Kalibaya Tegal
instagram.com/instabumiayu

Kalibaya Tegal, Tiket Masuk Murah Pol…

Diposting pada

Wana wisata alam Hutan Kalibaya Tegal memang sudah kerap diperbincangkan oleh warganet dengan harga tiket yang murah banget.

Pasalnya, destinasi yang juga disebut Kalibaya Park tak hanya menawarkan udara yang segar dan lokasi yang instagramable.

Namun juga memang cocok untuk mengadakan fun game atau pun sekedar sebagai tujuan jalan-jalan diakhiri pekan bersama keluarga atau sahabat.

Nama Kalibaya sendiri berasal dari singkatan Kawasan Lio Rimba Raya, sebab obyek ini memang berada di Puncak Gunung Lio dan sudah dibuka sejak tahun 2017 lalu.

Obyek ini pun dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.

Seiring dengan perkembanganya, pada Desember 2019 OW ini dirubah namanya dirubah menjadi Kalibaya Park.

Wahana di Kalibaya Tegal

Selain suguhan alam yang mempesona terutama view Waduk Malahayu, ternyata di obwis ini juga menyuguhkan berbagai wahana yang menghibur dan menarik.

Baca juga:  Taman Kelinci Boyolali - Wahana Baru di Kali Cemara Simo

Suguhan wahana yang bisa kamu jalan antara diantaranya yaitu gardu pandang, menara pantau, ATV, Fin Komodo, Padang savana, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, di obyek ini juga telah ada punggungnya juga. Masyarakat setempat pun juga menyajikan kesenian khas Salem yakni Angklung dan Kecapi Suling.

Selain pagelaran tersebut, panggung juga digunakan untuk berbagai event – event lain.

Tak hanya wahana saja yang cukup komplit, namun OW (Obyek Wisata) ini pun juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup mumpuni.

Fasilitas penunjang tersebut cukup memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Fasilitas tersebut kurang lebih berupa:  rumah makan atau cafe, kamar mandi/ MCK, tempat istirahat, area parkir, dan tempat sampah.

Tiket Kalibaya Tegal

Tarif karcis atau tiket masuk Kali Baya Tegal hanya sebesar 3 ribu saja pada hari senin sampai hari jumat.

Baca juga:  Pesona Keindahan Curug Purbayan Kemiri

Kalau untuk weekend harga tiket sedikit berbeda yakni sebesar 5 ribu per orang, yang mana lebih murah ketimbang Bukit Goa Lawa.

Sedangkan untuk retribusi parkir normal pada umumnya di destinasi lain. Agar lebih clear, berikut info tiket dan karcis parkir disana.

  • Tiket masuk: Rp. 3.000,00 (weekdays)
  • Tiket masuk: Rp. 5.000 (weekend)
  • Parkir: Rp. 2.000,00/motor
  • Parkir: Rp. 5.000,00/mobil

Tempat dolan yang satu ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Jadwal ini pun berlaku dari hari senin hingga ahad.

Jadi gak ada bedanya antara jam buka weekday dan jam buka weekend.

Lokasi Kalibaya Park Tegal

Destinasi yang sebenarnya berada di Puncak Gunung Lio berlokasi tepat di Desa Pasir Panjang.

Lokasi obyek ini pun berada di tengah perjalanan Brebes – Banjaharjo –  Salem – Majenang dengan lokasi tepat setelah tanjakan Gunung Lio.

Baca juga:  Gardu Pandang Bukit Fertile Prosper Selo Boyolali

Titik lokasinya pun juga sudah ada di Maps, yang mana bisa kamu gunakan untuk melacak keberadaanya.

Alamat lengkap Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Selai memang elok, perjalanan menuju ke tempat ini ngeri-ngeri sedap. Pasalnya, kamu bakal melewati jalan yang menanjak. Adrenalin kamu pun akan dipacu terus terus menerus dengan jalan yang ekstrem.

Tak hanya itu, saja kalau saat hujan turun jalanan menjadi berkabut, kamu tidak bisa melihat marka jalan secara jelas serta jarak pandang yang sangat terbatas.

Tempat rekreasi Kalibaya Tegal ini memang cocok untuk disinggahi saat perjalanan dari arah Brebes atau memang sengaja disambangi ramai-ramai.

Wahana yang disuguhkan disana pun juga lengkap. Akan tetapi menurut info yang beredar sejak namanya diganti menjadi Kalibaya Park Desember 2019 kurang terurus. Apakah benar memang demikian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *