Jepang ini tersebut kini ditata sedemikian rupa agar bisa dihadirkan untuk nantinya menjadi obyek yang kekinian. Selain memanfaatkan goa yang ada, sejumlah fasilitas pun ditambahkan agar lebih menarik lagi.

Goa Pengklik
instagram.com/anwarsyarif23

Adalah Karang Taruna Gummarang Madurejo yang ambil andil dalam pembenahan areal ini. Dimana keberdaanya akan juga mendukung obyek disektiarnya seperti Warung Pengklik yang telah dilaunching 25 Oktober dan baru akan berakhir 9 November mendatang.  Dengan view perbukitan dan persawahan juga menjadi nilai tambah tersendiri areal ini.

Sejarah Goa Jepang Pengklik

Goa yang berada di Desa Madurejo merupakan Goa yang diperkirakan berdiri pada masa penjajahan Jepang. Dimana pada waktu pembuatanya masyarkat Prambanan dan Piyungan dipekerjakan tanpa imbalan atau kita kenal dengan romusa.  Pasca goa ini selesai dibangun, goa tersebut difungsikan sebagai persembunyian Jepang.

Warung Pengklik
instagram.com/wisatapengklik

Goa ini terletak di lereng bukit Pengklik, mungkin karena alasan itu, goa Jepang disini dinamakan “Goa Pengklik”. Pada puncak bukit tersebut terdapat makam Abdi Dhalem keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Dengan demikian, obyek ini bukan hanya lekat akan nuansa Negeri Sakura namun juga lekat dengan nuansa Kerajaan Jogja dan Surakarta.

Selepas masa penjajahan berakhir gua ini sudah ditinggalkan dan terbengkelai. Namun berkat kejelian dari pemuda setempat, sekarang ini Goa tersebut bisa dimanfaatkan, bahkan menjadi tempat wisata.

Daya tarik

Selain pengunjung bisa menelisik sejarah Jepang di Desa Madurejo pada masa lampu, pengunjung juga akan disuguhkan veiw bukit plus persawahan. Hawa disana pun juga terasa sejuk karena masih lereng bukit. Diareal wisata juga sudah ditatata cukup apik lengkap dengan gasebo.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyambagi areal Warung Pengklik yakni dimana ada spot bambu yang berada di tengah sawah dengan desain begitu bagus. Di areal ini sudah ada jalan dari anyaman bambu untuk mnajngkau spot bambu tersebut.

Lokasi Goa Pengklik Madurejo

Wisata Goa Penglik ini berada di Desa Madurejo. Lokasinya pun mudah dijangkau baik dari arah Klaten, Prambanan, Jogja kota, maupun dari Gunung Kidul. Tinggil menuju ke arah Jl. Piyungan-Prambanan. Plus lokasinya pun berdekatan dengan Candi Abang, Tebing Breksi, Candi Ratu Boko, dan Candi Ijo. Jika ingin mencari di Google, bisa ketik “Goa Jepang Pengklik”

  • Alamat: Jl. Piyungan – Prambanan Beloran, Desa Madurejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY

Jika dari arah Heha Sky View, Watu Amben, dan Bukit Bintang tinggal menurun arah Jogja, setibanya di pertigaan sektiar kantor Kecamatan Piyungan ambil kanan.

Tiket masuk Goa Pengklik

Sehubungan dengan Wisata Goa Pengklik ini masih baru, sementara belum ada tiket masuk yang dikenakan alias harga tiket masuk gratis. Lalu untuk retribusi parkir seikhlasnya.

  • Tiket masuk: –
  • Parkir: seiklhasnya

Salah satu destinasi baru Goa Pengklik Madurejo Prambaan Sleman Jogja ini memang masih dalam tahap pemebenahan dan belum didibuka secara resmi. Namun kamu sudah bisa datang kesana untuk menelisik lebih jauh bagaimana pemuda memanfaatkan potensi kearifkan lokal yang ada untuk nantinya dijadikan tempat wisata yang tidak hanya bernuasan sejarah tetapi juga kekinian.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *