Harga Tiket Puncak Kosakora

Diposting pada

Berapa ya harga tiket Puncak Kosakora Gunugkidu Jogja? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita akan bahas disini lebih lengkap. Ya karena tentunya sebelum menyambagi wisata pantai ini, pastinya kita perlu persiapan, termasuk persiapan budget bukan.

Harga Tiket Puncak Kosakora
instagram.com/objek_wisata_jogja

Sebelum disebut dengan Puncak Kosakora, bukit yang berada di timur Pantai Ngrumput ini bernama Bukit Ngrumput, Hal ini karena memang satu lokasi dengan pantai Ngrumput. Konon setelah didatangi turis, akhirnya areal ini lebih dikenal dengan “Kosakora”.

Yang istimewa dari bukit ini adalah pesona sunsetnya yang indah. Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 50 mdpl namun letaknya dibibir pantai memungkinkan terlihatnya Matahari terbenam di horison. Dari puncak ini pngunjung juga akan disuguhkan dengan hamparan pantai lepas plus view pantai garis pantai disekitarnya.

Keseruan Puncak Kosakora

Betul banget, apalagi kalau bukan camping. Lebih dari itu, dari sinilah pengunjung bisa dapat dua sensai sekaligus yaitu indahnya pantai dan keseruan mendaki layaknya Gunung seperti halnya di Pantai Ngetun Gunungkidul.

Camping

Tujuan utama ke obyek wisata ini memang untuk camping. Kamu bisa mendirikan tenda menghadap ke pantai pada areal yang telah disediakan. Cukup dengan membayar 15k saja pertenda. Apabila gak mau repot, kamu juga bisa sewa tenda disana hingga membeli kayu bakar untuk membuat api unggun. Harga sewa tenda 2/3 orang: 50K, 4/5 orang: 60k, dan seterusnya.

Sunset

Lebih baik kamu sudah sampai di lokasi pada siang hari atau menjelangan sore. Selepas tenda kelar berdiri, kamu menikmati indahnya sunset di areal yang diapit oleh Pantai Drini dan Pantai Krakal ini.

NgeWarung

Sebenarnya kamu bisa bawa bekal sendiri, namun kamu pun juga gak perlu kuatir, karena ada warung yang menjajakan makanan dan buka 24 jam. Kamu juga bisa ambil paket booking di warung dengan harga 80 rb per orang dengan. Paket booking ini sudah termasuk fasilitas sewa tenda, kamar mandi, cas, makan 2 kali, dan minuman hangat.

Mantai

Karena secara otomatis kamu juga menyambangi pantai Ngrumput kamu bisa bermain pasir, bermain air, hingga berenenag di pantai tersebut. Pasir putih dan air yang jernih begitu menggoda. Namun perlu hati-hati terhadap batuan karang yang cukup tajam

Tak hanya itu, disana sudah ada mushla dan MCK yang memadai plus kamu juga bisa cas hape cukup dengan 5k saja sampai penuh.

Lokasi Puncak Kosakora

Kamu dapat dengan mudah menemukan tempat wisata yang berajarak sekitar 75km dari arah  kota Yogya ini di map. Ketik saja “Puncak Kosakora” maka lokasinya pun sudah muncul. Alamat lengkap obyek wisata yang asik buat camping di Gunung kidul ini yaitu:

  • Alamat: Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jalan menuju Puncak Kosakora

Perlu dipahami bahwa Puncak Kosakora ini masih satu lokasi dengan Pantai Ngrumput yakni berada disisi timurnya. Namun kamu untuk menuju kesana hanya bisa dilalui dengan tracking dari dari lokasi parkir yang berada di tepi jalan yang searah pantai Drini.

Dari area parkir 24 jam tersebut kamu perlu jalan kaki sektiar 1 km. Maka tibalah di pantai Ngrumput. Kalau mau langsung ke puncak, kamu perlu naik naik bukit dengan tekstur batuan karang layakanya batuan di Gunung Kidul pada umumnya.

Harga tiket Puncak Kosakora

Harga tiket masuk Puncak Kosakora sebenarnya hanya 2k saja per orang. Namun ternyata ada sejumlah biaya yang harus kamu keluarkan untuk mencapai titik lokasi. Pertama, kamu pelru bayar 10k/ orang di portal Pantai Baron. Lalu kamu perlu bayar parkir 5k untuk roda dua per malam dan 10k untuk roda empat permalam.

  • Portal Pantai Baron: Rp. 10.000/ orang
  • Parkir motor: Rp. 5.000/ malam
  • Parkir mobil: Rp. 10.000/ malam
  • Tiket masuk Kosakora: Rp. 2.000/ orang
  • Camping: Rp. 15.000/ tenda

Selanjutnya kamu perlu bayar 2k masuk areal Puncak Kosakora dan perlu bayar 15k untuk retribusi camping per tenda. Kalau di total kamu bisa habis sektiar 32k hingga 37k tergantung jenis kendaraan. Namuan kalau rombongan ya cukup murah.

Nah itulah sekilas tentang ulasan harga tiket Puncak Kosakora Gunung kidul. Dimana tiket masuknya murah meriah, namun kamu perlu budget untuk tambahan untuk bisa mencapai dan menikmati wisata di puncak bukit tersebut. Dengan view laut lepas serta aktivitas wisata yang lengkap muncak plus mantai rasanya tidak rugi jika kamu menyempatakan waktu untuk liburan kesini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *