Hutan Pinus Tiamo – Wisata Unik Lereng Merbabu

Diposting pada

Tak seviral obyek wisata lain, namun ternyata di Getasan Semarang ada wisata alam yang disebut dengan Hutan Pinus Tiamo lho. Dari namanya tentu kita akan tahu kalau tempat ini menawarkan tempat rekreasi dengan suguhan hutan pinus. Meski demikian, ternyata ada hal menarik lebih dari sekedar jajaran pohon pinus.

Hutan Pinus TiamoKalau spot foto sudah pasti, karena memang tak lengkap kalau gak ada spot foto. Nah ternyata ada air terjun alias grojogan yang berada di kawasan ini. Dengan demikian, kamu bisa bermain air sembari menikmati kesegaran airnya disana “mantap kan”.

Daya Tarik Hutan Pinus Tiamo

Ada beberapa daya tarik yang seperti kamu perlu tahu, agar kamu lebih paham akan gambaran obyek di Getasan Semarang ini. Berikut ulasan singkatnya.

Hutan Pinus

Potensi adanya pohon pinus memang diangkat di tempat plesir alam terbuka ini. Hal ini karena memang ada pohon pinus yang ada disana. Sebenarnya jumlahnya pun tak banyak tak serindang di Hutan Pinus Kayon Getasan dekat Salatiga atau tempat lain, namun memang cukup dikatakan Hutan pinus.

Photo spot

Ada beberapa spot instagenic ala wisata swafoto jaman now. Ada spot replika rumah dengan alas bambu berdesain hati, ada gardu pandang ditepi jurang yang tinggi, ada pula anjungan dengan latar perbukitan. Tak kalah ketinggalan ada plang nama tertulis “Tiamo”.

Tiamo Waterfall

Di kawasan ini pun juga air terjun yang disebut dengan “Tiamo Waterfall”. Grojogan ini memang tidak begitu tinggi dan tak begitu deras, namun airnya memang jernih. Dengan demikian, kamu bisa berswafoto hingga bermain air sungai dibawahnya.

Camping Ground

Tak kalah menariknya adalah kawasan ini merupakan areal perbukitan. Dengan demikian kamu pun juga bisa ngeCamp rame-rame disana. Lebih menariknya lagi, kamu juga bakal disuguhkan dengan pemandangan gunung dan bukit yang luas.

Tiket Masuk Hutan Pinus Tiamo

Belum ada info yang valid akan harga tiket masuk (HTM) ke tempat ini. Info retribusi parkir juga belum tersedia. Meski demikian, diperkirakan HTM atau parkir di obyek ini kemungkinan murah dan terjangkau.

  • HTM: –

Lokasi Hutan Pinus Tiamo

Obyek ini berada di sebelah utara kaki Gunung Merbabu yakni masuk Desa Tajuk. Lokasinya juga searah dengan wisata Hutan Pinus Kayon Getasan. Dari Balai Desa Tajuk masih ke selatan menuju ke Dk. Sokowolu. Apabila ingin mencari di Map bisa mengetik “Wisata Hutan Pinus Tiamo”.

  • Alamat: Dusun Sokowolu, Desa Tajuk, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah

Sebelum memutuskan mengunjungi pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu hanya yang memiliki mahir naik motor yang direkomendasikan kesana, karena jalan kesana naik.

Hutan Pinus TiamoSebenarnya obyek ini memiliki potensi untuk menjadi tempat plesir dengan menyuguhkan pemandangan alam. Akan tetapi sayangnya tempat ini tidak terurus alias terbengkalai. Mudah-mudahan kedepannya akan diperhatikan kembali dan menjadi objek yang menarik.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *