Gunung Lembu Purwakarta – Berwisata, Tiket Masuk, dan Lokasi

Diposting pada

Setelah ditelusuri ternyata obyek wisata Gunung Lembu Purwakarta memang memang menarik untuk diulas. Hasil jepretan yang tersebar di dunia maya terlihat jelas adanya sebuah batu besar yang berada diantara pepohonan yang hijau nan rimbun. Bongkahan batu besar yang disebut-sebut sebagai cikal bakal nama obyek ini memang tidak berada dataran yang rendah, namun terlihat berada di puncak, karena lebih tinggi dari pada rimbunan pohon disekitarnya.

Gunung Lembu Purwakarta
instagram.com/zhar_fauzan17

Dari kawasan yang terbuka tersebut diatas, para traveller bakal bisa menyaksikan hamparan Waduk Jatiluhur yang begitu luas. View yang unik ini semakin menambah cita rasa dan tentunya menjadi alasan mengapa kamu harus mendaki gunung ini. Dengan keunikan yang khas itulah, tak salah apabila gunung yang satu ini menjadi salah satu tujuan wisata terutama para pendaki gunung.

Berwisata di Gunung Lembu

Secara garis besar memang sensasi wisata di Gunung Lembu Purwakarta ini ya mendaki. Pendakian di gunung ini pun terbilang mudah cocok untuk pendaki pemula seperti halnya di Gunung Bongkok Purwakarta, bahkan bisa mengajak anak kecil sekalipun untuk mengenalkan alam. Kenapa tidak! Karena hanya hanya durasi pendakian yang memakan waktu 2 jam saja.

Tak jarang juga ada yang mendaki pada pagi hari dan pulang pada sore hari, ya karena sehari memang cukup (one day trip). Akan tetapi sebenarnya akan lebih menarik lagi kalau kamu menginap disana, karena secara keseluruhan kamu bakal bisa mendapatkan sensasi berwisata yang lebih sebagai berikut:

Singgah Batu Lembu

Sudah tak dipungkiri berkunjung ke batu yang disebut dengan Batu Lembu ini adalah tujuan utama para pendaki. baut ini pun menjorok layaknya sebuah tebing. Bentuknya yang menonjol ini pun diasumsikan menyerupai punuk sapi, maka disebut dengan ‘lembu’. Keunikan batu yang sudah tersohor ini tentu ingin segera disambangi apalagi dan diambil gambarnya, dimana dapat menjadi bukti kalau kamu sudah ke Gunung Lembu “he he”.

Menikmati waduk Jatilhur

Pemandangan Waduk Jatiluhur memang TOP banget dari puncak gunung ini. Kamu bakal bisa menyaksikan luasnya peraiaran dari atas layaknya bird view. Terlihat jelas pula tambak-tambak milik warga dari atas seperti sebuah titik-titik yang rapi. Dari puncak ini juha terlihat adanya hamparan hijau layaknya permadani dan gunung nan jauh disana.

Mendirikan tenda

Buat kamu yang mau menginap tentu dapat mendirikan tenda (camping) disana. Dengan mendirikan tenda, maka kamu secara otomatis dapat menikmati keindahan malam dan merasakan sensasi gunung di malam hari. Lebih asik lagi, kamu bisa ngopi, menyalakan api unggun, atau bakar-bakaran aneka makanan disana.

Sunset plus sunrise

Bagi mereka yang mau menginap di puncak akan mendapatkan bonus indahnya view Matahari tenggelam. Ya karena gak buru-buru turun jadi momen Matahari tergelincir di ufuk barat pun dinikmati dengan leluasa. Pagi harinya dari arah timur kamu juga bakal bisa menyaksikan sang surya menampakkan diri dengan gagahnya.

Taburan bintang

Hingar bingar lampu kota ternyata terlihat begitu mempesona dari atas Gunung. Kelap – kelip cahaya ini pun seolah seperti taburan bintang di langit. Kamu pun bisa menikmati sensasi ini hanya ketika menginap di salah satu gunung di Kab. Purwakarta ini.

Tiket masuk Gunung Lembu Purwakarta

Selain kamu perlu mempersiapkan sejumlah perlengkapan mendaki, kamu pun juga tentunya harus sedia uang cas. Uang tunai ini tentunya dapat kamu gunakan untuk membayar harga tiket masuk Gunung Lembu Purwakarta ini. Nah besaran HTM yang ke kawasan ini ternyata hanya 10k saja untuk perjalanan one day trip misal naik pagi sore turun. Akan tetapi apabila kamu ingin menginap, kamu perlu sedikit menambah budget 5k dengan total hanya 15k.

  • Tiket masuk: Rp. 10.0oo (tidak menginap)
  • Tiket masuk: Rp. 15.000 (menginap)

Lokasi Gunung Lembu Purwakarta

Sebelum kamu mendaki, maka kamu pastinya perlu mampir dulu ke base camp alias titik start pendakian. Nah lokasi base camp ini berada di Desa Panyindangan, Sukatani, Purwakarta. Lokasinya pun sebenarnya juga masih satu kecamatan dengan Curug Suhada dan tentunya juga tak jauh dari Waduk Jatiluhur.

  • Alamat: Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Kamu pun bisa kesana dengan naik kereta lalu carter kendaraan dengan besaran sekitar 250k dari statiun. Kalau mau naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor pun juga tak jadi soal, karena di area basecamp sudah ada area parkir yang mumpuni. Selain area parkir, juga telah ada semacam pendopo untuk siap-siap dan juga ada toilet serta warung-warung miliki warga sekitar.

Tiket masuk Gunung Lembu Purwakarta
instagram.com/nuril_alifianto

Tak salah lagi, jika kamu ingin mendaki, adalah Gunung Lembu Purwakarta ini adalah jawaban yang paling tepat. Harga tiket masuk ternyata murah dan dengan track yang tak sulit. Yang jelas kamu tetap harus menggunakan stelan mendaki seperti sepatu gunung, peralatan mendaki, jas hujan untuk antisipasi bila terjadi hujan, dan bawa losion anti nyamuk ya geng.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *